Baca Alkitab, Resolusi Sederhana yang Akan Mengubah Hidup Anda!

Selamat tahun baru! Apakah resolusi yang Anda tetapkan di tahun lalu tercapai sesuai yang Anda rencakan? Atau, Anda sama sekali tidak membuat resolusi? 

Banyak orang enggan atau malas membuat resolusi karena kegagalan di masa lalu. Namun, bagaimana jika ada satu resolusi rahasia yang dapat mengubah seluruh hidup Anda? Tentunya layak dicoba, bukan?

Resolusi tersebut adalah membaca Alkitab secara konsisten, yaitu setiap hari. Mari telusuri lebih dalam tentang resolusi ini, dan ketahui cara-cara efektif untuk mencapainya.

Baca Alkitab Meningkatkan Kualitas Hidup

Tahukah Anda bahwa membaca, mempelajari, dan menerapkan firman Tuhan dapat meningkatkan kualitas hidup, baik secara fisik, mental, maupun spiritual? Tekanan emosional akibat stres bisa memicu gangguan psikosomatis, yaitu kesehatan yang memburuk akibat beban pikiran. Namun, di dalam Alkitab, kita bisa menemukan:

  • penghiburan (2 Korintus 1:3-4),
  • kekuatan (Efesus 6:17, Ibrani 4:12),
  • hikmat (2 Timotius 3:15, Mazmur 119:130),
  • kedamaian dan sukacita (Roma 15:13),
  • kelegaan (Matius 11:28-29, Yeremia 29:11)
  • harapan (Yesaya 40:29-31, Amsal 23:18),
  • janji Tuhan (Roma 10:9, Yesaya 54:10, 2 Petrus 1:4), 
  • dan kasih-Nya (Yohanes 3:16, Roma 8:37-39). 

Saat Anda mempercayainya, tak ada lagi alasan untuk khawatir, takut, atau stres. Tubuh Anda pun dapat membangun perlindungan alaminya terhadap berbagai penyakit.

Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku. – Mazmur 94:19

Alkitab juga merupakan panduan hidup yang sempurna. Siapa yang lebih tahu hal-hal terbaik bagi kita selain Dia yang menciptakan kehidupan itu sendiri? Ada berbagai ajaran (2 Timotius 3:16), instruksi, teladan, serta petunjuk berharga dari Tuhan (Mazmur 119:105) di dalam Alkitab. Firman Tuhan juga mengajarkan kita cara merespon dengan benar, memiliki hubungan yang sehat, dan menjadi pribadi yang baik. Bayangkan efeknya jika semakin banyak orang membaca Alkitab!

Tak hanya itu, Alkitab merupakan media terbaik untuk mengenal pribadi Tuhan. Seperti apa karakter-Nya? Hal-hal apa yang menyenangkan dan menyakiti hati-Nya? Apa rencana-Nya untuk umat manusia? Ayo, kenali lebih dekat Bapa, Sahabat, dan Pencipta kita melalui firman-Nya.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. – Yehezkiel 36:26-27

Cara Konsisten Baca Alkitab

Mengawali kebiasaan baca Alkitab setiap hari memang tidak mudah, tapi sangat mungkin dicapai. Cobalah beberapa langkah praktis di bawah ini:

1. Mulai dengan Langkah Sederhana

Tak ada yang salah dengan target seperti menyelesaikan seluruh bacaan Perjanjian Baru dalam satu bulan. Namun, menciptakan kebiasaan baru sebaiknya dimulai dengan langkah sederhana. Langkah kecil yang konsisten lebih ampuh dibanding langkah besar, yang memiliki risiko kegagalan lebih besar. Anda pun akan makin bersemangat ketika berhasil melakukannya. Tetapkan target sederhana seperti membaca satu pasal tiap hari, atau membaca Alkitab selama setengah jam setiap hari.

2. Buat Jadwal

Tubuh manusia bekerja optimal dengan adanya sistem. Sama halnya dengan pola hidup, jadikan pembacaan Alkitab sebagai rutinitas baru Anda. Tetapkan waktu dan tempat yang sama setiap hari untuk melakukannya. Misalnya, pukul tujuh pagi di sebuah sudut kamar tidur Anda. Seiring waktu, tubuh Anda akan mengingat rutinitas tersebut dan melakukannya akan terasa semakin mudah.

3. Singkirkan Semua Gangguan

Apakah perhatian Anda mudah tercuri oleh pemberitahuan di ponsel atau obrolan orang lain? Tidak hanya dalam bekerja, saat membaca Alkitab pun, kita perlu menjauhi hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan. Contohnya, carilah ruangan yang tenang dan taruh ponsel di ruangan lain. Bisa juga, Anda membaca Alkitab di pagi hari saat seisi rumah masih terlelap.

4. Jadikan Saat Teduh Menyenangkan

Alkitab kerap dicap membosankan dan sulit dimengerti. Jadilah kreatif dan ubah momen itu jadi menyenangkan! Jadikan waktu membaca Alkitab waktu yang ditunggu-tunggu sepanjang hari. Misalnya, jika Anda suka menyanyi, cobalah menyanyi lagu pujian sebelum atau setelah membaca. Jika Anda suka menggambar atau menulis, gambarlah atau catat apa yang Anda baca hari itu. Beberapa inspirasi berikut dapat menjadikan saat teduh Anda tetap asyik dan bermakna.

5. Beritahu atau Ajak Seseorang Baca Bersama

Dengan adanya teman yang selalu memastikan Anda berpegang pada komitmen, Anda akan semangat membaca Alkitab dan tidak mudah meninggalkan resolusi di tengah jalan. Tantanglah diri sendiri dan carilah orang yang bisa membantu Anda melakukannya.

6. Doakan Resolusi Itu

Jangan hanya mengandalkan diri sendiri dan orang lain, tetapi libatkanlah Tuhan dalam resolusi Anda. Apalagi, resolusi ini bertujuan untuk mengenal-Nya lebih dalam. Tentu Tuhan akan mendukung dan memberkati usaha Anda.

7. Jangan Menyerah!

Tidak masalah jika Anda lalai atau gagal melaksanakannya satu atau beberapa kali, asalkan Anda tidak berhenti. Ada waktu satu tahun untuk mewujudkan resolusi Anda. Jangan mudah menyerah. Teruslah berusaha dan berdoa.

Kehidupan yang lebih baik dan pengenalan akan Tuhan adalah hal yang layak diperjuangkan sepanjang tahun. Jika banyak orang telah berhasil melakukannya, Anda juga pasti bisa. Bersemangatlah, dan mulai rencanakan resolusi Anda sekarang juga. Semoga berhasil!

Referensi:
www.crosswalk.com/faith/men/the-one-new-year-s-resolution-that-will-improve-your-whole-life.html
www.sparklesofsunshine.com/tipstodevelopingabiblereadingroutine/
id.theasianparent.com/gangguan-psikosomatis

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok:https://link.gkdi.org/tiktok