gkdi lagu

Iman adalah salah satu topik kerohanian yang membuat banyak orang penasaran. Ketika bicara soal iman, sejumlah pertanyaan akan muncul. Apa sebenarnya arti iman? Mengapa iman itu penting untuk dipertahankan?

Arti Iman

iman - gkdi 1

Definisi iman tercantum dalam Ibrani 11:1 yang berbunyi, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Ini adalah pemahaman yang Alkitabiah, dan dapat dilengkapi dengan penjelasan dari Roma 10:17: “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.”

Berdasarkan dua ayat di atas, tampak hubungan yang erat antara iman dengan firman Tuhan. Jadi, seseorang dikatakan beriman jika dasar imannya adalah firman Tuhan.

Iman Butuh Perjuangan

iman - gkdi 2

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya. – 2 Timotius 4:7-8

Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus berkata bahwa memelihara iman ibarat menjalani pertandingan atau perlombaan, yaitu usaha yang membutuhkan perjuangan. Paulus adalah orang yang berpendidikan tinggi, mempunyai hak kewarganegaraan yang istimewa, serta memiliki usaha pembuatan tenda yang menguntungkan di zamannya. Namun, sebagai pengikut Kristus, ia pernah dipukuli, dipenjara, disiksa, diejek, dan mengalami berbagai kejadian tak mengenakkan dalam misinya. 

Meskipun berkali-kali mengalami pasang surut dalam pelayanannya, Paulus tidak menyerah atau meninggalkan imannya. Sampai akhir hidupnya, ia tetap setia kepada Kristus dan tak pernah mau kembali ke kehidupan lamanya.

Mungkin saat ini kita sedang mengalami jatuh-bangun seperti Paulus. Dan, saat berada di titik terendah kehidupan rohani, kita pun mulai membandingkan kenyamanan kondisi dahulu, sebelum mengikut Kristus, dengan kehidupan kita sekarang.

Saat ini terjadi, apa saja yang kita butuhkan untuk mempertahankan iman kita kepada Kristus?

1. Waktu yang Khusus dan Konsisten

iman - gkdi 3

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. – Roma 10:17

Iman dapat tumbuh melalui pendengaran akan firman Tuhan dan ini membutuhkan waktu. Untuk itu, kita perlu memberikan waktu khusus buat Tuhan dalam hidup kita setiap hari. 

Hari-hari Anda mungkin dipadati aktivitas, jadi temukanlah waktu yang paling ideal untuk berdoa dan membaca firman Tuhan. Waktu ideal setiap orang pastinya berbeda. Contohnya, waktu yang tepat bagi saya adalah pagi hari. Saat suasana hening dan saya dapat mengisi bahan bakar rohani sebelum memulai kesibukan hari itu. 

Saat teduh bersama Tuhan bukanlah soal jam berapa, melainkan tentang konsistensi. Jika kita melakukannya dengan konsisten, niscaya iman kita akan bertumbuh seiring waktu.

2. Perbuatan yang Sejalan dengan Iman

iman - gkdi 4

Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. – Yakobus 2:17

Iman sama sekali tidak bertentangan dengan perbuatan. Justru, iman akan menjadi sempurna jika disertai dengan perbuatan (Yakobus 2:22). Ketika kita mengimani firman Tuhan, tentu kita juga akan melakukan perintah-Nya. 

Bayangkan sejenak situasi ini: Suatu hari seorang tokoh terkemuka di kota Anda berjanji akan memberikan Anda hadiah. Beliau menyuruh Anda mengambil selembar amplop dari lemari di ruangannya pukul delapan pagi besok. Kemudian, Anda harus membawa amplop itu ke sebuah bank pada pukul sembilan. Jika lewat dari hari dan jam yang ditentukan, hadiah itu akan hangus. 

Anda percaya kata-kata orang ini dan yakin beliau serius dengan janjinya. Namun, Anda tidak mau mengikuti arahannya. Anda terlambat datang ke ruangannya. Anda lupa membawa amplop itu ke bank. Mungkinkah Anda bisa memperoleh hadiah yang dijanjikan?

Inilah yang terjadi pada kebanyakan orang yang mengaku beriman kepada Kristus; mereka percaya pada firman Tuhan tapi tidak mau mengikuti arahan-Nya. Akibatnya, iman mereka tidak bertumbuh. 

Ingatlah, memelihara iman berarti memegang firman Tuhan dan menjalankannya.

3. Mata yang Tertuju kepada Kristus

iman - gkdi 5

Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. – Ibrani 12:2

Apa yang membuat seorang petinju tetap melanjutkan pertandingan padahal kepalan yang mengenai wajahnya terasa begitu menyakitkan? Apa yang membuat seorang pelari maraton terus berlari hingga mencapai garis akhir? Jawabannya adalah tujuan yang akan mereka raih. 

Mengapa Paulus mampu bertahan di tengah penderitaan dalam kehidupan pelayanannya? Jawabannya: karena ia melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus. Paulus meyakini kesuksesan rohani tidak diukur semata-mata dari kinerja pelayanan, tetapi dengan memelihara imannya dengan setia

Ada hal-hal yang dapat meruntuhkan iman jika kita kehilangan fokus kepada Tuhan. Misalnya, pekerjaan, keuangan, kesehatan, pasangan hidup, penganiayaan, kekecewaan, dan kepahitan. Ketika semua itu datang, tetaplah berpegang pada janji Tuhan dan hadapi tantangan tersebut dengan memusatkan pandangan kita kepada Kristus.

Iman yang benar adalah iman yang didasarkan pada firman Tuhan. Iman akan sia-sia jika tidak ada kesetiaan. Mari perjuangkan iman kita dengan mempelajari firman Tuhan secara konsisten, mengiringinya dengan perbuatan, dan melakukan semua itu dengan mata yang tertuju kepada Kristus. Kiranya Tuhan mengaruniakan mahkota kebenaran kepada kita semua, saat kita mengakhiri pertandingan iman dengan baik dan mencapai garis akhir.

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia. Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), Diskusi Alkitab, membutuhkan bantuan konseling, ingin mengikuti ibadah minggu atau kegiatan gereja lainnya, silahkan mengisi form di bawah ini.

Contoh: Setiabudi, Jakarta Selatan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: