Menunjukkan rasa terima kasih kepada istri adalah hal penting yang perlu dipraktikkan para suami setiap hari. Ini merupakan salah satu nutrisi kesehatan bagi pernikahan Anda. Ada banyak cara untuk menyampaikan apresiasi Anda kepada istri, mulai dari ucapan hingga sejumlah tindakan konkret yang Anda lakukan untuknya.

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang. – 1 Petrus 3:7

Lebih sering kita mendengar firman tentang bagaimana istri harus menghormati suami. Namun, Rasul Petrus menulis bahwa suami harus menghormati istri sebagai pasangan hidupnya. Tindakan menunjukkan rasa terima kasih kepada istri adalah bentuk penghargaan Anda atas anugerah Tuhan. 

Cara-cara berikut bisa Anda lakukan sebagai ungkapan terima kasih kepada istri: 

1. Berikan Ia Jeda dari Rutinitas

terima kasih - gkdi 1

Selain menjadi seorang ibu rumah tangga, istri Anda mungkin juga bekerja atau menjalankan bisnis. Ini bukanlah tugas yang mudah. Berikan istri Anda jeda istirahat supaya ia dapat menikmati waktu pribadi sejenak dan mengisi kembali energinya. 

Jika anak-anak Anda masih kecil dan istri Anda sendirian merawat mereka, bantulah ia menjaga anak-anak selama satu-dua jam. Contoh lain, ketika istri Anda ingin pergi bersama teman-temannya tapi ada pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan (misalnya, mencuci pakaian) bantulah ia mengerjakannya. 

Sebagai suami, kita harus rela berkorban untuk istri, mengingat Tuhan pun telah berkorban untuk jemaat-Nya (Efesus 5:28-30). Meskipun Anda hanya membantu sebentar atau sedikit, hal itu sangat berarti baginya. Usai beristirahat, istri Anda dapat kembali beraktivitas dengan lebih segar, bersemangat, dan bahagia.

2. Berikan Kejutan Romantis

terima kasih - gkdi 1

Kejutan yang romantis bisa Anda berikan untuk istri pada momen-momen khusus, seperti hari ulang tahun atau anniversary. Buatkan sarapan untuknya, atau belikan menu favoritnya saat makan malam bersama. 

Anda juga dapat membelikan barang yang selama ini ia idam-idamkan, sesuatu yang mungkin enggan ia beli sendiri karena memikirkan kepentingan keluarga. Inilah kesempatan yang tepat untuk menyatakan rasa terima kasih Anda, yaitu dengan mewujudkan kebahagiaannya.

3. Jadi Pendengar dan Partner Diskusi yang Baik

terima kasih - gkdi 3

Ada kalanya wanita hanya ingin didengarkan.  Apa yang biasanya Anda lakukan ketika istri sedang bicara? Mendengarkan ia sepenuhnya, atau sembari sibuk chatting di ponsel?

Di sisi lain, apa yang Anda inginkan dari istri ketika Anda sedang berbicara? Tentunya Anda ingin ia mendengarkan dengan penuh perhatian, bukan? Jadi, cobalah lakukan hal serupa. Dengarkan ucapan istri tanpa diganggu aktivitas lain, seperti main game, berselancar di internet, baca koran, menonton TV, dan lain-lain.

Ketika berdiskusi, hargailah pendapatnya. Berusahalah memberikan respon yang tidak reaktif, emosional, atau cuek dengan hanya bilang,“Terserah kamu, deh.” Anda adalah partner hidupnya, dan partner yang baik akan menghormati dan menghargai rekannya.

4. Ucapkan Kata-Kata yang Membangun

terima kasih - gkdi 4

Gunakan kata-kata yang baik seperti “tolong” ketika Anda meminta istri melakukan sesuatu. Ucapkan terima kasih atas kesediaannya untuk mengerjakan hal tersebut, terlepas dari apa pun hasilnya. Belajarlah mengaku dan meminta maaf kalau Anda melakukan kesalahan. Dan, jangan lupa berikan pujian yang tulus atas apa yang telah istri lakukan.

5. Jadilah Ayah yang Baik

terima kasih - gkdi 5

Jika Anda sudah menjadi ayah, luangkanlah waktu untuk anak, seperti berdoa atau bermain bersama. Seperti halnya dengan istri, berikanlah diri Anda sepenuhnya ketika berinterasi dengan anak, bukan setengah-setengah sembari memainkan gadget, misalnya. Istri Anda pasti akan senang jika suaminya dekat dengan anak-anak dan menjadi ayah yang terlibat dalam kehidupan mereka.

6. Luangkan Waktu Berdua

terima kasih - gkdi 6

Setelah punya anak, otomatis waktu Anda dengan istri akan terbagi. Namun, hendaknya ini tidak menjadi alasan untuk tidak menikmati waktu berduaan. Sediakan waktu khusus untuk istri, misalnya dengan pergi dating berdua, menonton film di bioskop, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, atau melakukan hobi dan olahraga bersama.

7. Tanyakan Perasaannya

terima kasih - gkdi 7

Meskipun kelihatan simpel, bertanya adalah salah satu cara menunjukkan kepedulian. Saat melihat istri mengerjakan sesuatu, suami kadang bersikap cuek atau membiarkan saja karena merasa istrinya mampu melakukannya sendiri. Padahal, mungkin istri segan meminta tolong atau tidak sadar bahwa ia sebenarnya membutuhkan bantuan. Ketimbang membiarkan, Anda dapat bersikap lebih peduli dengan bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?”

Ketika Anda merasa atau melihat istri tidak bersikap seperti biasa, misalnya murung, jangan diam saja. Daripada menebak-nebak atau berprasangka, lebih baik tanyakan apa yang sedang ia pikirkan atau rasakan. Intinya, Anda perlu peka dengan perasaan istri Anda dan selalu ingat bahwa konfirmasi itu lebih baik daripada asumsi.

Seorang istri adalah anugerah Tuhan yang indah bagi suaminya. Sebagai suami, hendaknya kita tidak memandang anugerah ini sebagai sesuatu yang cuma-cuma. Tunjukkan rasa terima kasih Anda kepada istri dengan melakukan hal-hal bijaksana yang dapat menjaga hubungan pernikahan—hal-hal yang patut diperjuangkan dengan ketekunan dan pengorbanan. Semoga Tuhan memberkati pernikahan Anda!

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya. – Efesus 5:25

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Berempati kepada Istri: Kunci Kehidupan Maju dan Bahagia

Video inspirasi: