Bermula dari kota Wuhan di Tiongkok, virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) menyebar ke berbagai negara di dunia dan menyebabkan timbulnya penyakit COVID-19. Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Kondisi ini jelas tidak boleh diremehkan, karena hanya beberapa penyakit saja yang tercatat di sepanjang sejarah, yang tergolong sebagai pandemi.

Mengingat belum ada obat atau vaksin yang ditemukan untuk mengobati penyakit ini, maka, pasien Covid-19 yang berhasil sembuh adalah mereka yang memiliki sistem imun tubuh yang baik. Namun, seperti kata pepatah, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, maka cara yang terbaik adalah dengan melakukan berbagai upaya pencegahan, ketimbang mengobati. Menurut WHO, salah satu cara untuk mencegah terpapar virus ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dengan lebih sering, terutama setelah melakukan kontak fisik dengan orang lain atau fasilitas umum.

Atas himbauan ini, tercetuslah ide dari Bpk. Charles Ham, selaku direktur dari HOPE Indonesia, untuk menciptakan ide dan program wastafel keliling. Tujuannya untuk memfasilitasi wastafel di tempat-tempat umum, seperti pasar, gedung RW, Kelurahan, Puskesmas dan lain-lain. Sehingga masyarakat bisa lebih sering mencuci tangan dan diharapkan hal ini dapat mencegah mereka dari penularan virus corona.

Gereja Kristus di Indonesia yang diwakili oleh GEM Ministry, menyumbang 2 unit wastafel keliling ke daerah Plumpang dan Cilincing. Pada tanggal 31 Maret 2020, wastafel keliling di Cilincing telah diserahkan kepada Pak Nasikin selaku Ketua RW 001 Kelurahan Kalibaru, Cilincing. 

Kami berharap, dengan adanya wastafel keliling ini, laju dari penyebaran virus corona dapat ditekan, terutama di daerah yang kami fasilitasi. Selain itu, secara tidak langsung, mereka juga teredukasi untuk lebih peduli akan kebersihan dan kesehatan pribadi. Hal ini tentunya akan menjadi suatu investasi yang bagus bagi mereka untuk jangka panjang. 

Bagi kita yang tidak mendapatkan fasilitas wastafel keliling dan wastafel umum, jangan berkecil hati. Mari kita tetap menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan, jaga kesehatan, makan makanan yang bergizi, tidur cukup, dan berjemur secukupnya. Dan, yang paling penting, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan rohani juga, ya! Tetap semangat!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Menanti Pertolongan yang Tampaknya Mustahil
Jangan Anggap Remeh Sifat Egois

Video inspirasi: