Written by Helen Hayasidarta 9:43 am Devotionals, Biblical Talk, Lifestyle • 3 Comments

Tiga Cara Awali Tahun Baru dengan Penuh Sukacita

tahun - gkdi 1

Selamat tahun Baru! Bagaimana perasaan Anda memasuki tahun yang baru? Apakah Anda semangat dan sudah siap untuk rencana-rencana di tahun ini? Atau, apakah Anda masih tenggelam dalam kesedihan masa lalu atau euforia tahun ini? 

Bagaimana cara menyongsong tahun baru dengan semangat dan cara pikir yang baru? Cara-cara ini akan membantu Anda mengakhiri tahun yang lama dan menyambut tahun yang baru dengan sukacita!

1.Tahun Baru: Never Regret, Just Lesson Learnt!

tahun - gkdi 1

Saat melakukan kilas balik satu tahun yang telah berlalu, apa yang Anda lihat? Gol-gol yang sudah berhasil Anda capai? Impian yang terlaksana? Atau, adakah kejadian-kejadian tak terduga yang membuat Anda sedih, kecewa, bahkan menyesal?

Apa pun yang terjadi dalam setahun terakhir, Anda bisa merespon peristiwa-peristiwa tersebut secara positif. Hal-hal buruk tak perlu terus disesali. Kita semua adalah manusia yang bisa melakukan kesalahan. 

Daripada tenggelam dalam penyesalan, lebih baik Anda memetik hikmah dan belajar dari masa lalu. Apa yang sudah Anda lakukan dengan baik, Anda tingkatkan. Apa yang perlu diperbaiki, Anda perbaiki. Tuhan itu baik, dan Dia akan memberi Anda kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung. – Mazmur 40:5 

Jika ada hal-hal buruk, tentunya ada juga hal-hal baik yang Anda alami. Jadi, hitunglah berkat-berkat yang sudah Tuhan curahkan kepada Anda selama setahun ini. Kesehatan, perlindungan, pekerjaan, sahabat, kesempatan untuk berlibur, belajar, bertumbuh, dan bergembira di dalam komunitas yang sehat, semua itu adalah anugerah yang tak ternilai harganya. Count your blessings! 

Syukuri setiap hal yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita, entah itu pengalaman pahit maupun berkat yang manis. Hati yang penuh syukur adalah awal yang baik untuk memasuki tahun yang baru. 

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. – Amsal 17:22 

2.Tahun Baru: Walk with Hope in God

tahun - gkdi 2

Setiap kali memasuki tahun yang baru, rasa khawatir terbesit dalam diri saya. Bahkan, di awal Desember saja saya sudah berpikir, “Apa yang akan terjadi tahun depan?” Kalaupun semuanya berjalan lancar tahun ini, akankah segalanya baik-baik saja di tahun berikutnya? Masihkah saya memiliki apa yang saya punya sekarang? Apakah saya dapat terus bersama dengan orang-orang yang saya kasihi tahun depan?

Kekhawatiran akan masa depan adalah hal yang wajar. Namun, kita harus percaya, jika penyertaan Tuhan memampukan kita melewati banyak tantangan tahun ini, di tahun berikutnya pun, Tuhan yang sama tetap menyertai. Dia akan memampukan kita melalui segala hal, baik suka maupun duka.

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?” 

– Matius 6:25, 27 

Firman Tuhan berkata bahwa kekhawatiran kita tidak akan mengubah apa-apa. Terlalu banyak khawatir justru akan mencuri sukacita Anda hari ini. Di tahun yang baru ini, serahkanlah hidup Anda kepada Tuhan dan berjalanlah dengan penuh harapan bersama-Nya!

3.Tahun Baru: Plan Your Work, Work Your Plan!

tahun - gkdi 3

Menetapkan gol tahunan dan menyusun rencana adalah hal yang wajib kita lakukan setiap awal tahun. Sebenarnya, bukan hanya pada awal tahun, tetapi juga di tiap-tiap hari dalam hidup kita. Rencana itu haruslah SMART, seperti yang bisa Anda pelajari di sini.

Catatlah gol-gol Anda dalam setahun ke depan dalam selembar kertas yang dibagi dalam 12 kolom atau sekat, untuk 12 bulan. Di setiap bulan, tuliskan hal-hal yang ingin Anda capai agar semakin dekat dengan impian Anda. Susunlah mulai dari skala terbesar, yaitu tahunan. Kemudian, distribusikan rencana tersebut ke skala bulanan, mingguan, hingga harian. Jika perlu, susunlah to-do list untuk kegiatan Anda setiap hari.

Terkadang, kita tak selalu tahu detail rencana kita. Saya pribadi akan mulai dengan mencatat saja golnya dan kapan tenggat waktunya, meskipun belum dengan langkah-langkah spesifik. Ke depannya, tentu dibutuhkan langkah-langkah yang lebih matang. Misalnya, bulan Juli 2019, saya ingin jalan-jalan ke Bali. Saya tulis di kolom Juli, “Jalan-jalan ke Bali.” Uniknya, rencana macam ini kadang bisa terlaksana juga. Penelitian membuktikan, hanya dengan menuliskan gol atau impian secara berkala, kemungkinan Anda untuk mencapainya akan meningkat sebanyak 42%!

.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan planning tahunan, inilah momen yang tepat untuk memulainya. Jangan takut untuk membuat rencana. Bikin rencana tidak butuh biaya, bukan? Yang Anda butuhkan cuma kemauan untuk menjadikan hidup Anda lebih terarah dan berisi. Mulai saja dengan mencatat gol atau impian Anda, betapa pun sederhananya bentuk rencana tersebut.

Dengan tidak membuat rencana, kita sudah merencanakan untuk gagal. Jika orang yang sudah matang-matang berencana saja bisa gagal, apalagi yang tidak membuat rencana sama sekali?

Wise people think before they act; fools don’t—and even brag about their foolishness. (NLT) Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan. – Amsal 13:16

Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan. – Amsal 21:5 

Sebaik apa pun rencana Anda, jika Anda tidak bertindak dan berjuang, semuanya akan sia-sia belaka. Jadi, jalankan saja satu demi satu langkah kecil yang membawa Anda lebih dekat kepada impian Anda, dan lihat hasilnya. 

Sekarang, sudah siapkah Anda menyongsong tahun yang baru dengan hati yang baru? Yuk, jangan terus menyesali apa yang sudah terjadi. Ambil hikmahnya, dan hitung berkat-berkat Anda. Buang rasa khawatir Anda, dan berjalanlah dengan penuh iman dan harapan di dalam Tuhan. Jangan lupa, susun rencana yang sejalan dengan gol tersebut. 

Mari masuki tahun yang baru dengan penuh sukacita, harapan, dan semangat! Terima kasih tahun yang lalu, dan selamat datang tahun yang baru! Happy New Year!

Referensi:
www.huffpost.com/entry/the-power-of-writing-down_b_12002348

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Serahkan “Lima Roti dan Dua Ikan” Anda, dan Lihat Hasilnya!

Video inspirasi:

 

(Visited 321 times, 1 visits today)

Last modified: Jan 12

Close