Written by 8:24 am Devotionals, Days of Prayer, Reading Series

Hari ke-4: 31 Hari Dalam Doa

Hari ke-4: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Lalu kata Maria: “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juru selamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia… (Luk 1:46-48 – TB)

Renungan:

Saya suka pasal pertama kitab Lukas, karena kita belajar banyak tentang karakter Maria, ibu Yesus. Ketika malaikat Gabriel pertama kali muncul kepada Maria untuk memberi tahu dia tentang rencana Allah baginya, dia menyatakan bahwa “sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil” (Lukas 1:47). Kita tahu bahwa Maria dengan sepenuh hati mempercayai pernyataan Gabriel karena di pasal ini, Elizabeth memberkati Maria dengan mengatakan “dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana” (Lukas 1:45).
Meskipun Maria masih muda, dia menjawab dengan iman, sepenuhnya mempercayai Firman Tuhan, meskipun apa yang terjadi padanya jauh di luar nalar manusia. Tidak hanya itu, tetapi dia tidak membiarkan dirinya sendiri diliputi keraguan dan ketakutan akan tantangan yang akan datang (dianggap sebagai seorang yang hamil di luar nikah, tanggung jawab membesarkan Yesus, dll). Sebaliknya, Maria dipenuhi dengan rasa syukur dan kagum. Ini jelas dalam nyanyian pujian Maria kepada Tuhan yang ditulis dalam Lukas 1:46-55. Melalui doa ini, kita melihat Maria memilih untuk memikirkan kebaikan Tuhan. Dia memutuskan untuk sepenuh hati mempercayai janji-janjiNya, yang mengisi dia dengan rasa syukur atas rencana keselamatan Allah dan kesempatannya untuk memainkan peran dalam menyelamatkan umat manusia.

Tantangan:

Meskipun tidak satupun dari kita yang secara fisik melahirkan Yesus, kita mendapatkan kesempatan setiap hari untuk memainkan peran dalam menyelamatkan umat manusia dan menyebarkan pesan Kristus kepada dunia. Kita dapat menemukan kebahagiaan dalam hal ini ketika kita memilih untuk merenungkan, sepenuhnya percaya, dan bersyukur kepada Tuhan atas janji-janjiNya dan peran yang telah Dia pilih untuk kita.
Hari ini bacalah nyanyian Maria dan lihat bagaimana dia memilih untuk memuji Tuhan. Dan memujinya atas kesempatan yang Dia berikan kepadanya. Berdoalah dengan nyanyian Anda sendiri kepada Tuhan, dengan fokus pada beberapa janji favorit Anda untuk Anda. Bagi saya, tulisan suci seperti 2 Korintus 5:21 yang menyatakan, “supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah” dan 1 Korintus 15: 50-57 yang menggambarkan kebangkitan kita adalah bagian dari nyanyian saya kepada Allah. Berdoa melalui janji-janji ini memperdalam keyakinan saya kepada mereka, memungkinkan saya untuk memuji Tuhan, dan mengisi saya dengan rasa syukur untuk siapa saya di dalam Kristus. Lakukan hal yang sama hari ini dan dipenuhi dengan kedamaian dan sukacita yang sama seperti yang dialami Maria meskipun ada keraguan, ketakutan, atau tantangan yang mungkin akan dihadapi Anda.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 4” oleh Courtney Fink

(Visited 43 times, 1 visits today)

Last modified: Aug 23

Close