Ingat 3 Hal Ini ketika Ketakutan Meliputi

Gereja gkdi lagu

Apa ketakutan terbesar yang saat ini menghantui Anda? Apakah Anda takut akan masa depan yang tidak jelas, takut bisnis gagal, atau kehilangan pekerjaan? Apakah Anda takut sakit, takut akan berkembangnya varian-varian virus baru, atau takut akan efek pandemi dalam hidup Anda? 

Atau, apakah Anda banyak ketakutan dalam kehidupan pribadi Anda? Seperti, takut sendirian seumur hidup tanpa pasangan? Takut mengalami kegagalan dalam hubungan asmara atau pernikahan Anda?

Namun, tahukah Anda, hal yang paling Anda takutkan adalah sasaran paling empuk bagi iblis untuk menyerang Anda? Semakin kita takut, semakin iblis akan serang Anda sehingga Anda jatuh atau semakin terpuruk dalam ketakutan Anda. 

Rasa takut itu sebenarnya hal yang wajar. Tidak ada satu manusiapun yang hidup tanpa rasa takut. Rasa takut juga adalah respon dari tubuh kita untuk menyelamatkan kita. Bayangkan, jika kita tidak takut ketinggian, tidak takut binatang buas, tidak takut api, mungkin saat ini tubuh kita sedang menderita sebagai konsekuensinya. 

Namun, hidup yang selalu dikuasai ketakutan membuat kita tidak bertumbuh. Setiap kita pasti memiliki alasan yang cukup untuk merasa takut. Jika hal itu terjadi, ingatlah akan beberapa hal ini: 

3 Hal yang Perlu Diingat Ketika Mengalami Ketakutan

1. Kita Memiliki Tuhan yang Kuat dan Berkuasa

ketakutan-gereja-gkdi 1

Dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya Efesus 1:19 

Mungkin ada saatnya dimana Anda merasa lemah, tidak berdaya, dan merasa ada hal-hal yang tidak bisa Anda ubah sesuai keinginan Anda. Bahkan, kita pun sadar bahwa ada hal-hal yang diluar kontrol kita, seperti musibah atau bencana alam. Karena bukan kita pemilik dari dunia dan kehidupan ini. 

Tapi, kita perlu ingat bahwa kita punya Tuhan yang kuat dan berkuasa. Di saat Anda merasa takut, khawatir, dan sedang dalam pergumulan berat, Anda selalu bisa mengandalkan-Nya.

Jika berbicara tentang ketakutan, sesungguhnya setiap pagi saya berangkat kerja, setiap kali itu pula saya dipenuhi dengan ketakutan. Bagaimana tidak? Sekitar jam tiga subuh, saya keluar rumah menuju tempat kerja mengendarai sepeda motor butut. Jalanan masih lengang dan sepi. Hanya sesekali kendaraan yang lewat. Suasana masih gelap. 

FYI, saya berjualan di pasar, sehingga saya keluar rumah pagi-pagi benar, tidak seperti jam orang kantor pada umumnya. Tidak jarang, setiap subuh, sambil berkendara, saya berdoa di dalam hati, meminta perlindungan dan penyertaan-Nya. 

Sadarkah kita, ketika kita dikuasai ketakutan, sesungguhnya kita sedang tidak bisa melihat bahwa Tuhan itu tidak berkuasa. Apa hal yang bisa kita lakukan ketika kita takut? Berdoa. Doakan ketakutan Anda, percaya, dan serahkan kepada tangan Tuhan yang jauh lebih berkuasa. Biarkan Tuhan bekerja dan Tuhan gantikan rasa takut itu dengan damai sejahtera. 

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. Filipi 4:6-7

2. Tuhan Itu Dekat

ketakutan-gereja-gkdi 2

TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan. Mazmur 145:18

Jika Anda berjalan sendirian di tempat yang gelap dan sepi, mungkin Anda akan merasa takut. Tetapi jika Anda berjalan di tempat yang sama, bersama dengan teman-teman Anda, mungkin rasa takut itu akan berkurang.

Kabar baiknya, Anda tidak pernah sendirian. Tuhan itu dekat dengan kita. Tuhan itu dekat, dengan setiap orang yang berseru kepada-Nya. Adalah tipuan iblis jika Anda merasa bahwa Tuhan itu jauh, tidak peduli, atau tidak menyertai Anda. Apakah selama ini, kita membiarkan diri kita ditipu iblis? 

Suatu malam, hujan deras mengguyur. Saat itu saya sedang mengendarai motor menuju ke rumah. Karena hujan dan pandangan saya tertutup mobil di depan, saya tidak menyadari sebuah motor melaju kencang menuju ke arah saya. Seketika, motor tersebut berhenti persis di depan saya dengan bunyi rem yang dipaksakan. 

Ban sepeda motornya beradu dengan motor saya. Saya kaget dan kontan berteriak. Karena panik dan tegang, pengendara tersebut juga membuka helmnya. Namun, detik berikutnya saya menarik nafas lega, menyadari bahwa kita sama-sama tidak terluka sedikitpun maupun terjatuh. 

Dari kejadian itu saya menyadari, bahwa Tuhan itu dekat. Dia menolong dan menyelamatkan saya dari kecelakaan fatal. Tak henti-hentinya saya bersyukur atas penyertaan-Nya. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana keadaan saya jika malam itu, Tuhan tidak meluputkan saya. 

Jika Tuhan dekat dengan Anda, mengapa Anda takut?

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan. Yesaya 41:10

3. Ketakutan dapat Membuat Anda Jatuh dalam Dosa

ketakutan-gereja-gkdi 3

Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: “Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu.” Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: “Aku tidak kenal orang itu.” Dan pada saat itu berkokoklah ayam. Matius 26:73-74

Bukan hanya Anda yang pernah merasakan takut. Para tokoh dalam Alkitab pun pernah ketakutan. Ayat di atas menceritakan ketakutan Petrus ketika Yesus ditangkap. Petrus takut, jika Yesus sendiri ditangkap, apa jadinya dengan pengikut-Nya? Ketika ditanya apakah dia mengenal Yesus, tiga kali Petrus menyangkal-Nya.

Bukan cuma Petrus, Pilatus juga berdosa, dengan menyerahkan Yesus untuk disalib, karena ia takut tidak menyenangkan hati orang banyak ((Markus 15:14-15). Di dalam Perjanjian Lama, Saul membakar korban bakaran karena ia takut akan pasukan bangsa Filistin yang sudah siap menyerang. Ketakutannya membuat ia membakar korban yang seharusnya dibakar oleh imam, yaitu Samuel (1 Samuel 13: 5-12). 

Apa hal yang kita bisa pelajari dari sini? Ketakutan kita dapat membuat kita jatuh ke dalam dosa. Rasa takut adalah hal yang kecil. Namun, jika kita tidak segera mengatasinya, kita dapat jatuh ke dalam dosa. 

Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu; kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? Mazmur 56:3-4

Percayalah kepada Tuhan. Jangan izinkan ketakutan menghantui hidup kita sehingga kita malah berdosa kepada Tuhan. 

Saat Anda takut, ingatlah bahwa kita memiliki Tuhan yang kuat dan berkuasa, Tuhan itu dekat, dan bahwa ketakutan dapat menuntun kita ke dalam dosa. Bahkan rasa takut itu sendiri pun sudah merupakan dosa. Karena itu artinya, kita tidak percaya kepada Tuhan. Berdoa dan percayalah kepada Tuhan. Jangan biarkan ketakutan menguasai, apalagi mengontrol hidup Anda. Semangat! Kita pasti bisa!

– 

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 35 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok:https://link.gkdi.org/tiktok