gkdi lagu

Wanita cantik pasti menarik perhatian. Namun, wanita yang baik, itulah yang lebih menarik hati. Paras yang biasa saja, jika dihiasi senyuman, akan lebih indah ketimbang wajah cantik tapi cemberut.

Bersyukurlah jika Anda dikaruniai paras rupawan, tetapi ingatlah bahwa kecantikan lahiriah akan memudar seiring bertambahnya usia. Kecantikan batiniah, yang terpancar dari perkataan yang baik, akan menjadikan Anda seorang pribadi menarik.  

Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat. – Matius 12:35

Jadi, perkataan seperti apa yang membuat seorang wanita menarik? 

Wanita, Si Suka Bicara

Kelebihan seseorang di saat yang sama juga bisa menjadi kelemahannya. Misalnya, wanita yang ramah dan suka berbicara cenderung menjadi orang yang cerewet. Sebaliknya, wanita yang peduli dan perhatian bisa menjadi pribadi yang mudah khawatir atau gampang panik ketika menghadapi keadaan yang tidak berjalan sesuai harapan. 

Berdasarkan penelitian, wanita cenderung berbicara lebih banyak dibanding pria. Ini karena otak wanita memiliki lebih banyak FOXP2, yaitu protein yang mengelola seberapa banyak manusia berbicara. Wanita seolah tak pernah kehabisan topik pembicaraan, mulai dari kehidupan pribadi, busana terkini, tren kuliner, artis yang naik daun, hingga polemik terkait pandemi COVID-19. Tak peduli hal yang dibahas belum jelas kebenarannya, atau bahkan hoaks.

Beberapa kali saya mengobrol dalam sebuah grup dengan beberapa perempuan. Setiap kali, ada saja yang mengeluhkan penghasilan yang menurun, kerepotan mendampingi anak belajar secara online, atau suami yang tidak kooperatif karena sibuk bermain game. Mereka berlomba-lomba melontarkan keluhan. Masing-masing ingin didengar, tetapi kurang mau mendengar ketika yang lain bercerita. Mereka saling menyela dan memotong pembicaraan, seakan takut tidak kebagian waktu bicara.

Tanpa disadari, semakin banyak seseorang bicara, semakin besar potensinya untuk melakukan kesalahan.

Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi. – Amsal 10:19

Wanita mengucapkan hingga 20.000 kata per hari, sedangkan pria hanya 7000 kata. Artinya, wanita memiliki kelebihan 13.000 kata dibanding pria. Meski begitu, seorang wanita bisa memilih untuk topik apa ia menggunakan kuota kata-katanya. Kalau ia ikut-ikutan membicarakan hal-hal negatif dan mengeluh, apa menariknya ia? Karena, toh, hampir semua orang bisa melakukannya.

Hai, wanita, jadilah pribadi yang menarik dengan melakukan hal berikut:

Wanita Menarik: Membicarakan Hal yang Baik

Bayangkan, di tengah kumpulan yang berkeluh-kesah itu, seorang wanita berbicara tentang hal yang sama sekali berbeda. Ia tidak ikut menyebar ketakutan dengan prediksi yang tak berdasar tentang COVID-19. Ia tidak tergoda mengkritik kebijakan pemerintah yang bahkan belum diputuskan. Ia juga tidak menanggapi berita-berita yang tak jelas ujung pangkalnya hanya karena takut dianggap tidak update.

Sebaliknya, wanita ini bercerita tentang hal yang benar dan sekiranya bisa membangun orang lain. Di tengah situasi yang tak menentu akibat pandemi, ia belajar hal baru, mengasah hobi, dan mendapat penghasilan tambahan. Ia melakukan aktivitas seru bersama anak-anaknya, dan menikmati waktu berdua dengan pasangan. Wanita ini mengisi waktunya di era work from home dan adaptasi kebiasaan baru dengan kegiatan yang menyenangkan dan produktif. Cerita-cerita hidupnya jauh dari keluhan, pesimisme, apalagi hujatan kebencian.

Seketika atmosfir pun berubah. Kekhawatiran akibat saling membumbui rumor negatif itu menghilang. Setidaknya kumpulan ibu-ibu itu sadar, ada juga hal-hal yang patut disyukuri di tengah situasi ini. Pandemi bukanlah akhir kebahagiaan, tetapi bisa menjadi awal yang baik untuk tahap kehidupan selanjutnya. Tergantung bagaimana cara kita menyikapinya.

Seorang wanita dengan sikap positif akan membagikan aura positif kepada sekelilingnya. Mereka yang mendengar akan malu pada diri sendiri karena suka mengeluh. Mereka juga terinspirasi untuk melihat dunia dari sudut pandang berbeda. Seorang wanita yang menarik akan menebarkan semangat dan kegembiraan dengan perkataannya, karena ia memilih untuk membicarakan hal yang baik, benar, dan bermanfaat.

Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia. – Amsal 12:25

Wanita Menarik: Mengucapkan Hal Kecil yang Sering Dilupakan

Wanita yang menarik tidak selalu berbicara tentang hal-hal besar, atau ide-ide keren dan brilian. Tidak perlu berobsesi menggunakan istilah yang sulit dimengerti agar pendengar Anda kagum. Mengucapkan kata-kata hal yang sepele dan sering dilupakan oleh orang lain justru menjadikan seorang wanita begitu menarik. 

Jangan ragu mengucapkan “terima kasih.” Petugas kebersihan yang setiap hari mengangkut sampah rumah tangga Anda akan semringah saat Anda berterima kasih kepadanya. Memang, Anda sudah membayar biaya kebersihan setiap bulan, tetapi ucapan tulus akan membuat ia merasa dihargai dan akan bekerja dengan lebih semangat.

Jangan lupa katakan “tolong”. Saat menyuruh atau minta bantuan kepada seseorang, alangkah baiknya Anda mendahului kalimat Anda dengan kata tolong. Kepada bawahan atau asisten rumah tangga sekalipun, tidak berarti kita harus memberi perintah dengan gaya bossy. Betul, sudah menjadi tugas mereka untuk mengerjakan  pekerjaan Anda, tapi dengan meminta tolong, mereka akan melakukannya dengan ringan hati.

Jangan gengsi untuk meminta maaf. Dalam interaksi sehari-hari, kesalahpahaman atau perselisihan itu tidak terhindarkan. Tanpa mempermasalahkan siapa yang bersalah, ketika Anda terlibat konflik, usahakan menyelesaikannya dengan meminta maaf lebih dahulu. Bisa jadi kawan Anda sedang bergumul untuk meminta maaf, dan dengan senang hati ia menyambut perdamaian yang Anda tawarkan.

Jangan pelit memberi pujian. Ketika rekan kerja berhasil melakukan presentasi dengan baik, alih-alih merasa tersaingi, pujilah ia. Memuji dengan tulus akan mencegah sekaligus mengobati hati Anda dari rasa iri. Pada dasarnya, tidak ada orang yang tidak suka dipuji. Ketika seseorang sedang merasa buruk, pujian Anda akan menceriakan harinya.

Masih banyak perkataan baik lain yang dapat membuat Anda menjadi pribadi yang menarik. Yang pasti, kehadiran Anda akan selalu dirindukan karena membawa dan menularkan kebahagiaan kepada orang-orang di sekeliling Anda.

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. – Efesus 4:29

Jadilah wanita menarik dengan mengucapkan hal-hal baik. Sebarkan kebaikan, dan buatlah dunia tersenyum dengan kehadiran Anda.

Referensi:
m.liputan6.com/health/read/517933/wanita-bicara-20-ribu-kata-per-hari-pria-hanya-7000-kata?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Top
nationalgeographic.grid.id/read/13299276/alasan-wanita-lebih-banyak-bicara-dibanding-pria

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: