Written by sui ching 4:26 am Devotionals, Heart & Feeling, Self Development • 3 Comments

Ucapkan “Terima Kasih, Tuhan!” untuk 4 Hal Ini

terima kasih

Ketika hidup berjalan baik, mulus tanpa pergumulan, dan keadaan sesuai dengan pengharapan, mudah rasanya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan. Sebaliknya, ketika kita kecewa, putus asa, ditolak, atau mendapat kabar buruk, adalah sebuah tantangan besar untuk tetap bersyukur.

Namun, tahukah Anda, bahwa saat-saat buruk itulah waktu yang terbaik bagi kita untuk bersyukur? Bukan hanya ketika berada di puncak gunung, ketika di lembah kekelaman pun, kita bisa tetap bersyukur. Dari situlah, akan terlihat bahwa rasa aman dan kepercayaan diri kita bersumber dari Tuhan.

Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya. – Ibrani 4:16

Jadi, hal-hal apa saja yang bisa kita syukuri setiap harinya?

1. Terima Kasih untuk Kasih Karunia-Nya

terima kasih - gkdi 1

Karunia pertama yang harus kita syukuri adalah keselamatan. Pada dasarnya, kita tidak pernah layak mendapatkan pengampunan dan keselamatan—tak peduli betapa salehnya kita, betapa kerasnya kita berjuang hidup kudus, atau betapa banyaknya harta yang kita miliki. Keselamatan itu sangat mahal harganya dan tak dapat dibeli oleh manusia.

Tidak seorangpun dapat membebaskan dirinya, atau memberikan tebusan kepada Allah ganti nyawanya, karena terlalu mahal harga pembebasan nyawanya, dan tidak memadai untuk selama-lamanya. – Mazmur 49:7-8

Kasih karunia yang harus kita syukuri adalah penyertaan Tuhan di sepanjang hidup kita. Tuhan memberi pertolongan dan jalan keluar di masa-masa gelap hidup Anda; meluputkan Anda dari kecelakaan fatal di jalan raya; menyembuhkan Anda dari penyakit; dan, melapangkan jalan Anda menuju jabatan bagus atau kesuksesan dalam pekerjaan.

Ingatlah bahwa semua itu merupakan wujud kasih Allah yang boleh Anda terima hingga hari ini.

Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia. – Yohanes 1:16

2. Terima Kasih untuk Berkat-Nya

terima kasih - gkdi 2

Tuhan tidak pernah kekurangan stok berkat bagi orang-orang yang percaya kepada-Nya. Jika hari ini Anda belum mendapatkan apa yang Anda inginkan, bukan berarti Tuhan tidak memberkati Anda. Dia punya banyak cara untuk memberkati Anda dan tidak pernah kekurangan berkat untuk Anda.

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. – Yakobus 1:17

Mensyukuri setiap berkat, tidak hanya yang besar, tapi juga yang kecil dan sepele, akan membuat Anda lebih bahagia dan menjadi orang yang penuh syukur.

Hari baik, hari buruk, keduanya harus disyukuri. Hari baik akan membuat Anda  gembira, dan di hari yang buruk, Anda bisa belajar dari kesalahan dan memetik pelajaran. Jadi, dalam keadaan kurang baik pun, selalu ada yang bisa kita syukuri. Berkat tidak melulu berupa sesuatu yang kita inginkan atau harapkan.

3. Terima Kasih untuk Kasih Setia-Nya

terima kasih - gkdi 3

“Tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.” – Keluaran 20:6

Seberapa setianya Anda kepada Tuhan dibanding kepada pasangan, pacar, pekerjaan, hobi, atau kenyamanan Anda?

Ada banyak hal yang dapat mengendurkan kesetiaan kita kepada Tuhan. Kita lupa berdoa karena aktivitas terlalu padat. Tiba di rumah, kita sudah lelah dan malas membuka Alkitab, lebih asyik mengecek akun-akun media sosial. Kita batal ke gereja karena ada acara bersama teman-teman kantor atau ingin jalan-jalan ke mal. Lalu, ketika masalah mulai menumpuk, barulah kita teringat kepada Tuhan.

Cobalah ingat kembali, betapa Tuhan begitu setia mengasihi Anda. Tak sedetik pun Dia meninggalkan Anda, sekalipun Anda melupakan-Nya. Tuhan senantiasa menjaga, melindungi, dan memelihara Anda sepanjang waktu.

Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau… – Mazmur 139:7-10

Jadi, jangan lupa ucapkan terima kasih untuk kasih setia-Nya!

4. Terima Kasih untuk Firman-Nya

terima kasih - gkdi 4

Anda mungkin merasa hidup ini berat. Masalah demi masalah terus datang, tanpa jalan keluar. Ketakutan dan kekhawatiran Anda seperti tak ada habisnya dan tak bisa dihilangkan. Saat ini terjadi, ke mana Anda akan pergi meminta pertolongan?

Aku akan mengikuti petunjuk perintah-perintah-Mu, sebab Engkau melapangkan hatiku. – Mazmur 119:32

Tahukah Anda bahwa kunci jawaban dari semua masalah Anda sudah tercantum di dalam Alkitab? Tinggal bagaimana Anda meresponnya. Hanya firman Tuhan yang dapat memuaskan pertanyaan-pertanyaan dalam hidup Anda.

“Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku.” – Yohanes 8:31b

Membaca Alkitab setiap hari adalah bentuk terima kasih Anda terhadap firman Tuhan. Dan, siapa yang akan merasakan keuntungannya? Bukan Tuhan, melainkan Anda sendiri.

Daftar di atas masih bisa diteruskan. Banyak hal yang bisa kita syukuri setiap hari. Dengan mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, berarti kita mengakui bahwa kita membutuhkan-Nya. Mulailah bersyukur atas berkat-berkat kecil, dan seiring waktu, kebiasaan ini akan terbangun menjadi bagian dari diri Anda. Selamat mencoba!

*Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Ingin Hidup Penuh Sukacita? Kerjakan 4 Hal Ini dengan Senang Hati

Video inspirasi:

(Visited 1,070 times, 9 visits today)

Last modified: Jul 25

Close