About Us

Kesepian, sakit-penyakit, rasa tidak aman dan merasa ditinggalkan adalah pergumulan yang terjadi ketika seseorang memasuki usia lanjut. Di sini kami percaya, bahwa setiap orang perlu dibimbing dan setiap orang perlu punya partner untuk bertumbuh secara rohani. Bukan hanya terbatas pada orang muda saja, terlebih lagi pada orang-orang yang berusia lanjut.

PIWA yang merupakan singkatan dari Pria Ilahi dan Wanita Allah atau dalam bahasa Inggrisnya, Elderly Ministry adalah ministry untuk orang-orang yang berusia lanjut. Mengapa perlu ada ministry ini? Karena kami melihat adanya kebutuhan mereka untuk memiliki komunitas yang mengerti mereka. Dan juga tentunya untuk tetap memiliki tujuan yang besar, yaitu melakukan amanat Agung Yesus Kristus.

Jika Anda berusia diatas 55 tahun ke atas, Anda dapat bergabung dengan PIWA. Anda juga dapat mengajak papa, mama, om, tante, kakek, nenek, paman, bibi, atau kerabat Anda yang sudah berusia indah untuk bergabung dengan ministry ini. 

Sebelumnya, yuk kita berkenalan lebih dalam dengan ministry ini!

Sebuah Tempat untuk Berbagi

“Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, untuk memberitakan, bahwa TUHAN itu benar, bahwa Ia gunung batuku dan tidak ada kecurangan pada-Nya.” Mazmur 92:12-15

Setiap masa dalam hidup, pasti punya tantangannya masing-masing. Ministry PIWA ini awalnya  dibentuk dari 5 orang yang menginginkan sebuah komunitas yang terdiri dari orang-orang sebaya. Dalam usia seperti ini, seringkali perasaan tidak aman, rasa sakit, rasa ditinggalkan oleh anak cucu bisa bercampur aduk menjadi satu. 

Hal ini menciptakan sebuah kebutuhan akan sebuah komunitas yang sangat positif. Di tempat inilah mereka berkumpul dengan satu sama lain, menjalin persahabatan, saling mengasihi, saling mendukung, dan saling bertumbuh berlandaskan dasar firman Tuhan. 

Kegiatan di Ministry PIWA ini tidak jauh berbeda dengan ministry lainnya. Meskipun usia mereka sudah lanjut, namun mereka tetap membutuhkan asupan firman Tuhan. Keingintahuan mereka kepada firman Tuhan itu cukup besar. Oleh karena itu, dibuatlah Bible Discussion, seperti Persekutuan Diskusi Alkitab (PDA) dan Pembimbingan Dalam Group (PDG) untuk memfasilitasi mereka agar bisa mengerti firman Tuhan dengan lebih dalam lagi. 

Setiap orang di ministry ini juga kami pastikan mempunyai mentor atau pembimbing. Di dalam komunitas ini, mereka juga bisa menjadi diri mereka sendiri. Mereka bisa cerita tentang apa yang mereka rasakan. Setiap orang dapat saling membantu dan memberi semangat sehingga mereka bisa keluar dari pergumulan mereka. Melalui pembimbingan ini, mereka dibimbing dan diajarkan mengenai apa yang Tuhan mau mereka lakukan dalam hidup mereka sehingga mereka bisa senantiasa kuat di dalam Tuhan. 

Mereka sangat semangat bukan hanya untuk pertumbuhan iman mereka saja, tetapi juga untuk membantu orang-orang sebayanya agar bisa mengenal firman Tuhan juga. Karena ketika akhirnya mereka dapat mengerti firman Tuhan dan menyadari bagaimana mereka menjalani hidup selama ini, pertobatan mereka menghasilkan sukacita yang sangat besar. Sukacita inilah alasan mengapa mereka tidak hanya fokus kepada diri mereka sendiri, tetapi senantiasa berbagi dan memberikan impact kepada orang-orang di sekeliling mereka sehingga semakin banyak orang yang mengenal Tuhan.

Activity

Apa saja sih yang mereka lakukan di PIWA Ministry ini? Yuk, kita lihat apa saja yang mereka lakukan!

Bible Talk/PDA (Pertemuan Diskusi Alkitab)

PDA diadakan setiap dua minggu sekali. Dalam PDA kita dapat menikmati persekutuan yang hangat sambil mendiskusikan Firman Tuhan serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Pembimbingan/PDG (Pembimbingan Dalam Grup)

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap orang di ministry PIWA ini memiliki pembimbing atau mentor. Melalui pembimbingan, setiap orang dibentuk untuk semakin bertumbuh di dalam Tuhan. 

Retreat

Retreat adalah kegiatan di mana mereka pergi bersama-sama, biasanya ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk, untuk kembali disegarkan secara rohani. Di dalam retreat, mereka akan mendengarkan firman Tuhan, berkumpul, makan, berdoa, dan bahkan bermain games bersama.

Hang Out

Di dalam hang out, mereka biasanya pergi untuk makan bersama. 

Spend time 

Quality time antara dua orang yang bertujuan untuk saling membangun satu sama lain. Di dalam spend time, kita berkomunikasi one-on-one untuk saling menyemangati, membangun iman, dan belajar menggali firman Tuhan dalam kaitannya dengan kehidupan pribadi.

Study Bible/Belajar Alkitab

Orang-orang dalam komunitas ini ikut terlibat dalam belajar Alkitab dan membantu orang lain untuk belajar Alkitab. Mereka belajar tentang tujuan hidup dan apa yang Tuhan mau dari hidup mereka. Mereka juga dibentuk untuk semakin mirip dengan Kristus. 

Join PIWA / Elderly Ministry!

Ini adalah satu ministry untuk orang yang berusia indah yang memfasilitasi setiap pribadi agar bisa bertumbuh semakin mirip dengan Yesus. Ini juga sebuah ministry yang real, fun, dan berkembang. Karena itu, Anda bisa mengundang papa, mama, om, tante, kakek, nenek, ataupun kerabat Anda yang sudah diatas usia 55 tahun ke ministry ini. 

Silahkan menghubungi contact di link berikut ini atau menghubungi Whatsapp berikut: +62 821-2285-8686. Kami siap membantu Anda 🙂 Come and join us!