Lakukan 4 Hal ini agar Semangat di Tahun Baru

Gereja gkdi lagu

Semangat tahun baru! Eits, salah. Seharusnya “Selamat tahun Baru ya.” Tapi, tidak salah juga, sih. Memasuki tahun baru, kita memang harus semangat. Apakah Anda juga semangat di tahun yang baru ini?

Atau, apakah masih ada hal-hal yang mengganjal di hati sehingga Anda tidak semangat menjalani tahun yang baru? Butuh suntikan semangat? Nah, agar kita semua dapat lebih semangat lagi, hal-hal berikut mungkin dapat membantu Anda. Yuk, kita lihat 4 tips semangat di tahun yang baru!

4 Tips Semangat di Tahun Baru

1. Berdamai dengan Diri Sendiri

semangat-gereja-gkdi 1

Apakah Anda merasa tidak semangat memasuki tahun yang baru? Mengapa? Apakah karena target yang tidak tercapai di tahun lalu? Kegagalan atau kesalahan yang Anda buat di tahun lalu? Atau mungkin, Anda mulai capek, karena dari tidak ada perubahan yang signifikan dalam hidup Anda dari tahun ke tahun?

Jika hal itu terjadi pada Anda, mungkin Anda belum bisa menerima dan juga move on dari hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Namun, untuk bisa semangat melangkah di tahun yang baru, Anda harus berdamai dengan diri sendiri

Lupakan kegagalan Anda, kesalahan Anda di masa lalu. Jika masih ada yang kurang baik di tahun lalu, masih ada kesempatan di tahun ini. Tuhan memberi kita 365 hari yang baru, kertas kosong, yang siap diisi banyak hal yang lebih baik. Berikan usaha yang terbaik dalam segala hal, di tahun ini. 

Jika kita tidak deal dengan diri kita sendiri dan masih banyak beban di hati kita, bagaimana kita dapat melangkah dengan penuh semangat? Lepaskan segala beban itu dan biarkan dirimu melangkah di dalam iman bersama Tuhan

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku. Filipi 3:13

2. Pikirkan Hal-Hal yang Positif

semangat-gereja-gkdi 2

Apa yang ada di dalam pikiran Anda setiap harinya? Apakah Anda memikirkan bahwa hari ini akan luar biasa? Apakah Anda sudah merencanakan, bahwa Anda akan melakukan kebaikan di hari ini?

Atau Anda merasa kecil, tidak berharga, tidak bisa, tidak sanggup? Apakah itu, “Saya tidak cukup baik”, “Saya tidak akan berhasil”, atau “Tidak ada yang mengasihi saya”? Apa kata-kata yang Anda ucapkan setiap harinya di dalam hati?

Jika pikiran kita didominasi oleh kata-kata yang negatif, bagaimana caranya kita bisa semangat di tahun yang baru ini? 

Negative self-talk atau kata-kata negatif yang kita ucapkan kepada diri kita sendiri sangat berbahaya. Hal itu dapat membuat kita kehilangan motivasi, menurunkan kapasitas kita, stres, depresi, serta merusak hubungan kita dengan orang lain. 

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Filipi 4:8

Mengganti pikiran yang negatif menjadi positif memang tidak mudah, apalagi jika hal itu sudah mendarah daging. Tapi, kita perlu memutus rantai itu. Setiap pikiran negatif itu datang, ganti dengan pikiran yang positif. Tuhan mati di kayu salib untuk memberikan kita hidup yang penuh dengan harapan. Mari kita pikirkan segala sesuatu yang positif!

3. Tentukan Tujuan dan Buat Rencana

semangat-gereja-gkdi 3

Dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. Filipi 3:14

Hidup tanpa tujuan seperti orang yang bermain bola tanpa gawang.

Pernahkah Anda melihat orang bermain sepak bola tanpa gawang? Apakah para pemainnya akan semangat untuk bermain? Bagaimana dengan penontonnya? Jika saya diajak bermain atau menonton pertandingan sepak bola tanpa gawang, sudah pasti saya tidak mau. Karena pasti tidak jelas dan hanya akan buang-buang waktu saja. 

Paulus adalah seorang yang hidupnya punya tujuan yang jelas. Ia mau menerima hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Tuhan. Dan di dalam hidupnya, dia juga membuat rencana yang jelas. Hari ini akan ke menginjil ke mana, kemudian ke mana lagi, sudah direncanakan. 

Apa tujuan hidup Anda? Apa rencana Anda untuk tahun ini? Hal-hal apa yang ingin Anda capai? Sebagai pengikut Kristus, karakter apa yang ingin Anda tumbuhkan? Agar memiliki satu tahun yang penuh semangat, Anda perlu tahu tujuan dan rencana yang mendukung tujuan Anda. Tanpanya, Anda akan seperti bermain bola tanpa gawang.

4. Lakukan Rencana Anda

semangat-gereja-gkdi 4

Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. Amsal 10:4

Tujuan sudah ditetapkan. Rencana sudah dibuat. Apa selanjutnya? Tanpa melakukan dengan rajin apa yang sudah Anda rencanakan, semuanya akan menjadi sia-sia. 

Saya pernah mendengar suatu seminar yang membahas tentang hukum relativitas dari Albert Einstein, yaitu E = mc2. E adalah energi. M adalah mass (berat). Sedangkan c adalah kecepatan cahaya, yang satuannya m/s, sama dengan satuan dari kecepatan. 

Dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, energi atau semangat itu kita dapatkan ketika kita melakukan sesuatu (ada pergerakan atau aktivitas). Jadi energi itu akan muncul seiring dengan kita melakukan aktivitas atau bagian kita.

Dulu, saya sering berpikir sebaliknya. Saya harus semangat dulu, harus kumpulkan motivasi dulu sebelum memulai sesuatu. Kalau semangatnya belum ada, biasanya saya enggan memulainya. Teori ini memberikan saya cara pandang yang baru. Kita perlu lakukan dulu, setelah itu, setelah kita melihat hasilnya, maka kita akan semangat. 

Contohnya, bukankah kita akan semakin semangat, kalau kita mencapai berat badan ideal karena rutin berolahraga? Bukankah kita akan semakin semangat jika mendapat kenaikan gaji, usaha laris manis, dapat nilai yang bagus, karya kita disukai banyak orang? Tapi sebelum sampai di titik itu, pasti ada usaha yang dilakukan. Ada usaha yang konsisten dilakukan, bahkan ketika apa yang kita lakukan belum memberikan hasil.

Mungkin pada awalnya, ketika kita memulai sesuatu, semangat itu tidak selalu ada. Tetapi, kita harus terus lakukan hingga kita mendapatkan hasilnya. Hasil itulah yang akan memberikan energi dan semangat yang luar biasa untuk melakukan lebih lagi.

It’s one thing to KNOW what we should do, but results come when we DO the things we know we should do. Adalah satu hal untuk tahu apa yang kita seharusnya lakukan. Tetapi hasil datang ketika kita melakukan hal-hal yang kita tahu kita seharusnya lakukan.

Tahun baru, semangat baru! Agar dapat semangat, kita harus dapat berdamai dengan diri sendiri, pikirkan hal-hal yang positif, tentukan tujuan dan buat rencana. Dan juga, lakukan setiap hal yang sudah kita rencanakan. Selamat memasuki tahun yang baru, 2022. Mari semangat melangkah bersama Tuhan! Keep your spirit up!

Referensi:
www.britannica.com/science/E-mc2-equation
www.verywellmind.com/negative-self-talk-and-how-it-affects-us-4161304

– 

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok:https://link.gkdi.org/tiktok