gkdi lagu

Makeup atau riasan wajah bukan hal asing dalam kehidupan seorang wanita. Dengan makeup, seseorang bisa terlihat lebih cantik, dewasa, percaya diri, atau lebih profesional. Itulah sebabnya wanita merias diri sebelum pergi bekerja dan menghadiri pesta atau acara penting. Menunjukkan penampilan terbaiknya adalah tanda bahwa ia menghargai orang-orang yang akan ditemuinya.

Namun, tahukah Anda, ada makeup yang jauh lebih powerful daripada riasan wajah? Alkitab merekomendasikan agar “riasan” ini ada dalam diri seorang wanita. Bukan hanya membuat orang lain tertarik, makeup yang satu ini juga menjadi kekuatannya, yang membuat ia layak dihormati dan berkenan di hadapan Tuhan.

Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah. – 1 Petrus 3:3-4

Lalu, bagaimana caranya memiliki riasan batiniah seperti ini?

1. Rendah Hati

makeup - gkdi 1

Marilyn Monroe mengatakan, “A smile is the best makeup any girl can wear.” Senyum adalah riasan terbaik seorang wanita. Namun, Alkitab meletakkan standar yang jauh lebih tinggi.

Secantik-cantiknya dan sehebat-hebatnya seorang wanita, jika ia menjadi sombong, tentu ia tidak akan disukai. Kerendahan hati adalah makeup istimewa yang tidak bergantung pada merek produk atau usia pemakainya.

Apakah Anda seorang wanita yang rendah hati? Inilah ciri-cirinya:

  • mau menerima masukan dan tidak marah ketika ditegur
  • mudah mengakui kesalahan
  • mau meminta maaf terlebih dahulu, meskipun itu bukan salah Anda
  • mau menyapa orang terlebih dahulu
  • ingin berubah menjadi orang yang lebih baik
  • tidak memandang rendah orang lain
  • memperlakukan orang lain dengan baik, apa pun status sosialnya
  • menyadari bahwa kekuatannya hanya ada di dalam Tuhan

Kerendahan hati seorang wanita bukanlah semata-mata soal bersikap baik kepada sesama, melainkan adanya kesadaran bahwa kekuatannya berasal dari Tuhan. Ia tidak mengambil penghargaan (taking credit) dari setiap hal yang sanggup ia lakukan. Sebaliknya, ia mengakui bahwa di balik semua keberhasilannya, ada kuasa Tuhan yang bekerja. Ia mengerti bahwa kesanggupannya adalah pekerjaan Allah (2 Korintus 3:5).

Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu. – Yakobus 4:10

2. Rajin

makeup- gkdi 2

Bayangkan, suatu hari Anda bertemu dengan seorang pria yang tampan dan berpenampilan menarik. Anda pun jatuh cinta pada pandangan pertama. Namun, setelah mengenalnya lebih dekat, Anda melihat bahwa pria ini pemalas. Ia tidak mau bekerja, atau pekerjaannya tidak membuahkan hasil akibat kemalasannya. Akankah Anda tetap jatuh cinta atau mengidolakan pria ini?

Jika Anda bukan bucin (budak cinta), tentunya Anda akan menjawab, “Tidak.” Begitu pula sebaliknya dengan diri Anda. Menggunakan the power of makeup (bedak, eyeshadow, eyeliner, lipstik, dan lain-lain), Anda dapat memikat mata orang lain. Namun, kalau Anda tidak rajin alias pemalas, kecantikan lahiriah Anda akan luntur seketika.

Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. – Amsal 31:27  

Mari kita bertumbuh menjadi wanita yang rajin, karena itu adalah riasan berharga yang membuat kita dihormati oleh orang lain.

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? “Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring”–maka datanglah kemiskinan kepadamu seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.

– Amsal 6:6-11

3. Takut akan Tuhan

makeup - gkdi 3

Amsal 31 mencantumkan kriteria seorang wanita yang pantas menjadi istri raja. Jelas, kualitasnya tidak sembarangan. Daftarnya membuat saya begitu terinspirasi. Inilah karakter-karakter seorang wanita yang ingin saya miliki. Ia kuat, rajin, bertanggung jawab, suka memberi dan berbuat baik, mandiri, serta memiliki perencanaan yang baik.

Akan tetapi, di atas semua itu, perikop ini ditutup dengan sebuah ayat tentang hal terpenting yang perlu dimiliki seorang wanita.

Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji. Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang! – Amsal 31:30-31

Semua karakter yang disebutkan dalam Amsal 31 memang luar biasa. Namun, seorang wanita yang takut akan Tuhan pastilah memiliki semua karakter itu.

Takut akan Tuhan bukanlah sekadar percaya kepada-Nya, melainkan juga:

Mari tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya seorang yang takut akan Tuhan?” Jika belum, tidak apa-apa. Belum terlambat. Gunakan kesempatan yang ada untuk mempelajari firman Tuhan. Ambillah keputusan untuk menjadi orang yang takut akan Tuhan. Tak hanya menjadi makeup terbaik Anda, hal ini juga harta karun, sumber kehidupan, serta sumber berkat bagi hidup Anda.

Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion. – Yesaya 33:6 

Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut. – Amsal 14:27 

Bahwasanya demikianpun diberkati akan orang yang takut akan Tuhan. – Mazmur 128:4 (TL)

Makeup dapat mempercantik seorang wanita secara fisik. Namun, makeup sejati adalah karakter yang baik, yang menjadikan wanita cantik luar-dalam. Kerendahan hati dan sikap rajin adalah beberapa di antaranya, tetapi riasan terbaik kita adalah sikap takut akan Tuhan. Dengan memilikinya, segala karakter yang baik akan mengikuti. So, girls, are you ready to wear this kind of makeup?

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia. Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), Diskusi Alkitab, membutuhkan bantuan konseling, ingin mengikuti ibadah minggu atau kegiatan gereja lainnya, silahkan mengisi form di bawah ini.

Contoh: Setiabudi, Jakarta Selatan

Jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: