Written by 8:23 am Devotionals, Days of Prayer, Reading Series

Hari ke-3: 31 Hari Dalam Doa

Hari ke-3: 31 Hari Dalam Doa.

Ayat:

Karena itu, setelah aku mendengar tentang imanmu dalam Tuhan Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu. Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku, dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya (Ef 1:15-19 – TB)

Renungan:

Banyak hal yang kita bisa pelajari dari ayat ini. Paulus telah berdoa bagi gereja di Efesus sejak ia mendengar tentang iman mereka. Orang atau kelompok mana yang telah Anda doakan untuk secara konsisten? Apakah Anda tahu tentang iman orang-orang yang dekat dalam hidup Anda?
Bagi saya, berdoa bagi orang lain juga merupakan panggilan untuk mengenal orang lebih dekat. Dapatkah saya berdoa untuk seseorang yang saya tidak tahu apa-apa darinya? Tentu saya bisa. Dan kita harus melakukannya. Tetapi seberapa lebih spesifik saya dapat berdoa bagi orang yang punya kebutuhan dan saya menaruh perhatian disana? Jenis doa seperti ini mengharuskan kita untuk mengetahui iman orang itu dan memiliki iman bahwa doa kita dapat menguatkan mereka.
Paulus selalu meminta kepada Allah untuk memberikan Roh hikmat dan wahyu kepada jemaat di Efesus. Konsistensi doa-doa kita untuk orang lain dapat membantu dalam membentuk mereka menjadi seperti Kristus dan bagaimana mereka bertumbuh dalam kuasa Roh.
Paulus berdoa agar Tuhan “menjadikan mata hatimu terang“. Ini adalah doa yang termasyhur. Kita bisa berdoa agar orang lain tahu harapan Tuhan. Kita dapat berdoa ini untuk orang-orang Kristen dan orang yang belum percaya.
Kita harus yakin bahwa doa kita dapat mengubah hati kita sendiri dan hati orang lain.
Tantangan:
Hari ini, pilih lima orang yang akan Anda hubungi untuk berdoa bagi kebutuhan khusus mereka. Katakan kepada mereka bahwa Anda ingin mulai berdoa bagi mereka, tetapi Anda tidak yakin doa apa yang mungkin mereka butuhkan. Undang mereka untuk berbagi hati mereka dengan Anda, dan minta agar mereka menjadi terbuka. Anda mungkin memutuskan untuk menanyakan lima orang yang dekat dengan Anda, atau lima orang yang tidak Anda kenal baik. Mereka mungkin orang Kristen atau mungkin seseorang yang belum percaya pada Tuhan. Anda mungkin mengirim pesan atau menelepon mereka. Doa Anda sangat berkuasa dan seringkali seseorang terangkat melampaui apa yang dapat dilihat dengan mata telanjang kita, ketika mereka diberitahu bahwa seseorang sedang berdoa untuk mereka. Biarkan tantangan ini untuk terus membentuk kehidupan doa Anda dan berikan kesempatan untuk juga membentuk hubungan yang lebih baru dan lebih mendalam antara Anda dan orang-orang yang Anda putuskan untuk doakan.
Mungkin tantangan ini akan menjadi langkah pertama pada seseorang yang dekat dengan Anda memberikan hidupnya kepada Tuhan. Kita tidak pernah tahu apa yang mungkin Tuhan putuskan untuk lakukan melalui doa kita.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 3” oleh Daniel Berk

(Visited 31 times, 1 visits today)

Last modified: Aug 23

Close