Written by Gery 7:37 am Biblical Talk, Character, Devotionals, Self Development, Spiritual Life, Uncategorized

Khotbah untuk Anak Muda Jaman Sekarang: Gunakan Talentamu!

anak muda - gereja gkdi - cover

Bagi anak muda, pencapaian atau keberhasilan sering menjadi fokus hidup mereka. Mereka mau melakukan hal-hal yang besar, bermimpi besar, atau melakukan perubahan. 

Untuk mencapai hal-hal itu, mereka pun dengan tekun memakai dan mengembangkan talenta mereka. Tentu tidak salah, karena Tuhan memberikan talenta kepada kita semua. Pula, Ia mau agar kita mengembangkan talenta itu.

Namun, bagi Tuhan, bukanlah pencapaian atau sukses yang penting. Tuhan melihat seberapa jauh talenta yang Ia berikan kita gunakan untuk kemuliaan-Nya.

Khotbah untuk Anak Muda Jaman Sekarang: Anak Muda Vs. Talenta

Yakobus 1:17 (BIMK) berkata, “Setiap pemberian yang baik dan hadiah yang sempurna datangnya dari surga, diturunkan oleh Allah, Pencipta segala terang di langit.” Allah memberikan segala yang baik dan indah kepada kita – termasuk talenta.

Pertanyaannya, sudah sejauh mana kita mengerjakan talenta kita?

Jika pertanyaan ini diperhadapkan kepada kita, kira-kira apa yang menjadi jawaban kita? Apakah kita akan balik bertanya karena kita belum yakin tentang talenta itu sendiri?

Tentu saja, menjawab pertanyaan itu tidak mudah. Bagi sebagian orang, butuh waktu panjang untuk menyadari apa yang Tuhan berikan buat mereka. Bagi sebagian orang lain, mungkin tidak selama itu.

Akan tetapi, yang juga penting selain menyadari karunia Tuhan, adalah mengerjakan karunia Tuhan itu.

Mengapa Mengerjakan Talenta?

anak muda - gereja gkdi - 1

Inilah yang dikhotbahkan oleh Ps. Charles Setiawan dalam khotbahnya yang berjudul “Entrusted: Time, Talent.”

Khotbah Kristen yang membahas tentang talenta ini memberikan jawaban dan panduan bagi para anak muda. Khotbah ini menekankan bahwa selain mengenali talenta, kita juga perlu mulai mengerjakannya.

Mengapa? Karena Tuhan ingin agar kita mengerjakan, mengembangkan karunia-Nya atas kita. Kita kenal perumpamaan tentang talenta di Matius 25. Ada hamba yang diberi 5 talenta, 3 talenta, dan 1 talenta. 

Yang mendapat 5 dan 3 mengerjakan bagian mereka dan mendapat hasilnya. Tuan hamba itu berkata, “’Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu” (ayat 21 & 23). 

Sebaliknya, yang mendapat 1 mengubur talenta itu dan mendapat hukuman: ‘ Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi” (ayat 30).

Mengembangkan talenta adalah cara kita menunjukkan, bahwa kita mengasihi Allah dan dengan demikian ingin mengembangkan karunia-Nya.

3 Rahasia Mengembangkan Talenta

anak muda - gereja gkdi - 2

Ps. Charles Setiawan dalam khotbah Kristen ini membagikan 3 (tiga) rahasia untuk anak muda, menjadi hamba Tuhan yang setia lewat talenta, yakni:

1. Kenali Talenta Kita

Tiap-tiap orang diberikan talenta menurut kesanggupannya. Kesanggupan ini berbicara tentang kondisi pertumbuhan rohani dan kesiapan hati dari seseorang. Semua hamba Tuhan memiliki talenta, hanya beda di jumlah dan jenisnya (lihat lagi Matius 25:14-30).

Namun, perlu dicatat bahwa kita tidak perlu membanding-bandingkan talenta kita dengan orang lain, karena talenta bukan untuk kompetisi. Tuhan telah memberi talenta dengan cuma-cuma, jadi berikanlah dengan murah hati (Lukas 10:8).

2. Pergunakan Talenta Kita

Ada 3 (tiga) jenis talenta yang Tuhan berikan, yakni:

Waktu: Pergunakan waktu yang disediakan Tuhan untuk mengerjakan talenta kita, bukan untuk melakukan yang kita suka namun sia-sia (tidak ada goalnya);

– Kemampuan: Kemampuan masing-masing orang berbeda, ada yang bisa bernyanyi, yang suka mengunjungi jemaat, sebagai pendengar yang baik, dan sebagainya. Kerjakan semua itu, dan bayangkan jika setiap kita murid Yesus mengerjakan kemampuan kita itu; betapa berfungsinya tubuh Kristus itu;

– Uang: Jika Tuhan mempercayakan kita talenta berupa harta, mari berikan untuk memperluas kerajaan Tuhan.

Sebagai anak muda, sudahkah kita menggunakan waktu, kemampuan, dan uang kita untuk kemuliaan Tuhan?

3. Kembangkan Talenta Kita

Dalam proses perjalanan kerohanian kita sebagai murid Yesus, tentu masing-masing berbeda. Kadang, sebagai anak muda, kita bisa berpikir, “Sudah kok, aku sudah kembangkan talentaku.” Namun, apakah proses kita sudah selesai? Bolehkah kita cukup merasa puas dengan keberhasilan kita secara rohani saat ini? Bukankah selalu ada ruang untuk improvement?

Tidak! Selama belum ada suara yang memanggil “Hai hamba-Ku yang setia, masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu”. Artinya, selama kita hidup, kita harus tetap mengembangkan talenta kita.

Adanya perkembangan akan memotivasi kita untuk bertumbuh. Tulis Paulus di 1 Timotius 4:15, “Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu,[…] Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang.”

Hai Anak Muda, Kerjakanlah Bagianmu

Bagi para anak muda, inilah saatnya untuk mengembangkan dan mengerjakan apa yang telah Tuhan berikan. Apakah kemampuan Anda? Dalam hal apa Anda cakap, atau apa yang Anda memiliki panggilan untuk melakukannya? Kejarlah hal-hal tersebut, dan serahkan prosesnya kepada Tuhan

Mari ingat untuk terus bekerja dan mengembangkan bagian yang Tuhan berikan!

Related articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 9,609 times, 76 visits today)

Last modified: Mar 21

Close