Written by Gery 4:32 am Biblical Talk, Character, Devotionals, Lifestyle, Self Development, Spiritual Life, Uncategorized

Khotbah Tentang Motivasi Hidup: 3 Cara Menjadi Dewasa dan Bertumbuh

khotbah tentang motivasi hidup - gereja gkdi - cover

Sedang mencari khotbah tentang motivasi hidup? Di sini tempatnya.

Banyak orang mencari motivasi untuk membuat dirinya feel good, agar mereka merasa baik. Baik akan dirinya sendiri, dan baik akan hidup yang mereka jalani.

Namun, bagaimana jika motivasi yang benar adalah membantu kita berubah? Bertumbuh, menjadi makin baik setiap hari?

Khotbah tentang motivasi hidup hendaknya bukan hanya membuat kita merasa baik. Sebaliknya, khotbah itu harus membantu kita untuk bertumbuh.

Khotbah Tentang Motivasi Hidup yang Membuat Dewasa

khotbah tentang motivasi hidup - gereja gkdi - 1

Dalam hal ini, bertumbuh menjadi lebih dewasa; dewasa secara rohani.

Mengapa dewasa rohani? Hanya dengan kedewasaan rohani kita dapat menjadi pengikut Kristus yang sejati. Agar kita bertumbuh, semakin matang dalam pengenalan kita akan Allah dan hidup kita (Efesus 4:15, Kolose 1:10).

Misalnya, cara kita memahami firman Tuhan. Yang baik adalah kita semakin memahami isi Alkitab, sehingga kita memahami apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Sehingga, karakter kita juga semakin diperbarui dan berubah. 

Inilah yang hendak disampaikan oleh Ps. Robert Nadeak dalam khotbahnya, Mature Through Process. Bukan sekadar khotbah tentang motivasi hidup biasa, tetapi sebuah panggilan bagi kita untuk menjadi dewasa.

Bertumbuh dalam Proses, Bagaimana?

khotbah tentang motivasi hidup - gereja gkdi - 2

Ps. Robert Nadeak mengajarkan kepada kita bahwa kedewasaan rohani hanya dapat dicapai melalui proses. Ya, bertumbuh dewasa banyak prosesnya. Demikian juga dalam pertumbuhan rohani. Iman yang bertumbuh adalah iman yang diuji (Yakobus 1:2-3). 

Tentu kita semua tidak suka dengan proses. Proses seringkali menyakitkan, tidak nyaman, membuat kita berhadapan dengan semua yang buruk dalam diri kita.

Akan tetapi, itulah cara Tuhan membuat kita bertumbuh. Firman Tuhan dalam Yesaya 48:10, “Sesungguhnya, Aku telah memurnikan engkau, namun bukan seperti perak, tetapi Aku telah menguji engkau dalam dapur kesengsaraan.” 

Sungguh khotbah tentang motivasi hidup yang tidak biasa. Bagaimana caranya, kita bertumbuh melalui proses?

1. Being Mature through Test

Biasanya kita berpikir, ada tantangan, Tuhan tidak menyertai. Kalau hidup kita susah, Tuhan tidak sayang pada kita. Akan tetapi, benarkah demikian? Padahal yang sebenarnya, Tuhan membentuk kita melalui tantangan.

1 Petrus 1:6-7 berkata, bahwa pencobaan dan tantangan menghasilkan iman yang murni. Jadi, jika kita mau iman kita bertumbuh, kita harus siap diuji.

Poin penting pertama yang harus kita ingat dalam khotbah tentang motivasi hidup ini adalah: menjadi dewasa karena ujian. Ujian bukan untuk menjatuhkan, tetapi mendewasakan. Siapkah kita melewati ujian dan masalah, sehingga kita dapat dewasa?

2. Being Mature through Weakness

Memahami kelemahan adalah tanda kedewasaan. Ketika kita mengetahui kelemahan kita sendiri, kita lebih mudah mengampuni dan mengasihi orang lain. Pula, kita belajar bahwa kita hidup bukan dengan kekuatan kita sendiri, melainkan karena kuasa Tuhan.

Inilah yang dipelajari Paulus di 2 Korintus 9:10. Meskipun ia memiliki banyak kelemahan, ia tahu Tuhan menguatkannya. Paulus tidak menggunakan kelemahan sebagai alasan. Malah, ia melihat kelemahan sebagai tempat di mana Tuhan bekerja.

Selain itu, mengenali kelemahan juga memudahkan kita untuk bertobat. Kita tahu di mana kita bisa jatuh, sehingga kita tahu kita perlu kuasa Tuhan. Dari sinilah kita mampu mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut.

3. Being Mature by Focusing on Jesus

Khotbah tentang motivasi hidup di dalam Kristus, tentunya berpusat kepada Kristus. Bukan diri kita sendri. Di Yakobus 1:12 dikatakan, berbahagialah mereka yang tahan uji, karena Tuhan akan memberi upahnya. Ketika kita bertumbuh dalam kedewasaan, bertahan dalam pencobaan, kita akan menerima hadiah dari Tuhan kelak.

Ada tiga jenis hadiah yang Tuhan persiapkan: mahkota kehidupan (Yakobus 1:12), mahkota kemuliaan (1 Petrus 5:4), dan mahkota kebenaran (2 Timotius 4:8). Apa yang kita capai di dalam Tuhan tidak akan cemar dan layu.

Inilah hadiah yang Tuhan sediakan jika kita dewasa dalam iman. Hidup kita saat ini, lebih fokus ke Tuhan, atau ke keinginan kita sendiri? Mari kita fokuskan diri kepada Tuhan dan berjuang untuk mendapatkan mahkota abadi itu.

Kedewasaan adalah Hadiah

Khotbah tentang motivasi hidup bukan hanya menyenangkan, tetapi mendidik. Dalam hal ini, kita tahu bahwa kita perlu menjadi dewasa, di dalam Tuhan.

Bertumbuh dewasa dalam iman memang tidak mudah. Butuh proses, butuh usaha, dan banyak pergumulan. Namun, ketika kita menghargai proses sebagai cara Tuhan membentuk kita, bukankah kita dapat bergembira? 

Adanya proses adalah cara Tuhan menjadikan kita bertumbuh. Jadi, ketika masalah demi masalah datang, dan pergumulan terasa berat, ingatlah kebenaran ini. Kita dimurnikan dan ditumbuhkan, sesuai dengan apa yang Tuhan rencanakan.

Related articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 566 times, 4 visits today)

Last modified: May 2

Close