Written by Adimin Chandra 6:24 am Devotionals, Biblical Talk, Character, Relationship, Self Development, Spiritual Life

Menjadi Besar Menurut Tuhan? Ini Rahasianya – Gereja GKDI

Gkdi-Besar-Cover

Sebagai manusia, wajar jika kita selalu ingin menjadi yang paling besar. Kita ingin menjadi yang paling pertama, terutama, dan yang terpandang. Bahkan dalam melayani Tuhan pun, tidak jarang perasaan ini muncul.

Namun, sadarkah kita bahwa keinginan menjadi besar bisa menjadi hasrat untuk memuliakan diri sendiri? Kalau sudah begini, akhirnya bukan Tuhan yang ditinggikan, melainkan diri sendiri. Saya pernah mengalaminya. 

Saya Pernah Ingin Menjadi Paling Besar

Gkdi-Besar-1

Karena dianggap memiliki talenta bernyanyi, saya diminta bergabung dalam pelayanan penyanyi gereja. Dengan sukacita, saya menyambut permintaan tersebut. Saya ikut latihan bernyanyi dan tampil di kebaktian dengan gembira. Apalagi, menyanyi adalah kesukaan saya. 

Namun, ada satu masa di mana saya merasa sombong. Ada keinginan untuk jadi yang paling unggul dari anggota yang lain. Di samping melayani, saya juga ingin menunjukkan kemampuan diri. Pikir saya, orang akan tahu siapa saya. Saya akan menjadi paling besar dan terkenal di gereja. 

Sampai suatu saat, saya membaca ayat di Matius 20:26 yang berbunyi, Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu. 

Bukan dengan meninggikan diri sendiri, bukan dengan unjuk kemampuan, menjadi besar bagi Tuhan adalah melayani Dia. Melayani Tuhan membutuhkan kerendahan hati, juga kerelaan untuk melihat Tuhan saja yang dimuliakan. Pada titik inilah saya tersadar bahwa pemikiran saya sebelumnya itu keliru. Tanpa menunda lagi, saya pun segera berubah. 

Menjadi Besar yang Diinginkan Allah

Hal apa yang telah membantu saya berubah? 

Saat saya membaca kisah Yohanes Pembaptis dalam Alkitab, saya lebih mengerti apa artinya menjadi besar di hadapan Tuhan

Yohanes Pembaptis telah dipersiapkan Tuhan untuk memberitakan tentang Yesus, yang adalah saudaranya (Lukas 1:36). Yang menarik, meskipun Yesus kelak menjadi makin besar dan lebih terkenal, Yohanes tidak iri,  justru malah bersukacita. 

Berikut tiga pelajaran yang saya renungkan.

1.Tuhan yang Harus Makin Dimuliakan

Gkdi-Besar-2

Yohanes 3:30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil. 

Saat saya membaca ayat ini, saya menyadari bahwa Yohanes Pembaptis sangat rendah hati. Ia mempersiapkan jalan bagi Yesus (Matius 3:3) yang membawa keselamatan. Ia sadar bahwa Yesuslah fokusnya, Yesuslah yang harus dimuliakan. Yesus harus makin besar, Yohanes harus makin kecil.

Saya menyadari bahwa seperti Yohanes, Tuhan memberi saya talenta agar nama-Nya makin dimuliakan. Bukan supaya saya meninggikan diri sendiri. 

Dengan segala kelebihan dan talenta yang Tuhan percayakan, siapakah fokus kita hari ini? Apakah benar untuk kemuliaan Tuhan, atau diri sendiri?

2. Bersukacita jika Pelayanan Kita Berguna

Gkdi-Besar-3

Kemudian, Yohanes Pembaptis bersukacita karena berhasil melakukan tugasnya. 

Ketika Yesus makin dikenal, Yohanes makin bersukacita. Ia tidak mencari keuntungan atau manfaat lain. Yang penting tugasnya sudah selesai: menuntun orang kepada Yesus, dan itu sudah cukup. 

Yohanes 3:29 Yang empunya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh. 

Dari ayat di atas, Yohanes tidak mencari yang muluk-muluk dari pelayanannya. Cukup bisa melakukan yang terbaik untuk Yesus, dia sudah senang.

Kita bisa belajar untuk bersukacita saat pelayanan kita makin memuliakan nama-Nya. Saat kemampuan dan talenta kita dapat berguna bagi komunitas gereja, kita harus bersukacita.  Meskipun nama kita tidak dikumandangkan, diri kita tidak dikenal, bersukacitalah saat itu berguna bagi Tuhan!

Ketika talenta menyanyi saya bisa membantu orang semangat memuji Tuhan, saya bersukacita. Meski nama saya tidak makin dikenal, saya akan tetap bersukacita. Bukankah Tuhan saja yang layak dimuliakan?

 

3. Setia Melakukan Peranan Kita

Gkdi-Besar-4

Yohanes  Pembaptis melakukan tugasnya dengan setia. Dia menerima dan melakukan peran yang telah Tuhan tempatkan, tak peduli meski tampak kecil di dunia. 

Yohanes 1:23 mengatakan, Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.” Kelihatannya, peran Yohanes begitu kecil. Akan tetapi, kita tahu bahwa ia serius menjalankan tugasnya.

Dia tahu bahwa apa yang ia kerjakan sangatlah penting. Yesuslah jalan menuju keselamatan, dan Yohanes menyiapkan orang-orang untuk menerima Yesus.

Seperti hati Yohanes di atas, kita perlu tetap setia melakukan peran dan tugas yang telah dipercayakan. Tidak  setiap kita akan mendapat peranan yang menonjol dalam pelayanan.  Meskipun peran kecil dan seolah tidak ada yang melihat, kita tetap perlu setia dan bangga melakukannya. Tuhan yang akan menghargai peranan tersebut. 

Menjadi paling besar bagi Tuhan bukan tentang seberapa bagus diri kita di mata manusia. Juga bukan seberapa hebat kemampuan dan pelayanan seseorang. Besarnya diri kita dilihat dari seberapa besar hati untuk melayani Tuhan

Mari kita bersama-sama memuliakan nama-Nya melalui hidup kita! Tuhan yang harus makin besar, bukan kita.

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 80 times, 1 visits today)

Last modified: Sep 27

Close