Masih Sering Overthinking? Intip Cara Mengatasinya Yuk!

Istilah overthinking tampaknya sedang ngetren akhir-akhir ini. Boleh jadi Anda pernah atau malah sering mendengarnya. Baik di media maupun media sosial, istilah yang satu ini sering muncul.

Bahkan sampai di percakapan sehari-hari, mudah mendengar, “jangan overthinking!” Kata ini sering identik dengan orang yang terlalu banyak berpikir. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya apa sih maksudnya?

Ketika Overthinking Menyerang

Overthinking  terdiri dari dua kata, over yang berarti berlebihan dan thinking yang berarti berpikir. Jadi, overthinking berarti berpikir berlebihan. Ketika seseorang tenggelam dalam pikirannya sendiri,  hingga menghasilkan kecemasan dan kekhawatiran berlebih, ia sedang overthinking.

Seseorang yang overthinking akan memikirkan suatu hal terlalu dalam, meskipun sepele. Padahal, apa yang mereka pikirkan belum tentu akan terjadi. Jika dibiarkan, overthinking bisa menyebabkan gangguan mental, kecemasan, dan masalah kesehatan. 

Saya juga pernah mengalami overthinking. Setiap mendengar keadaan Mama yang sakit, saya akan sangat khawatir. Pikiran saya akan melayang mencemaskan hal-hal buruk yang akan menimpa mama saya. Bagi saya, dunia sudah runtuh. Sulit untuk memikirkan hal lainnya.

Akibatnya tentu tidak enak. Hubungan saya dengan istri menjadi terbengkalai. Dia merasa terabaikan, dan sedih karena saya seperti orang bingung. Ia tak tahu bagaimana bersikap dengan saya.

Sampai saya menyadari bahwa akibat overthinking ini sangat tidak baik. Bukan hanya merusak diri sendiri, orang lain juga akan terkena dampaknya. 

Langkah-Langkah Mengendalikan Overthinking

Saya percaya Anda pun setuju kalau overthinking itu tidak baik. Hal itu akan sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, yuk kita berubah!

overthinking-Gkdi-1

1. Hentikan Sejenak Laju Pikiran dengan Doa

Yakobus 5:13a Kalau ada seseorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa!….

Saat overthinking, kita seperti tidak mampu menghentikan laju pemikiran kita. Makin lama dipikir, makin kita khawatir

Saat itulah, Anda perlu menghentikan laju pemikiran sejenak dengan berdoa. Anda bisa menutup mata sejenak, lalu mengutarakan pada Bapa semua ketakutan dan kecemasan. Dengan berlari kepada Tuhan terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan damai sejahtera.

Percayalah, lebih mudah untuk menghentikan laju pikiran dengan berdoa. Mintalah kekuatan dari-Nya, sehingga Anda bisa lebih tenang.

overthinking-Gkdi-2

2. Cari Solusi Terbaik

Biasanya, overthinking dipicu oleh satu masalah yang rumit. Rasanya jauh lebih enak untuk menghindari masalah itu, bukan menghadapinya.

Menghindari masalah tidak akan mengatasi overthinking Anda. Justru, Anda akan semakin khawatir. Mengapa? Karena masalah tidak akan selesai, jika hanya dihindari.

Jika masalah kecil yang terjadi, Anda harus terbiasa menerimanya dengan ikhlas dan mencari solusi secepatnya. Percayalah, Anda akan sanggup mengatasi masalah tersebut!

Bagaimana jika yang terjadi adalah masalah serius? Anda sangat perlu menyusun strategi penyelesaian yang terbaik. 

Lukas 14:28 Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu. 

Dari ayat di atas, kita bisa belajar tentang prinsip rencana dan penyelesaian masalah yang terarah dan penuh perhitungan. Kita perlu merencanakan bagaimana caranya menyelesaikan masalah yang sedang terjadi, bukannya hanya diam dan menghindarinya.

overthinking-Gkdi-3

3. Utarakan Pikiran kepada Teman

Hal yang sangat membantu saya meredam overthinking adalah menyampaikan pikiran saya kepada istri. “Saya sedang berpikir berlebihan nih? Pusing rasanya. Bagaimana baiknya ya?” kata saya.  Di situlah istri akan menenangkan saya. Dia akan berkata, “ Sudah, tidak usah dipikir berlebihan. Stop pikiran dan khawatirmu!”

Sangat perlu bagi Anda untuk memiliki teman yang mendukung. Anda dapat menyampaikan kerumitan  pikiran Anda kepadanya. 

Pengkhotbah 4:10 Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Inilah pentingnya memiliki teman yang siap mengangkat Anda. Andai Anda sendirian, atau tidak memiliki teman yang siap mendukung dan menolong, dengan siapa Anda akan berbagi?

Berserah, Lalu Melangkah

Overthinking tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Solusi datang ketika Anda berhenti berpikir terlalu jauh, dan mulai mengambil tindakan: berserah kepada Tuhan dan melangkah.

Selain itu, apa yang kemudian terjadi bisa saja tidak seperti yang Anda takutkan. Mari terus percaya kepada Tuhan, dan maju menghadapi tantangan!

Referensi: https://katadata.co.id/safrezi/berita/617826abd9eca/kenali-tanda-tanda-dan-dampak-overthinking-serta-cara-mengatasinya

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok:https://link.gkdi.org/tiktok