gkdi laguMereka yang berada di usia produktif umumnya pernah mengalami masa-masa tidak mood bekerja. Mengerjakan apa pun rasanya malas, bukan karena kita sengaja bermalas-malasan, melainkan karena kehilangan semangat atau motivasi untuk melakukan pekerjaan. Delapan jam terasa begitu lama, dan waktu terbuang percuma tanpa hasil yang signifikan.

Tentunya hal ini tidak terjadi tanpa sebab. Ketika mood bekerja Anda hilang, jangan didiamkan begitu saja. Segera cari tahu sumber masalahnya dengan cara mengecek kesehatan Anda dari berbagai aspek.

Apakah Anda Sehat Secara …

1. Fisik

mood - gkdi 1

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Kondisi fisik berpengaruh besar terhadap mood Anda. Mungkin Anda merasa sehat, tetapi apakah gaya hidup Anda benar-benar sehat?

Apakah Anda kurang tidur akhir-akhir ini? Apakah Anda salah makan sehingga pencernaan Anda tidak enak? Bisa jadi Anda kurang berolahraga sehingga tubuh tidak fit? Apakah Anda merasakan gejala sakit tertentu, misalnya pusing, lemas, pegal, atau batuk/pilek?

Jika Anda merasa kesehatan Anda kurang baik, ambillah waktu untuk merawat diri sendiri. Self-care adalah hal yang Alkitabiah karena tubuh kita adalah bait Allah. Tubuh yang sehat akan mendukung mood yang lebih baik dalam bekerja.

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu. – 1 Korintus 3:16-17

2. Mental

mood - gkdi 2

Kesehatan mental atau emosional adalah hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik, tetapi sering tidak kita sadari atau sengaja kita abaikan.

Saat mood bekerja Anda turun drastis, tanyakan hal-hal ini pada diri sendiri:

Hal-hal yang berhubungan dengan kondisi emosional kita begitu banyak dan begitu kompleks, sehingga tidak mungkin dituliskan satu per satu. Namun, masalah ini perlu diselesaikan, karena dapat mengganggu kesehatan fisik Anda juga.

Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. – Amsal 17:22

Jika Anda terlalu sibuk, sempatkan diri untuk menyusun daftar prioritas, atau jika perlu, delegasikan sebagian pekerjaan Anda kepada orang lain. Ceritakan beban Anda kepada orang-orang yang bisa Anda percaya, seperti komunitas atau pembimbing rohani. Masukan dan nasihat mereka dapat membantu Anda keluar dari masalah sehingga Anda dapat lebih bersemangat dalam bekerja.

Dalam kasus-kasus yang cukup berat, kita mungkin membutuhkan bantuan ahli. Jangan segan atau malu meminta bantuan, karena kesehatan mental akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan kita.

Setelah mengetahui akar masalah dan menanganinya, Anda juga bisa menerapkan beberapa kiat untuk memperbaiki semangat bekerja:

Tips Bekerja dengan Mood yang Baik

1. Ambil Waktu untuk Berhenti Sejenak

mood - gkdi 3

Apakah sering merasa tidak punya waktu untuk diri sendiri? Bagaimana mungkin Anda dapat bekerja dengan mood yang baik dan hasil optimal jika Anda tidak memberi kesempatan kepada diri sendiri untuk rehat sebentar?

Berhenti sejenak bukan berarti Anda harus pergi liburan ke tempat yang jauh. Anda bisa berolahraga pagi, atau berdoa dan baca firman lebih lama daripada biasanya. Anda bisa menikmati me time dengan menonton, jalan-jalan santai, mendengarkan musik, menjalani gadget-free day (jika memungkinkan), atau sekadar beristirahat di rumah.

Tuhan Pemilik Alam Semesta saja berhenti di hari ke ketujuh setelah menciptakan dunia selama enam hari. Jika kita terus bekerja tanpa henti, bukankah itu artinya kita merasa lebih baik atau lebih hebat daripada Tuhan?

Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. – Kejadian 2:2 

2. Perbaiki Hubungan dengan Tuhan

mood - gkdi 4

Saat hubungan kita dengan Tuhan terganggu, biasanya area-area lain dalam hidup kita pun ikut terganggu. Ketika saat teduh saya mulai bolong-bolong, biasanya saya lebih gampang moody dan emosi saya kurang stabil.

Saat mood Anda memburuk, coba tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana hubungan saya dengan Tuhan akhir-akhir ini? Apakah saya punya saat teduh yang rutin dan dalam?”

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. – Mazmur 119:105 

3. Ingatkan Diri akan Hal-Hal Ini

mood - gkdi 5

Saat Anda mulai tidak mood bekerja, ingatkan diri Anda:

  • Bagaimana kalau saya dipecat karena malas-malasan bekerja? Apakah saya tidak akan menyesal kalau penghasilan saya menurun akibat terus-terusan bad mood?
  • Bekerja di bidang apa pun memang tidak mudah, tetapi bukankah kita akan lebih susah lagi jika tidak bekerja?
  • Ingatlah kembali semua perjuangan Anda untuk sampai di titik ini. Mengapa dulu Anda begitu menginginkan pekerjaan ini dan memulainya?
  • Di luar sana banyak orang yang tidak punya pekerjaan dan berharap bisa bekerja seperti Anda. Bersyukurlah.
  • Ingat akan orang-orang yang menjadi tanggung jawab Anda, seperti istri, anak, atau orang tua. Jika Anda terus-menerus membiarkan mood memengaruhi pekerjaan Anda, bagaimana nasib mereka?

Ada kalanya kita lupa pada apa yang kita miliki dan kurang menghargai pekerjaan kita. Jadi, luangkanlah waktu sejenak untuk mengingat lagi berkat-berkat Tuhan, serta perjuangan Anda sejauh ini. Semoga hal ini dapat memperbaiki mood Anda, sehingga Anda dapat kembali memberikan yang terbaik dalam pekerjaan Anda.

Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! – Mazmur 103:2

4. Tantang Diri Sendiri

mood - gkdi 6

Bisa jadi salah satu penyebab Anda kehilangan mood bekerja adalah karena bosan. Anda bosan karena setiap hari mengerjakan hal yang sama. Atau, karena Anda merasa sudah ahli dalam bidang Anda dan tidak bisa bertumbuh lagi.

Mungkin inilah saatnya Anda menantang diri sendiri untuk melakukan lebih. Anda dapat meminta kepada perusahaan untuk diberikan tugas atau kepercayaan baru. Pelajari hal-hal baru di seputar/di luar lingkup pekerjaan Anda, seperti mengikuti pelatihan atau seminar untuk menambah keahlian dan pengetahuan Anda. Atau, bergurulah pada teman yang ahli di bidang yang Anda sukai.

Challenge yourself to go the extra mile and to be better than you were yesterday. NIscaya, Anda akan lebih termotivasi dan semangat dalam melakukan pekerjaan Anda.

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. – Kolose 3:23

Bad mood atau tidak mood dalam bekerja dapat menyerang siapa saja dan penyebabnya bisa sangat beragam. Pastikan dulu bahwa Anda sehat secara fisik maupun mental. Selain itu, terapkan juga empat tips di atas untuk mengembalikan semangat bekerja, sehingga pekerjaan Anda dapat menghasilkan buah yang baik untuk kemuliaan Tuhan. Selamat mencoba!

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia. Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), Diskusi Alkitab, membutuhkan bantuan konseling, ingin mengikuti ibadah minggu atau kegiatan gereja lainnya, silahkan mengisi form di bawah ini.

Contoh: Setiabudi, Jakarta Selatan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: