gkdi laguTanggal 6 Maret 2021 adalah sebuah hari yang spesial karena kami karena kami menyelenggarakan “Nusantara Women’s Day” untuk merayakan hari wanita sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 8 Maret. Acara yang mengangkat tema “For Such A Time As This” yang terinspirasi dari buku Ester ini berlangsung secara virtual melalui zoom dan terbuka untuk umum.

Informasi mengenai acara yang diselenggarakan oleh GKDI Women Ministry ini sudah disebarluaskan jauh-jauh hari sebelum acara ini berlangsung melalui akun Instagram @women.gkdi. Di dalamnya, terdapat banyak kisah inspiratif dari wanita-wanita yang berjuang melawan kepahitan, rasa putus asa, sakit hati ketika melewati masa-masa yang tidak mudah bersama Tuhan.

womens - gkdi 1

Acara ini terbagi terbagi menjadi 2 sesi:

  • Sesi 1: 15.00-17.00 WIB
  • Sesi 2: 18.00-20.00 WIB

Sesi 1 hanya diperuntukkan bagi peserta dari Indonesia saja, sedangkan pada sesi 2, para wanita dari jemaat ICOC (International Church of Christ) di SEA (South East Asia) Region dapat bergabung, karena acara dibawakan dalam bahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia. Acara ini berlangsung dalam 7 zoom yang berbeda dengan jumlah peserta hampir mencapai 3000 orang.

Sebelum acara ini berlangsung, jemaat diminta untuk membaca dari buku Esther agar dapat lebih relate dengan pelajaran yang akan dibawakan pada hari H-nya. Mereka juga berpuasa bersama pada tanggal 6 Februari dan 6 Maret untuk kelangsungan acara Nusantara Women’s Day ini.

Sesi 1

womens - gkdi 3

Acara sesi 1 ini dibuka dengan video teaser tentang keadaan dan pergumulan wanita yang saat ini, yang diikuti dengan aturan yang perlu diikuti oleh peserta zoom. Para wanita juga disuguhkan video tentang Ester. Kisah Ester dibahas tuntas dalam 5 chapter yang terbagi dalam 2 sesi yang disharingkan oleh para Women Ministry Leader, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Chapter 1: It’s not Coincidence, it’s God’s Plan oleh: Vania Salim
Chapter 2: Fear Not, oleh: Suliana Alin
Chapter 3: She Never Walks Alone oleh: Budiarti Silalahi

Melalui sharing tersebut para wanita diingatkan untuk melihat bahwa ada rencana Tuhan di dalam setiap pergumulan yang terjadi di dalam hidup kita. Kita juga diingatkan untuk tidak takut dan percaya bahwa kita tidak pernah berjalan sendirian. Setelah selesai setiap chapter, ada sharing dari para wanita yang luar biasa tentang perjalanannya melewati pergumulannya bersama Tuhan yang terkait dengan tema di setiap chapter.

Seharusnya ada break out room dimana para wanita bisa berfellowship, saling sharing, dan berdoa bersama tentang apa yang menjadi pergumulannya saat ini. Namun, karena fitur break out room tidak memungkinkan akibat banyaknya jumlah partisipan dalam 1 zoom, peserta berdoa bersama yang dipimpin oleh MC.

Sesi 2

Di dalam sesi kedua ini, jemaat wanita dari Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Thailand, Vietnam, and Cambodia ikut bergabung bersama peserta dari Indonesia.

Seperti sesi pertama, acara ini juga dibuka dengan sebuah video yang mengungkapkan keadaan hati dan pergumulan wanita. Acara ini dibuka oleh Vania Salim, selaku South East Asia Women Ministry Leader. Video-video tentang Ester juga ditampilkan, yang dari video tersebut, kita dapat lebih memahami tentang pergumulan dan isi hati seorang Ester.

Dalam acara ini, para wanita dapat bernyanyi bersama yang dipimpin oleh Mikhaela Nowella  dan Regina Ivanova sebagai finalis Indonesian Idol bersama dengan team Song Ministry GKDI.

Di dalam sesi 2 ini, sharing devotional dilanjutkan oleh pemimpin wanita dari luar negeri, yaitu:

Chapter 4: God’s Providence oleh Angelia Phua Hee (Singapore). Life testimony oleh Fyonn Chin (Malaysia)
Chapter 5: In The End, God’s Win oleh Jesse Tohme (Lebanon)

womens - gkdi 2

Pelajaran tersebut mengingatkan setiap wanita yang hadir untuk melihat bahwa ada penyertaan tangan Tuhan dalam setiap hal yang terjadi di dalam hidup kita. Selain itu, kita perlu juga terus berdoa, karena doa sangat berkuasa dan memberikan kita kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan dalam hidup. Para wanita diberikan semangat untuk dapat memberi diri untuk dipakai dalam rencana Tuhan, sehingga kita dapat mengalami langsung penyertaan-Nya.

Nusantara women’s day ini juga diisi oleh performance dari wanita-wanita yang luar biasa, seperti Ivana, seorang pianis, dan juga Joy Tobing, finalis Indonesian Idol. Dalam kesempatan ini pula, logo baru dan identitas baru dari women ministry diresmikan.

Acara ini ditutup oleh sebuah lagu pujian dari Song Ministry berjudul, “Say Yes”. Peserta yang hadir diajak untuk bernyanyi bersama dengan penuh sukacita.

Pada pukul 19.40, serangkaian acara Nusantara Woman’s Day ini berakhir. Peserta yang datang sangat excited dan semangat dengan setiap pelajaran dan sharing yang diberikan. Hal ini terlihat dari update status mereka di sosial media terkait dengan acara ini.

Kami berharap impact dari acara ini tidak berhenti sampai di sini saja. Mereka bisa menjadi wanita yang berani, kuat, memiliki iman yang semakin dalam, semakin percaya pada kuasa doa dan puasa, serta mau dipakai Tuhan, seperti Ester. Dari acara ini pun, kami berharap semakin banyak wanita yang ingin mengenal Tuhan secara dalam dan mau menjadi murid-Nya. Amin. Kemuliaan hanya untuk Tuhan.

Jika Anda ingin melihat kembali tayangan ulang dari acara ini, silahkan mengakses link berikut:

Sesi 1: http://bit.ly/GKDI-WDN-part1
Sesi 2: http://bit.ly/GKDI-WDN-part2

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat di dalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: