Written by Gery 12:00 am Devotionals, Biblical Talk, Lifestyle, Spiritual Life

Kado Natal Terbaik Sepanjang Masa

kado natal-gereja-gkdi cover

Gereja gkdi lagu

Sudah mendapat kado natal? Jika ya, Anda termasuk orang yang beruntung. Jika tidak, tidak perlu berkecil hati. Hal itu bukan berarti orang-orang di sekitar Anda, tidak mengasihi Anda.

Akhir tahun memang musimnya menerima (juga memberi) hadiah. Jika Anda menjadi seorang yang menerima kado atau hadiah, tentu Anda akan senang. Perkara hadiahnya apa, itu urusan belakangan. Menerima hadiah memberikan rasa sukacita, yang menunjukkan bahwa seseorang peduli kepada Anda. 

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa memberi ternyata jauh lebih membahagiakan daripada menerima? Dua penelitian membuktikan hal ini. Memberi mengaktifkan hormon oxytocin, dopamine, dan endorphine, yang menjadikan kita merasa bahagia dan puas. Memang, dengan memberi harus ada yang dikorbankan, namun ketika Anda membahagiakan seseorang, tidakkah Anda sendiri merasa bahagia?

Pemberian Terbaik dan Terindah

kado natal-gereja-gkdi 1

Memberi itu satu hal. Menentukan apa yang mau diberi, itu lain lagi. Urusan kado natal saja bisa begitu rumit. Mulai dari siapa saja yang mau kita kasih, menentukan budget, sampai memilih hadiah. Namun tahukah Anda, sebenarnya ada satu kado Natal yang terbaik yang sangat dibutuhkan setiap orang? Dan juga, kado ini, tidak musiman. Anda bisa berikan kado ini kapan saja. 

Bukan cuma itu, kado yang Anda berikan ini jauh lebih berharga dari semua hadiah materi apapun. Tidak salah memberi hadiah materi, akan tetapi kado Natal kali ini akan jauh lebih berharga dari kado apapun. Ketika Anda berikan hadiah ini, Anda akan merasakan sukacita yang luar biasa. 

Kado apakah itu? Hidup Anda.

Menjadikan Hidup Anda sebagai Kado Natal

kado natal-gereja-gkdi 2

Ok. Mungkin Anda bingung. Hidup saya sebagai hadiah? Bagaimana ceritanya?

Mari kita mulai dari Roma 12:1. Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 

Di sini, Paulus sedang memberi petunjuk kepada jemaat tentang bagaimana mereka dapat hidup sesudah menerima anugerah keselamatan Allah.

Namun, apa maksudnya ‘mempersembahkan tubuh sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan kepada Allah?’ Paulus di sini menggunakan persembahan Yahudi sebagai perbandingan. Ketika orang Yahudi hendak mempersembahkan korban, haruslah yang terbaik, tidak ada cacatnya, dan menyenangkan Allah.

Inilah maksud Paulus: hidup yang tidak bercacat cela itulah hidup yang harus dipersembahkan kepada Allah. Hidup yang taat Firman Tuhan, mengasihi Tuhan dan sesama, itulah kado natal terbaik yang bisa Anda berikan. Dan hal ini jugalah yang Tuhan mau, yaitu memberikan hidup kita untuk mengasihi Tuhan dan sesama dengan sepenuh hati. 

Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”  Matius 22:37-40

Indah, ‘kan? Ketika Anda bisa memberi hidup dengan cara menunjukkan kasih, menguatkan yang lemah, memberi kepada yang berkekurangan, menjadi anak, orang tua, dan sahabat yang baik? Ketika Anda memberi hidup Anda bagi orang lain, Anda juga sedang mengubah dunia. Dunia dapat melihat Yesus dalam hidup Anda. Dan hidup Anda pun menjadi berkat bagi mereka.

Hadiah Jangka Panjang

kado natal-gereja-gkdi 3

Tidak ada salahnya memberi kado Natal kepada orang-orang yang Anda kasihi. Tentu itu baik. Mereka pun akan senang menerimanya, apalagi jika yang Anda berikan sesuai kebutuhan mereka. Namun, rata-rata hadiah akan terlupakan seiring berjalannya waktu. Jika Anda memberikan hidup Anda sebagai hadiah, efeknya pun juga akan terasa.

Hubungan yang baik akan terjalin. Mereka juga bisa terinspirasi dari hidup Anda dan berubah. Anda juga akan dikasihi Tuhan dan sesama. Dan yang paling penting, Tuhan pun juga pasti akan berkenan kepada Anda. 

Hidup Anda adalah hadiah terbaik sepanjang masa, bukan hanya di momen Natal ini, tetapi sepanjang masa. Mari kita senantiasa memberikan kado terbaik kepada Tuhan dan sesama, yaitu hidup kita. Merry Christmas! Tuhan Yesus memberkati.

Referensi:
www.firstthings.org/why-giving-makes-you-happy
www.greatergood.berkeley.edu/article/item/5_ways_giving_is_good_for_you          

– 

Related Articles:

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

 

(Visited 662 times, 1 visits today)

Last modified: Dec 28

Close