Written by Adimin 2:27 pm Devotionals, Bible & Character, Biblical Talk, Spiritual Life

Rambut Kita dan Kuasa Tuhan – Gereja GKDI

rambut-gereja-gkdi cover

Gereja gkdi lagu

Setiap anggota tubuh Anda diciptakan Tuhan sempurna, termasuk rambut di kepala Anda. Luar biasa bukan?

Rambut memang kecil, tetapi mengagumkan. Ada yang berwarna hitam, pirang, dan merah. Ada yang lurus, bergelombang, dan keriting. Itu semua adalah kuasa Tuhan. Luar biasa sekali kuasa-Nya, bukan?

Melihat semua itu, saya terkagum. Betapa Tuhan menciptakan kita dengan sempurna, begitu detail sesuai rancangan dan kuasa-Nya. Akan tetapi, pernahkah Anda menyangka, ada satu lagi pelajaran penting tentang Allah yang bisa kita ambil dari rambut kita?

Fakta Rambut Manusia

rambut-gereja-gkdi 1

Sebelum itu, mari kita menyelami faktor penting dalam pertumbuhan rambut, yaitu folikel.

Saat masih di dalam kandungan, bayi memiliki 5 juta folikel, dengan 100.000 di antaranya terdapat di kepala. Folikel itu seperti bakal akar tempat tumbuhnya rambut, dan bentuk folikel setiap orang tidak sama. Hal itu yang menyebabkan perbedaan bentuk rambut manusia; Ada yang lurus, bergelombang, keriting, atau kribo. 

Bisa dibayangkan, betapa banyaknya jumlah helai rambut pada setiap manusia, terutama yang tumbuh di bagian kepala.

Ini berarti menghitung jumlah rambut itu mustahil. Atau, kalaupun bisa, perlu waktu yang sangat lama. Coba Anda hitung semua jumlah rambut yang ada di kepala Anda. Bisakah Anda mengira-ngira, berapa jumlahnya?

Beda halnya dengan Tuhan. Saya pernah membaca di Matius 10 : 29-31, Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu.  Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit. 

Bayangkan, Tuhan tahu persis berapa jumlah rambut di kepala kita.

Membaca ayat-ayat itu, pikiran saya tergelitik. Pada awalnya, Tuhan Yesus berbicara bahwa Allah Bapa sangat berkuasa, sehingga Ia tahu nasib burung-burung pipit yang dijual murah, sampai jumlah rambut di kepala kita.

Saya berpikir, apa artinya perkataan Yesus itu? Apa maksud dan nilai-nilai yang bisa kita pelajari dari ayat di atas? 

Dari Rambut, Allah sungguh Mahakuasa

rambut-gereja-gkdi 2

Jika Tuhan tahu segalanya, termasuk jumlah rambut,  ini hanya berarti satu hal: Dia adalah Tuhan yang luar biasa. Dia adalah Tuhan yang berkuasa atas segalanya. Dia adalah Tuhan yang Maha Kuasa.

Seperti tertulis di Mazmur 147:5 yang berkata,  Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga. 

Dari sini kita tahu, mengukur kemampuan Tuhan sungguh mustahil. Kekuatan dan kebijaksanaan Tuhan adalah tidak terhingga, tak terselami oleh manusia.

Bisakah Anda bayangkan, siapa yang memiliki hikmat dan kekuasaan untuk membuat rambut tumbuh di tubuh Anda? Siapa yang begitu berkuasanya seperti itu? Tidak lain adalah Tuhan kita, Allah Bapa di surga.

Jika Allah sanggup mengerjakan hal-hal yang luar biasa seperti itu, tentu Anda dapat percaya bahwa Allah yang sama sanggup menjaga hidup Anda.

Jangan Takut dan Khawatir akan Hidup, Tuhan Besertamu

rambut-gereja-gkdi 3

Jika Tuhan kita adalah Tuhan yang berkuasa atas segalanya, adakah hal yang perlu kita takutkan?

Memang, wajar jika kita memiliki ketakutan dan khawatir akan hidup ini. Hidup memang tidak selalu mudah. Jalan tidak akan selalu rata, langit tidak akan selalu biru. Akan tetapi, Tuhan akan selalu beserta kita.

Matius 10 : 31 : Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga daripada banyak burung pipit. 

Lihatlah burung pipit di alam. Adakah yang memeliharanya? Adakah yang khusus memberinya makan? Ada, yaitu Bapa sendiri. Jika demikian Allah menjaga burung-burung pipit, betapa lebihnya Ia akan menjaga Anda.

Namun, boleh jadi Anda berpikir: “Saya masih merasa khawatir, saya masih takut.” Rasa takut dan khawatir itu ada baiknya. Anda dapat mengantisipasi semua hal dalam hidup ini, sehingga Anda terpacu untuk melakukan yang terbaik. Hanya, sudahkah Anda menyerahkan ketakutan dan kekhawatiran itu kepada Tuhan, dan mulai mengambil langkah?

Jika Tuhan sudah berjanji memelihara Anda, tentu Anda takkan membiarkan ketakutan menguasai Anda.

Kita Ada dalam Naungan-Nya

rambut-gereja-gkdi 4

Kalau Tuhan memperhatikan dan sanggup menghitung jumlah rambut di kepala, adakah hal yang perlu dikhawatirkan di dalam-Nya ? Kita bisa meletakkan rasa aman ke dalam tangan dan kuasa Bapa di surga. 

Jangan pernah ragu bahwa kita ada dalam naungan Tuhan yang Maha Kuasa! Jika Tuhan tahu betul detil di tubuh kita, Dia juga tahu apa yang terbaik bagi kita. 

Mungkin kita merasa putus asa akan hidup. Atau merasa diri tidak sempurna, dan khawatir akan masa depan. Namun, itu tidak mengurangi kuasa Tuhan. Ingatlah ada Tuhan yang berkuasa. Ada Tuhan yang mampu memahami dan mengerti kita seluruhnya. 

Amin

Referensi :  https://hellosehat.com>penyakit-kulit
https://www.healthline.com/health/how-many-hairs-on-a-human-head#per-square-inch

– 

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 244 times, 1 visits today)

Last modified: Jun 24

Close