gkdi laguAda pepatah mengatakan, di mana ada wanita, di sanalah terdapat keajaiban. Pepatah lain menyatakan bahwa wanita adalah mahakarya Allah, dan bahwa wanita ada di setiap permulaan hal-hal besar.

Terlepas dari banyaknya perkataan luar biasa tentang perempuan, hidup seorang wanita tidak selalu seindah kata pepatah atau melulu mulus. Perempuan memiliki pergumulan, problema, tantangan, dan kesulitan sendiri dalam kehidupan mereka. Tak jarang, permasalahan mereka begitu besar dan menyakitkan, sampai-sampai mereka kehilangan kebanggaan terhadap diri sendiri.

Bagaimana seharusnya wanita Kristen menyikapi hal ini?

Keprihatinan atas Situasi Wanita

wanita - gkdi 1

Sebab hidupku habis dalam duka dan tahun-tahun umurku dalam keluh kesah; kekuatanku merosot karena sengsaraku, dan tulang-tulangku menjadi lemah. – Mazmur 31:10 

Situasi memprihatinkan yang dialami para wanita dan anak perempuan di berbagai belahan dunia saat ini membuat saya geram sekaligus sedih. Di sejumlah negara dunia ketiga, pernikahan paksa anak-anak perempuan bukanlah hal langka. Dan, hingga sekarang, masih banyak wanita dan anak perempuan yang menjadi korban jaringan perdagangan dan perbudakan.

Ada pula situasi di mana seorang wanita yang telah menikah adalah “properti” pasangannya. Suami berhak melakukan apa pun terhadap isterinya, termasuk menghilangkan nyawanya tanpa dikenai tuntutan hukum. Yang paling menyedihkan, hal-hal di atas kerap terjadi karena mereka terpaksa mengikuti kemauan orang tua atau demi meringankan beban ekonomi keluarga.

Apakah duka, kesengsaraan, kekecewaan, kepahitan, penindasan, atau perlakuan buruk menjadi bagian dari hidup Anda saat ini? Apa pun yang sedang Anda alami saat ini, Anda harus tetap berbangga sebagai seorang wanita. Mengapa demikian?

Menjadi Wanita Adalah Kasih Karunia

wanita - gkdi 2

Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. – 1 Korintus 15:10a 

Mungkin Anda seorang perempuan yang pernah dan sedang mengalami jalan hidup yang tidak mudah. Anda dilecehkan ketika masih kecil. Anda dikucilkan dan menjadi korban perundungan karena penampilan Anda. Pasangan Anda meninggalkan Anda untuk mendapatkan wanita lain yang lebih menarik dan lebih muda. Anda single mother yang harus mengasuh anak sendirian. Atau, Anda dinilai terlalu kurus, terlalu gemuk, terlalu tinggi, terlalu pendek.

Siapa pun Anda, bagaimana pun masa lalu Anda, atau apa pun yang orang lain lakukan dan katakan mengenai diri Anda, tetaplah berbangga menjadi diri sendiri. Alasannya? Karena, Tuhan telah menciptakan Anda karena kasih karunia-Nya!

Sebagai wanita, Anda diciptakan dengan sebuah privillege yang tidak dimiliki makhluk lain. Anda terlihat lemah-lembut, tetapi Anda adalah sosok yang kuat. Punya intuisi yang tajam dan daya tahan tinggi terhadap tekanan, serta mudah berempati. Komunikator yang andal, pendengar yang baik, dan mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan. Dan, masih banyak lagi kemampuan istimewa yang dimiliki oleh wanita.

Kelak, Anda mungkin akan melahirkan seorang anak. Anda akan merawat, mengasuh dan membesarkan pribadi-pribadi titipan Tuhan. Jika tidak pun, Anda tetaplah makhluk yang spesial di mata Tuhan!

Anda Berharga di Mata-Nya

wanita - gkdi 3

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau.  – Yesaya 43:4a 

Anda berharga dan mulia di mata Tuhan, dan di atas semua itu, Dia begitu mengasihi Anda!

Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku. – Yesaya 49:16

Tuhan melukis citra dan nama Anda di telapak tangan-Nya, dan Anda tak pernah luput dari perhatian-Nya sedetik pun!

Sengsaraku Engkaulah yang menghitung-hitung, air mataku Kautaruh ke dalam kirbat-Mu. – Mazmur 56:8a 

Jangan berpikir bahwa Tuhan tidak peduli pada Anda. Kesedihan, kesusahan, dan duka Anda tidak terlewatkan begitu saja oleh-Nya. Dia menghitung setiap tetes air mata Anda, dan menyimpannya di dalam kirbat-Nya*. Ya, betapa Anda sangat berharga dan istimewa di mata-Nya!

Hiduplah Sesuai Rencana-Nya

wanita - gkdi 4

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. – 1 Petrus 5:10 

Terkadang penderitaan kita terasa lebih berat karena kita merasa sendirian. Pada kenyataannya, ada banyak wanita yang mungkin mengalami hal-hal serupa dengan yang Anda alami.

Di era digital ini, Anda bisa mencari inspirasi lewat internet atau buku tentang tokoh-tokoh wanita modern dengan perjalanan hidup berliku. Ada wanita yang awalnya minder atau pahit dengan hidupnya kemudian menjadi motivator besar. Atau, wanita yang awalnya korban kekerasan, akhirnya menjadi juru bicara yang berkeliling dunia untuk memperjuangkan hak-hak perempuan.

Dari Daud. TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar? – Mazmur 27:1 

Janganlah gentar menghadapi tantangan hidup Anda saat ini. Tuhanlah terang dan keselamatan Anda. Dia benteng hidup Anda, jadi mengapa harus takut? Hadapilah masalah Anda, dan jangan lari dari kenyataan. Mungkin Tuhan memiliki rencana yang indah di balik semua hal pahit yang terjadi. Hidup Anda belum selesai. Pergunakan kesempatan yang ada untuk bangkit kembali dan membangun hidup Anda seturut rencana-Nya.

Sebab Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, bahkan menjaga kakiku, sehingga tidak tersandung; maka aku boleh berjalan di hadapan Allah dalam cahaya kehidupan. –Mazmur 56:13 

Semua yang terjadi dalam hidup Anda adalah untuk melengkapi, meneguhkan, menguatkan, dan mengokohkan Anda agar dapat hidup dalam kemuliaan-Nya. Jangan biarkan dunia dengan segala penderitaannya merenggut rencana Tuhan untuk hidup Anda. Bangkitlah, dan taklukkan semua tantangan itu, dan temukan rencana Tuhan yang sempurna dalam hidup Anda.

Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. – Amsal 31:25

Semoga Anda berbahagia dan mendapatkan kekuatan baru di Hari Perempuan Sedunia. Happy Women’s Day!

* kirbat = pundi-pundi tempat menyimpan air, susu, anggur, dan sebagainya

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia. Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), Diskusi Alkitab, membutuhkan bantuan konseling, ingin mengikuti ibadah minggu atau kegiatan gereja lainnya, silahkan mengisi form di bawah ini.

Contoh: Setiabudi, Jakarta Selatan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: