Kasih yang Tulus dan Sejati Hanya Didapat dari Tuhan

gkdi lagu

Tumbuh dalam keluarga, baik yang harmonis maupun tidak, punya suka-dukanya masing-masing. Namun, selalu ada pilihan untuk menyikapi masalah dengan benar, antara lain dengan melihatnya sebagai sarana untuk menempa diri menjadi manusia baru. Inilah pelajaran yang dipelajari oleh Fery, mahasiswa semester tujuh yang tergabung dalam Campus Ministry di Jemaat Pematangsiantar

Terlahir sebagai anak sulung dari lima bersaudara dalam keluarga petani yang sederhana membuat Fery menanggung tanggung jawab yang besar. Namun, apa yang membebaninya bukanlah kondisi ekonomi yang sulit, melainkan hubungan orang tuanya yang tidak harmonis. Selain harus menyaksikan pertengkaran mereka setiap hari, Fery juga kehilangan perhatian dan kasih sayang yang sewajarnya dinikmati anak-anak. Ditambah, sebagai putra tertua, ia harus menjaga dan memimpin adik-adiknya. Cinta keluarga dan kedamaian menjadi hal yang paling sulit ia dapatkan dari keluarganya.

Situasi ini membentuk Fery menjadi orang yang perfeksionis dan berorientasi pada hasil atau pencapaian. Sejak kecil, ia sudah aktif dalam pelayanan gereja, bahkan sering menjurai berbagai perlombaan dalam lingkup keagamaan. Sayang, semuanya itu hanya sebatas kegiatan bertema rohani, karena ia tidak mengenal Tuhan dengan dalam. 

Meskipun penasaran dengan Alkitab, bahkan sering bertanya kepada orang tuanya apa kegunaan firman Tuhan, Fery tidak pernah mendapatkan jawaban. Di bangku kuliah, ia mencari Tuhan lewat organisasi atau komunitas rohani. Ia ingin memperkuat imannya dan mengetahui cara menjalani kehidupan keluarga yang benar. Namun, tak satu pun bisa membantunya secara intens untuk mengenal Tuhan. 

Memasuki semester lima, konflik orang tuanya semakin memanas hingga mereka berpisah. Hidup Fery menjadi kacau. Dalam keadaan bingung dan stres, ia berdoa agar Tuhan membantunya dalam menghadapi setiap pergumulannya

Tuhan pun menjawab doanya. Fery dipertemukan dengan seorang sister yang pernah menjadi kakak pembimbingnya di komunitas lamanya di kampus. Sister ini banyak berdoa agar Fery bisa mengikuti Bible Study dan dibantu dalam melewati tantangan hidupnya saat ini. 

Akhirnya, Fery pun belajar Alkitab. Ia pun terkagum-kagum dengan Tuhan, karena pengenalannya akan Tuhan telah mengubah pola pikirnya dalam memandang masalah. Meski demikian, periode Bible Study bukanlah masa yang mudah baginya. Fery harus mengampuni kedua orang tuanya di tengah situasi di mana mereka masih tetap bertahan dengan ego masing masing. Namun, ia tak menyerah dan terus berjuang menghidupi firman yang sudah ia kenal. 

Dukungan jemaat melalui nasihat, bimbingan, dan firman yang dibagikan sangat membantu Fery melewati setiap tahap pertobatannya. Dari orang yang merasa miskin kasih sayang, ia bertumbuh menjadi pribadi yang merasa sangat disayang oleh Tuhan. 

Tanggal 28 Februari 2020, Fery dibaptis. Ia bersyukur telah dipilih menjadi murid Yesus, dan mengerti bahwa keselamatan itu harus dipelihara dengan baik melalui perjuangan untuk hidup murni. Hari ini ia punya prinsip bahwa kehidupan murid itu sangat seru. Kendati tak luput dari masalah, ia dapat melihatnya sebagai alat untuk menguji diri dalam usahanya untuk keluar dari hidupnya sebagai manusia lama. Hal ini akan terus berlangsung sampai imannya benar-benar kokoh dan kuat, hingga pada akhirnya, ia menjadi semakin mirip Kristus

Hikmat Tuhan memampukan Fery untuk menjadi orang yang rendah hati dalam menghadapi setiap masalah, khususnya keluarganya. Ia belajar menempatkan dirinya sebagai sahabat bagi kedua orang tuanya, menjadi tempat bercerita dan bertukar pikiran bagi mereka. Untuk adik-adiknya, Fery memposisikan diri sebagai orang tua yang memberikan kasih sayang, menggantikan sementara kasih sayang orang tua mereka. 

“Saya sangat bersyukur atas kasih Tuhan yang saya terima hingga saat ini,” ujar Fery. “Karena, kasih yang tulus dan sejati hanya kita dapatkan di dalam Tuhan.”

To God be the glory!

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat di dalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: