Apakah Anda sedang berpikir untuk pacaran? Atau, Anda sedang menjalin hubungan spesial dengan seseorang? Apa pun situasi Anda sekarang, pernahkah Anda bertanya-tanya: Apa, sih, sebenarnya arti pacaran? Apa yang sebaiknya Anda lakukan di masa pacaran, dan hal-hal penting apa yang perlu dibangun dalam periode ini? 

Pacaran adalah sebuah proses dalam hubungan di mana sepasang kekasih berkomitmen untuk saling mengenal dan dikenal secara lebih dalam sebelum memasuki jenjang pernikahan. Untuk itu, ketahui hal-hal penting yang harus Anda bangun selama masa pacaran:

1. Jaga Kemurnian Hubungan

Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni. – 2 Timotius 2:22

Ketika kita berkomitmen untuk pacaran, kita harus menjaga kemurnian dan kekudusan hubungan itu. Tujuannya, agar melalui hubungan pacaran, kita dapat menghidupkan gambaran Kristus. 

Saya pernah merasakan bedanya pacaran dengan pria yang tidak serius membangun hubungannya dengan Tuhan dan pria yang cinta Tuhan. Syukurlah, Tuhan menuntun saya untuk menjalin hubungan dengan pria tipe kedua, yaitu pacar saya sekarang. Kami sepakat untuk serius memelihara hubungan pribadi kami dengan Tuhan dan menjaga batasan dalam hubungan kami berdua. Ketika kami tergoda atau terganggu dengan tindakan pasangan, kami akan minta bantuan pembimbing rohani atau pasangan yang  lebih dewasa. 

Jangan terlena dengan sensasi jatuh cinta Anda. Orang  yang sedang jatuh cinta cenderung menuruti perasaan daripada logika. Jika Anda lengah, iblis akan mengambil kesempatan untuk merusak hubungan itu dengan keinginan-keinginan daging yang membuat hubungan Anda tak lagi murni. 

Jadikan kasih karunia Allah sebagai dasar pacaran Anda. Kalau Anda menghargai firman Tuhan, tentunya Anda juga akan menghargai pasangan Anda. 

2. Saling Mendorong untuk Bertumbuh

Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. – Ibrani 10:24

Ada masanya, orang-orang yang pacaran merasa nyaman dengan hubungan mereka. Akibatnya, mereka sulit melihat hal-hal di luar hubungan itu sendiri, serta potensi apa yang dapat dikembangkan dari diri sendiri dan pasangan mereka. 

Hal-hal apa yang biasa Anda perhatikan dari pacar Anda? Penampilannya? Statusnya di media sosial? Aktivitasnya? Pernahkah Anda bertanya lebih dalam, bagaimana  hubungannya dengan Tuhan? Apa yang saat ini sedang ia gumulkan dan doakan? Kapan terakhir Anda berdoa bersama pacar Anda?

Penting bagi kita saling memperhatikan dan mendorong dalam kasih dan perbuatan baik. Dengan demikian, Anda turut membantu pacar Anda untuk bertumbuh, dan hubungan itu tidak berpusat pada diri Anda semata. Bantulah ia bertumbuh secara rohani dan karakter, juga dalam kepemimpinan, karier, serta caranya menghadapi dunia luar. Niscaya, Anda berdua akan terdorong untuk semakin memuji kebesaran Tuhan.

3. Punya Impian yang Sama di Dalam Tuhan

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. – Amsal 28:13

Tujuan pacaran adalah menyiapkan diri dan saling mengenal sebelum mengikat janji suci pernikahan. Namun, sebelum tiba ke tahap itu, Anda harus memiliki visi dan misi yang sama dengan pasangan: Kehidupan seperti apa yang kalian inginkan di masa depan?

Kunci dalam hubungan adalah keterbukaan dan menjaga komunikasi. Banyak pasangan akhirnya saling menyakiti  karena mereka tidak saling terbuka dan tidak tahu cara mengomunikasikan pikiran dan perasaan kepada pasangan. Mereka tidak pernah membahas impian masing-masing dan bagaimana cara membangunnya di dalam Tuhan. 

Percayalah Anda bahwa di dalam Tuhan, masa depan sungguh ada dan harapan kita takkan hilang (Amsal 23:18). Anda akan mengalami hal-hal berbeda ketika Anda percaya pada firman di atas. Bawalah pasangan Anda untuk melangkah di jalan yang Tuhan kehendaki. Bermimpilah setinggi mungkin bersamanya di dalam Tuhan. Anda akan terpesona melihat bagaimana Tuhan bekerja!

Masa pacaran adalah tahap yang vital untuk saling belajar dan mengenal orang yang Anda kasihi sebelum mengikat janji setia. Jagalah kemurnian hubungan Anda, bangun impian bersama pasangan di dalam Tuhan, dan doronglah satu sama lain untuk terus bertumbuh. Semoga Tuhan memberkati hubungan Anda!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Patah Hati? Tenang, Dunia Belum Berakhir!
Gaya Pacaran yang Penuh Berkat

Video inspirasi: