Nothing Is Impossible yang dinyanyikan oleh Planetshakers adalah salah satu lagu rohani favorit saya. Kata demi kata dalam liriknya, bahkan alunan musiknya membantu saya mengungkapkan perasaan dan mendeklarasikan iman saya kepada Tuhan.

Tak hanya lagu rohani, umumnya kita punya alasan untuk menyukai sebuah lagu. Mungkin liriknya menyuarakan kata hati Anda yang sulit diungkapkan. Barangkali juga, melodinya memberikan ketenangan, kegembiraan, semangat, atau suasana baru. Atau, lagu tersebut dapat meningkatkan konsentrasi, kecerdasan, dan kreativitas Anda. Apa pun alasannya, kita cenderung menggali manfaat dari sebuah karya musik.

Nah, berapa pun kadar kesukaan Anda akan musik gerejawi, tahukah Anda bahwa ada sejumlah manfaat menakjubkan yang kita peroleh saat mendengarkan lagu-lagu rohani? 

Lagu Rohani Adalah Sarana Memuji Tuhan

Hendaklah kamu penuh dengan Roh, dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. – Efesus 5:18b-19

Selain berdoa, membaca Alkitab, membangun persekutuan (fellowship), menginjil, dan menjaga kemurnian hidup, Tuhan juga ingin kita bernyanyi dan bersorak bagi-Nya. Namun, sebagus apa pun lirik dan musiknya, lagu rohani akan tetap sebatas lagu biasa kalau tidak Anda nyanyikan dengan segenap hati. 

Menyanyikan lagu rohani adalah salah satu cara memuji Tuhan (worshipping). Lagu rohani kesukaan saya bisa membuat saya melompat-lompat gembira atau menangis sebagai bentuk ekspresi saya. Contohnya, lagu Nothing Is Impossible membuat saya kembali percaya kepada Tuhan, meskipun situasi ke depan kelihatannya sulit untuk dilalui. Lagu ini mengingatkan saya bahwa tidak ada yang mustahil jika kita bersama Tuhan. 

Apa lagu rohani favorit Anda? Apakah liriknya mendorong Anda untuk memuliakan Tuhan, lebih berserah, lebih mengasihi sesama, atau mendapatkan penghiburan? Apa pun itu, nyanyikanlah dengan sepenuh hati untuk Tuhan.

Baik untuk Kesehatan Mental

Tak hanya secara spiritual, lagu rohani juga punya manfaat besar bagi kondisi mental kita. Kapasitas mental yang sehat membuat kita mampu berpikir, merasa, dan bertindak dengan seharusnya dalam batas-batas kewajaran. Sebaliknya, tekanan mental dapat membuat kita stres, kesulitan membangun hubungan dengan orang lain, sulit menentukan pilihan, bahkan memicu keinginan untuk menyakiti diri sendiri. 

Dalam Journal of Positive Psychology tahun 2013, Dr. Tuomas Eerola memaparkan bahwa mendengarkan lagu rohani dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan kebahagiaan dalam kurun dua minggu. Hal ini erat kaitannya dengan neurosains (ilmu saraf). Saat mendengarkan lagu yang memicu reaksi emosional seperti lagu rohani, otak kita menghasilkan oxytocin dan dopamin (hormon bahagia) yang dapat meringankan mood kita.

Luar biasa, bukan? Tuhan memberikan talenta kepada para pencipta lagu sehingga setiap kata dan nada dalam lagu-lagu rohani dapat menyentuh hati dan menyehatkan kita. Jadi, mengutip Mazmur 96:1, mari: “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, menyanyilah bagi TUHAN, hai segenap bumi!”

Membuat Kita Ingat Firman dengan Cara Menyenangkan

Menyanyi atau mendengarkan lagu adalah cara yang menyenangkan untuk mengingat firman Tuhan. Saya pernah merasa bosan dan sulit memahami isi Alkitab yang berupa teks dan latar hitam-putih. Namun, firman yang sama ternyata terdengar lebih segar dan mudah dimengerti ketika saya mendengarkannya lewat lagu rohani.

Contohnya, coba Anda baca lirik lagu Nothing Is Impossible di bawah ini:

Through You I can do anything
I can do all things
Cause it’s You who gives me strength
Nothing is Impossible
Through You blind eyes are opened
Strongholds are broken
I am living by faith
Nothing is impposible

I’m not gonna live by what I see
I’m not gonna live by what I feel

Deep down I know that You’re here with me
I know that You can do anything

Lirik lagu di atas merupakan kutipan Lukas 1:37 (“Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”) Setiap menyanyikannya, saya teringat ayat tersebut dan dapat kembali meyakinkan diri saya tentang janji Tuhan. 

Belajarlah melihat pesan dalam lagu-lagu rohani dan selalu mengaitkannya dengan firman Tuhan. Penting untuk kita mendengarkam lagu rohani yg berpusatkan pada firman Tuhan, bukan hanya rangkaian kata kata indah. Niscaya, bacaan firman dan saat teduh Anda akan jauh lebih menyenangkan.

Memberi Kekuatan dan Semangat Baru

Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. – Yesaya 40:31

Kadang kala, berdoa dan membaca firman tidak lantas membuat kita bangkit dan bersemangat dalam waktu singkat. Ini terjadi ketika kita sedang terpuruk menghadapi kesulitan hidup. Saya sendiri pernah mengalaminya. Saya percaya Tuhan bekerja lewat peristiwa-peristiwa tersebut, tetapi ada masanya saya sulit untuk berdoa dan mendengarkan Tuhan.

Firman Allah bisa dinyatakan lewat lagu-lagu yang diciptakan untuk memuji-Nya. Banyak lagu rohani yang sudah membantu saya, memberi kekuatan dan semangat baru bagi saya untuk bangkit kembali. Mendengarkan lagu rohani membuat saya merasa damai dan aman.

Mari mulai mendengarkan lagu-lagu rohani dan belajar menggali maknanya. Lewat lagu, Anda bisa memuji Tuhan, lebih sehat secara mental, bisa mengingat firman-Nya dengan cara menyenangkan, bahkan mendapat kekuatan serta semangat baru. Amin! 

Referensi:
insider.pureflix.com/movies/how-music-affects-our-brains-and-hearts

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Inisiatif: Si Kecil yang Berdampak Besar

Video inspirasi: