Written by Sui Ching 7:05 am Devotionals, Biblical Talk, Lifestyle, Self Development, Spiritual Life

4 Rahasia di Balik Berkat Tuhan yang Menarik Dipelajari – Gereja GKDI

Mengikut Tuhan memang tidak semata-mata soal berkat. Namun, ketika berkat Tuhan tak nampak dalam hidup kita, mudah bagi kita untuk kecewa.

berkat-GKDI-cover

Mengikut Tuhan memang tidak semata-mata soal berkat. Namun, ketika berkat Tuhan tak nampak dalam hidup kita, mudah bagi kita untuk kecewa.

Terlebih jika kita sudah melakukan berbagai usaha, agar hidup kita penuh berkat. Dan hasilnya nihil. Kita menjadi patah hati, putus harapan dan tak bersemangat lagi.

Terkadang, kita mulai membandingkan kehidupan orang lain. Orang yang tak mengenal Tuhan kelihatannya lebih sukses, rejeki melimpah dari pada orang yang mau hidup benar.

Benarkah Anda tidak menerima berkat Tuhan? Saya hendak membagikan 4 hal yang menarik dipelajari tentang berkat.

Berkat Tuhan Senantiasa Mencukupkan

berkat-GKDI-1

2 Korintus 9:8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Tahukah Anda, bahwa sesungguhnya TUHAN adalah Allah yang Maha Pemurah? Ayat di atas mengatakan bahwa Allah sanggup, melimpahi segala kasih karunia sehingga kita berkecukupan di dalam segala sesuatu bahkan berkelebihan dalam pelbagai kebajikan.

Saya teringat peristiwa dua tahun pandemi yang berlangsung kemarin. Pada awalnya saya sangat khawatir. Saya takut usaha kecil yang saya tangani tidak bertahan, karena omzet menurun drastis. 

Namun ketika saya kembali merenungkannya, saya pun tersadar. Ekonomi begitu sulit tahun lalu, tapi semua kebutuhan pokok terpenuhi!

Tidak ada tunggakan uang kuliah, gaji karyawan, PLN , PDAM, Wi-Fi, maupun biaya kesehatan.

Melihat semua itu, saya semakin yakin bahwa Tuhan selalu mencukupkan. Bahkan saat saya sendiri ragu-ragu dan khawatir.

Cobalah melihat kembali hal-hal yang Tuhan cukupkan dalam hidup Anda. Itulah berkat Tuhan! Tuhan tidak berkata Dia akan membuat Anda kaya raya. Namun, Tuhan berjanji untuk memenuhi semua yang Anda butuhkan.

Filipi 4:19 Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan Nya dalam Kristus Yesus.

Bertekunlah Dalam Doa, Tuhan Akan Memberi Berkat

berkat-GKDI-2

Tentu saja kita boleh meminta lebih kepada Tuhan. Dan cara terbaik adalah dengan berdoa.

Ketika menulis poin ini, saya teringat akan Yakub. Diceritakan di Kejadian 32:24-29 bahwa Yakub bergulat dengan seorang malaikat. Yakub tidak melepaskannya sebelum ia diberkati. Akhirnya sendi pangkal paha Yakub dipukul hingga terpelecok agar malaikat itu bisa lepas darinya. 

Malaikat tersebut bahkan mengubah nama Yakub menjadi Israel karena dia telah bergumul melawan Allah dan menang.

Terkadang, kita ingin hidup diberkati. Namun kita sendiri tidak meminta, berdoa dengan tekun kepada Tuhan. Kita mungkin berdoa, namun setengah hati. Atau kita tidak memilki hati seperti Yakub, yang bergumul hingga diberkati. Jika itu yang terjadi, bagaimana kita akan menerima berkat dari Tuhan?

Menjadi seorang pedagang kecil di sebuah pasar tradisional, membuat hidup saya ditentukan oleh omzet harian yang didapat. Saat omzet bagus, senang bukan main. Namun saat omzet buruk, nyali saya pun dibuat menciut. 

Namun doa-doa yang saya panjatkan sehari-harinya sebelum memulai pekerjaan tersebut adalah kekuatan yang menghidupkan.

Terkadang saat waktunya memenuhi kewajiban melunasi tagihan-tagihan yang ada, tiba-tiba pasar terlihat sepi, sedikit orang yang berbelanja. Saya pun cemas. Namun ketika saya terus berdoa, tiba-tiba menjelang siang, pembeli berdatangan. Di akhir hari, tagihan yang jatuh tempo pun tertutup juga.

Dari hari demi hari, saya pun melihat betapa penting berdoa, meminta kepada Tuhan untuk memberkati pekerjaan saya. Dan betapa nyata pertolongan Tuhan yang tak terduga setiap harinya berkat doa!

Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita.

Saat kita berdoa, Tuhan sanggup melakukan jauh melebihi yang kita doakan bahkan pikirkan! Karena kuasaNya yang bekerja!

Percayalah Kepada Tuhan, Apapun Keadaannya

berkat-GKDI-3

Yeremia 17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Sadarkah kita betapa kuasa kita kecil sekali dibandingkan dengan Tuhan? 

Apapun yang terjadi di luar diri kita, tak pernah terduga. Siapa yang tahu akan masalah yang nanti menimpa di hari esok?

Jadi, tanpa bergantung kepada Tuhan, gempuran masalah demi masalah pasti akan membuat kita rontok.

Ayat di atas mengatakan, orang yang mengandalkan Tuhan, dan berharap kepada Tuhan  adalah orang yang diberkati. 

Karena ia akan semakin kuat, tidak goyah di segala musim, terus berbuah, terus menghasilkan. Ia akan senantiasa bertahan meskipun hidup sedang tidak baik-baik saja. Berkat Tuhan akan terus mengalir.

Bilangan 6:24-26 Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. 

Mujizat Tidak Terjadi Secara Kebetulan, Bekerjalah Agar Mujizat Terjadi

berkat-GKDI-4

Yohanes 5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga.”

Sebuah pepatah kuno yang terkenal berbunyi : “Ora et Labora” yang artinya berdoa dan bekerja. Demikian juga sama hal nya dengan kita hari ini. Jika kita ingin diberkati, tentu tidak cukup hanya dengan berdoa dan percaya. Karena Tuhan pun ingin kita bekerja!

Karena itu, teruslah mengerjakan apa yang harus Anda lakukan. Singkirkan kemalasan, dan bekerjalah dengan segenap hati dan sungguh-sungguh untuk mendapat berkat itu. 

Pada saat yang telah di tentukan oleh Tuhan, bukan tidak mungkin Tuhan memberkati Anda melebihi apa yang Anda pikirkan. Malah, bisa jadi Anda menerima mujizat dalam hidup Anda. 

Siapa tahu, tiba-tiba Anda dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi? Atau tiba-tiba usaha yang Anda rintis dari nol, berkembang dengan pesat.

Semua hal tersebut terjadi, tak lepas dari usaha kita juga. Kerja keras yang dibarengi dengan doa, dan penyerahan diri, percaya akan semua jalan dan kehendakNya.

Semoga, setelah membaca tulisan ini, Anda tak ragu lagi bahwa Tuhan sanggup memberkati Anda. Karena berkatNya tidak berkesudahan!

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 2,215 times, 4 visits today)

Last modified: Jun 28

Close