Bebas dari Kecanduan Merokok dengan 5 Langkah Ini

Apakah Anda seorang perokok? Atau, orang yang Anda sayangi seorang perokok? Anda sudah mencoba berbagai cara tapi tak kunjung berhasil menghentikan kebiasaan ini?

Saya pernah menjadi perokok aktif selama hampir 20 tahun, dan hingga saat ini, sudah enam tahun saya tidak lagi merokok. Namun, saya yang dulu tidak mengenal Tuhan menganggap bahwa merokok adalah hal yang lumrah. Meski tahu rokok berbahaya bagi kesehatan, tidak ada alasan kuat bagi saya untuk berhenti merokok.

Mengapa akhirnya saya berubah pikiran? Apakah merokok itu dosa? Bagaimana cara melepaskan diri dari kecanduan rokok?

Apa Kata Alkitab tentang Merokok?

merokok - gkdi 1

Alkitab tidak pernah menyebutkan secara langsung bahwa merokok itu dosa. Namun, di dalam Alkitab, jelas tercantum bahwa prinsip-prinsip Tuhan tidak sejalan dengan kebiasaan merokok.

Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. – Roma 12:1-2

Firman Tuhan menasihati kita agar mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan kepada allah. Rokok mengandung nikotin dan tar yang secara ilmiah terbukti dapat merusak tubuh. Mengonsumsi zat-zat tersebut dengan sengaja berarti mencemari diri sendiri dengan hal-hal buruk.

Tak hanya berdampak pada kesehatan si perokok, asap rokok juga membahayakan orang-orang di sekitarnya. Ini tentunya bertentangan dengan perintah Tuhan kepada kita untuk mengasihi sesama.

Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini. – Markus 12:31

Jadi, jelaslah bahwa merokok itu DOSA dan tidak patut dilakukan oleh pengikut Kristus. Mungkin Anda melihat ada orang-orang Kristen yang merokok tanpa rasa bersalah. Namun, bukan berarti itu bisa dijadikan pembenaran.

Menyadari bahwa merokok sama dengan berdosa terhadap diri sendiri dan orang lain menjadi titik balik saya untuk benar-benar stop merokok. Kini saya punya cara pandang yang benar tentang merokok. Kendati demikian, sekalipun kita tahu merokok itu dosa, bukan berarti perjuangan kita untuk berhenti lantas menjadi mudah.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk lepas dari kebiasaan merokok.

Tips Berhenti Merokok

1. Tekad yang Kuat

merokok - gkdi 2

Sebab Ezra telah bertekad untuk meneliti Taurat TUHAN dan melakukannya serta mengajar ketetapan dan peraturan di antara orang Israel. – Ezra 7:10

Ezra adalah seorang ahli kitab yang hidup selepas masa pembuangan Babel. Ia ingin mengajarkan Taurat Tuhan kepada umat Israel yang kembali ke Yerusalam. Untuk itu, Ezra bertekad meneliti kitab-kitab Taurat dan menerapkannya. Keteguhan dan iktikadnya yang kuat akhirnya berhasil membawa bangsa Israel kepada pertobatan.

Sebagai langkah awal, Anda harus punya tekad yang kuat. Tekad ini adalah modal yang sangat menentukan keberhasilan langkah Anda selanjutnya. Gali tekad Anda dengan mendeskripsikan secara jelas mengapa Anda harus berhenti merokok. Misalnya:

  • Saya mau bertobat karena merokok itu dosa.
  • Saya ingin hidup lebih sehat.
  • Ingin keluarga terhindar dari bahaya asap rokok.

Tuliskan alasan Anda di tempat-tempat yang mudah dilihat, seperti buku catatan, wallpaper ponsel, atau kartu pajangan, sebagai motivasi penyemangat Anda.

2. Temukan Pemicu dan Putuskan Siklus

merokok - gkdi 3

Seorang perokok punya pola kebiasaan yang mendorongnya untuk merokok pada kesempatan yang sama setiap hari. Anda perlu mencari apa yang memicu pola kebiasaan Anda dan memutuskan siklusnya. Contoh:

    • Saya biasa merokok sembari minum kopi. Tindakan yang bisa diambil: mengopilah sambil baca buku atau menonton agar pikiran Anda teralihkan. Atau, yang lebih ekstrim, puasa kopi selama menjalani program berhenti merokok.
    • Saya merokok sehabis makan.
      Tindakan pencegahan: gosok gigi sehabis makan, kunyah permen karet atau mentol sebagai ganti rokok.
    • Saya merokok ketika stres.
      Tindakan pencegahan: kelola stres Anda dengan tepat, misalnya dengan mendengarkan musik rohani, berolahraga, berkebun, atau mengerjakan hobi.

3. Pergaulan Bebas Rokok

merokok - gkdi 4

Komunitas pergaulan sangat berpengaruh terhadap usaha Anda melepaskan diri dari kecanduan rokok. Anda mungkin sudah berhenti selama seminggu / sebulan / setahun, hingga akhirnya mulai merokok lagi akibat sering berkumpul bersama teman-teman perokok.

Saya pernah membantu seseorang untuk lepas dari kecanduan rokok. Ia mampu untuk tidak merokok dalam waktu panjang, selama berada atau berinteraksi dalam komunitas kami. Namun, ketika bertemu dengan teman-teman mainnya atau saat sendirian, ia kembali merokok. Pola ini terus berulang dan membuktikan betapa besar peran kegiatan dan komunitas rohani bagi keberhasilan Anda menjauhi rokok.

Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. – 1 Korintus 15:33

Bagi Anda yang mulai berhenti merokok dan ingin sepenuhnya lepas dari kecanduan, segeralah bergabung dengan komunitas rohani, seperti kelompok pelayanan atau persekutuan. Libatkan diri Anda dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. Dengan demikian, Anda terdorong untuk memusatkan diri pada hal-hal yang lebih penting, lebih sehat, dan membangun.

4. Libatkan Keluarga dan Sahabat

merokok - gkdi 5

Kenali waktu-waktu rentan ketika Anda tergoda merokok. Setiap kali keinginan itu muncul, sampaikanlah kepada orang yang Anda libatkan untuk membantu agar ia menguatkan Anda. Beri tahu keluarga di rumah bahwa Anda sedang dalam proses berhenti merokok dan minta bantuan mereka untuk mengingatkan Anda. Setelah diingatkan, tentunya Anda tak boleh marah atau diam-diam melanggar karena usaha Anda akan sia-sia.

Selain keluarga, dukungan sahabat juga tak kalah pentingnya. Mintalah beberapa sahabat untuk menjadi mentor Anda, yang senantiasa membimbing, menasihati, dan menjaga Anda. Jika keinginan merokok datang saat sedang sendirian, Anda bisa menelepon mentor Anda untuk mendapatkan arahan dan masukan yang efektif. Manfaat lainnya, Anda dapat belajar dari pengalaman mereka yang sudah bebas dari kecanduan rokok.

5. Libatkan Tuhan dan Pelajari Firman-Nya

merokok - gkdi 6

Barangkali Anda sudah menerapkan poin 1 sampai 4 dengan sempurna, tetapi tetap saja belum lepas dari dosa merokok. Jangan khawatir, masih banyak cara lain untuk berhenti merokok. Carilah informasi lebih banyak melalui internet atau dari orang-orang yang sudah lepas dari kebiasaan ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana saya berhasil melepaskan diri dari kecanduan rokok. Mungkin kisah saya ini dapat membantu Anda.

Saat remaja, saya pernah ketahuan merokok oleh ayah saya, lalu dimarahi dan dihukum. Saya diberi pengertian tentang bahaya rokok, lalu diperintahkan berhenti merokok detik itu juga. Apakah saya berhenti? Tidak.

Setelah berkeluarga, istri saya meminta saya berhenti merokok. Alasannya, selain merusak kesehatan saya, asap rokok juga membahayakan dirinya dan anak-anak kami sebagai perokok pasif. Apakah saya berhenti? Tidak.

Akhirnya, dengan alasan kesehatan, saya mulai berhenti merokok. Saya merasa bangga karena berhasil melakukannya dengan usaha sendiri. Namun, satu tahun kemudian, karena stres, saya kembali merokok.

Sampai akhirnya, ketika mengikuti pendalaman Alkitab, saya memperoleh hikmat bahwa berhenti merokok adalah perintah Tuhan. Puji Tuhan, oleh pendengaran akan firman, saya memutuskan berhenti total hari itu juga, sampai sekarang.

.

Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. – Amsal 9:10

Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat. – 1 Yohanes 5:3

Mendalami firman membantu saya mengasihi Allah dengan menuruti perintah-Nya. Tuhan Yesus telah mengorbankan diri-Nya di kayu salib untuk menebus dosa saya. Dan, saya tidak mau lagi mencemari tubuh dengan nikotin karena tubuh saya adalah bait Allah.

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? – 1 Korintus 6:19

Menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal mudah, tetapi tidak mustahil. Sekalipun Anda jatuh-bangun berkali-kali, tetaplah berjuang. Terus libatkan Tuhan dalam perjuangan Anda, serta berdoa dan berada dalam komunitas yang sehat. Jangan menyerah, dan tetap semangat!

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku. – Filipi 4:13

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Menjadi Orang yang Berkenan di Hati Tuhan

Video inspirasi: