The Devotion of Our Youth

“Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.” – Yeremia 2:2

Tema bulan Juni ini terambil dari Yeremia 2:2. Ayat ini sekilas menuliskan tentang Tuhan yang sedang mengenang kasih mula-mula dari bangsa Israel ketika mereka berada di padang gurun. 

Pertanyaannya, kasih mula-mula seperti apa yang Tuhan ingat? Bukankah bangsa Israel adalah bangsa yang bermasalah sejak dahulu, yang selalu menyakiti hati Tuhan.

Dosa Bangsa Israel

Jika kita melihat di 1 Korintus 10, maka kita dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi di padang gurun pada masa itu. Mereka banyak berdosa kepada Tuhan, terutama dalam 5 hal ini (5 deadly sins):

  1. Menyembah berhala
  2. Percabulan
  3. Memberontak
  4. Bersungut-sungut
  5. Merasa kuat – sombong

Di dalam 1 Korintus 10:13, dikatakan bahwa pencobaan-pencobaan yang mereka alami itu adalah pencobaan biasa, bukan sesuatu yang terlalu sulit, yang mereka tidak bisa handle. Yang artinya, mereka bisa memilih untuk tidak lakukan dosa itu. 

Melihat dosa-dosa bangsa Israel, sebenarnya Yeremia 2:2 adalah kalimat ironi. Tuhan tidak sedang mengenang kasih bangsa itu kepada-Nya, tetapi Ia sedang menunjukkan hati-Nya, devotion-Nya kepada manusia yang tidak berubah.

Karakter Tuhan

Di dalam Yeremia 2, Tuhan sedang menujukkan diri dan karakter-Nya, yaitu:

  1. Kebaikan
  2. Pemeliharaan
  3. Kehendak
  4. Kesetiaan
  5. Kasih

Di dalam Yeremia 3, Tuhan memanggil bangsa Israel untuk kembali kepada-Nya. Meskipun sudah begitu banyak dan berat dosa yang mereka lakukan, tapi Tuhan mau mereka bertobat dan kembali kepada-Nya.

Hari ini, sama seperti banga Israel, kita adalah manusia yang gampang up and down dan seringkali menyakiti hati Tuhan karena dosa-dosa yang kita lakukan. Tetapi, hati dan karakter Tuhan tetap sama. Devotion Tuhan kepada manusia tidak berubah. Dia memanggil kita semua kembali dan selalu siap untuk menerima kita kembali.

Pertanyaannya, bagaimana respons kita terhadap panggilan-Nya?

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Video inspirasi: