gkdi lagu

Banyak orang tidak merasakan betapa pentingnya membaca firman Tuhan. Kita berdoa saat mendapat musibah, ketika hal-hal buruk terjadi, ketika bersedih dan hidup terasa berat, atau saat divonis dengan penyakit kronis—tapi, mengapa kita tidak bisa rutin membaca firman? 

Kita puas mendengarkan khotbah pendeta seminggu sekali. Membaca Alkitab hanya sesekali, kalau ingin saja, atau saat butuh penghiburan. Selebihnya, Alkitab hanya jadi penghias lemari buku. Sekadar atribut yang dibawa-bawa ke gereja supaya orang tahu bahwa kita Kristen. Yang lebih menyedihkan, ada yang menganggap isi Alkitab hanyalah kumpulan dongeng, sejarah, atau cerita masa lalu yang tidak cocok diterapkan di zaman modern.

Benarkah anggapan tersebut? Apa sajakah manfaat dari membaca firman Tuhan setiap hari?

Firman Tuhan, Pelita dan Penerang Langkah 

membaca - gkdi 1

Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. – Mazmur 119:105

Bayangkan Anda berjalan di tengah hutan yang gelap. Anda tidak tahu apakah ada bahaya di sekitar, entah itu jurang yang dalam atau binatang buas yang mengintai. Tanpa cahaya, Anda tak dapat melihat rintangan atau halangan yang bisa membuat Anda tersandung, terluka, bahkan mengancam nyawa Anda. Sebaliknya, cahaya membantu Anda menempuh jalan yang benar, supaya Anda tidak tersesat atau celaka.

Hal ini saya sadari melalui sebuah kejadian ketika saya bergabung dengan mission team ke Pontianak tahun 1996. Suatu kali, kami mengajarkan firman Tuhan kepada seorang teman yang rumahnya jauh dari jalan raya. Ia tinggal di daerah pedalaman, yang jalan setapaknya diapit sawah dan ladang. Di sana, pada pukul tujuh malam, sudah tidak ada kendaraan yang lalu-lalang. 

Malam itu, kami pulang pukul delapan. Hujan turun deras, dan sekeliling kami begitu gelap; tidak ada penerangan dari lampu rumah-rumah penduduk. Saya beserta seorang saudari yang menjadi partner saya berjalan dalam kegelapan. Melihat saya ketakutan dan cemas, saudari ini menghibur saya. “Jangan lihat jalanannya yang gelap, tapi lihatlah ke atas. Di langit ada ribuan bintang kecil yang memberi kita cahaya.”

Seketika, cahaya bintang-bintang di angkasa melenyapkan ketakutan dan kekhawatiran saya. Akhirnya, setelah dua jam berjalan kaki, kami tiba di jalan raya yang dilewati oleh kendaraaan umum menuju tempat kami tinggal.

Tanpa firman Tuhan, Anda hidup dalam kegelapan. Anda tidak tahu arah dan tujuan hidup Anda, atau apakah jalan yang Anda pilih itu benar atau salah. Bisa jadi, jalan yang Anda tempuh justru membawa Anda semakin jauh dari impian dan tujuan Anda.

Kenali ajaran-ajaran Yesus, perintah-perintah dan larangan-larangan-Nya, serta apa yang Tuhan inginkan dari hidup Anda melalui firman-Nya. Tak hanya itu, Alkitab juga berisi sejumlah rambu, pedoman, panduan, dan bahkan solusi untuk masalah-masalah hidup kita.

Firman Tuhan Memberi Hidup

membaca - gkdi 2

Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan TUHAN. – Ulangan 8:3

Kebanyakan kita butuh makan minimal tiga kali sehari. Menurut penelitian, manusia hanya mampu bertahan tanpa makanan paling lama tiga minggu. Namun, bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit maag, terlambat makan sedikit saja akan membuat mereka mengalami perih lambung, mual, pusing, dan lemas.

Sesibuk-sibuknya kita, hampir mustahil kita lupa makan minimal satu kali sehari. Tanpa disuruh pun, kita akan makan setiap hari karena tahu makanan memberikan nutrisi bagi kelangsungan hidup kita, serta menghasilkan energi untuk aktivitas kita sehari-hari.

Sebagai orang Kristen, kita pun harus tahu dan meyakini bahwa firman Tuhan memberi kehidupan dan menopang kegiatan kita setiap hari. Yesus sendiri mengatakan, bukan hanya roti atau makanan jasmani yang dibutuhkan oleh manusia untuk hidup, melainkan juga setiap firman yang keluar dari mulut Allah (Matius 4:4).

Seperti halnya makanan menyokong jasmani yang kuat dan sehat, Anda memiliki kebutuhan untuk membaca firman Tuhan. Dengan demikian, tubuh rohani Anda pun dapat hidup kuat dan sehat. Ketika Anda tidak membaca firman Tuhan, hidup rohani Anda akan mengalami gangguan. Anda jadi mudah stres, khawatir, pahit, dendam, marah, bersikap egois, kasar, dan lain-lain.

Jadi, luangkan waktu setiap hari untuk membaca firman Tuhan, dan Anda akan melihat perbedaaannya!

Firman Tuhan Menunjukkan Kebenaran

membaca - gkdi 3

Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.” – Yohanes 8:31-32 

Ketika beranjak remaja, saya mulai mengetahui banyak hal yang baik dan buruk. Namun, sering kali saya bingung dan tidak mengerti apa kebenaran yang sesungguhnya. Apalagi, orang sering berkata:

“Berbohong demi kebaikan itu tidak dosa.”

“Ada dosa kecil dan dosa besar. Dosa kecil tidak fatal akibatnya.”

“Berpikiran cabul itu tidak dosa. Itu normal. Hormon reproduksinya mulai terbentuk. Yang menjadikan dosa adalah kalau kita berbuat cabul.”

“Cukup percaya Yesus, maka kamu akan selamat.”

Hal-hal di atas membuat saya bimbang. Di satu sisi, hati nurani menuduh saya. Saya merasa bersalah. Namun, di sisi lain, saya memberikan pembenaran atas kebenaran yang abu-abu.

Saya bersyukur, setelah mempelajari firman Tuhan, akhirnya saya mengerti dan mengenal kebenaran yang sesungguhnya—bukan kebenaran berdasarkan kata orang, atau yang umumnya dilakukan orang—dan ini membuat saya lega.

Untuk dapat melihat kebenaran firman Tuhan, Anda butuh bantuan orang lain. Anda tidak bisa sendirian melakukannya. Carilah komunitas yang anggota-anggotanya merupakan para pelaku firman, sehingga mereka bisa menunjukkan kebenaran kepada Anda, serta teladan untuk menghidupinya. Selamat mencoba!

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website : https://gkdi.org
Facebook : https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram : https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog : https://gkdi.org/blog/
Youtube : https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp : https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: