Written by 9:52 am Devotionals, Days of Prayer, Reading Series

Hari ke-9: 31 Hari Dalam Doa

Hari ke-9: 31 Hari Dalam Doa

 

Ayat:

Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah. (Kol 4:12 – TB)

Renungan:

Sedikit yang diketahui tentang Epafras. Apa yang saya anggap menarik dari Epafras adalah apa yang Paulus katakan untuk gereja di Kolose. Paulus menulis bahwa “dia yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu.” Kata yang diterjemahkan sebagai “bergumul” adalah ἀγωνίζομαι, yang berarti berusaha dengan semangat yang kuat. Dalam perspektif saya, ini bisa dibayangkan seperti atlet dalam olahraga mereka. Mereka melatih tubuh mereka hingga batas kekuatan dan berusaha dengan segala yang mereka miliki untuk mencapai kemenangan. Ini adalah jenis doa yang Epafras sedang doakan kepada Tuhan. Dia “selalu” berdoa dengan semangat semacam ini untuk gereja sehingga mereka dapat berdiri teguh.
Sebagian besar doa saya berpusat pada diri saya sendiri. Saya berdoa agar Tuhan dapat menggunakan saya tiap hari. Saya berdoa agar perjalanan saya bersama Tuhan bertumbuh lebih dalam. Saya berdoa untuk situasi sulit yang saya hadapi. Ini adalah hal-hal penting untuk didoakan, tetapi saya telah membatasi kehidupan doa saya ketika saya hanya berdoa untuk diri saya sendiri. Epafras berdoa dengan semangat untuk saudara-saudaranya dalam iman. Kapan terakhir kali doa Anda untuk orang lain dapat digambarkan sebagai upaya dengan semangat seperti Epafras? Ini adalah panggilan untuk kita bangun kembali dan menantang bagi kita semua. Yakobus 5 memerintahkan kita untuk saling mendoakan agar kita dapat disembuhkan. Sebagai orang Kristen, kita harus saling mendoakan.

Tantangan:

Luangkan waktu dalam doa Anda kepada Tuhan untuk berdoa bagi para Kristen di sekitar Anda. Berdoalah dengan semangat yang diucapkan Epafras. Ikutilah teladannya dan curahkanlah hatimu kepada Tuhan untuk saudara-saudarimu di dalam Kristus.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 9” oleh Jonathan Drabot

(Visited 11 times, 1 visits today)

Last modified: Aug 23

Close