Hari ke-29: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu, seperti yang diperintahkan kepadaku oleh TUHAN, Allahku, supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya. Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaanmu dan akal budimu di mata bangsa-bangsa yang pada waktu mendengar segala ketetapan ini akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi. Sebab bangsa besar manakah yang mempunyai allah yang demikian dekat kepadanya seperti TUHAN, Allah kita, setiap kali kita memanggil kepada-Nya? Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan demikian adil seperti seluruh hukum ini, yang kubentangkan kepadamu pada hari ini? Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu… (Ulangan 4:5-9 – TB)

 

Renungan:

Betapa cepat saya melupakan karunia yang Tuhan telah berikan kepada kita melalui doa! Sekarang hentikan dan pikirkan tentang ini – pencipta alam semesta, penulis dan penyempurna iman, DIA yang terhebat, Alpha dan Omega (awal dan akhir), Dia yang punya kuasa membangkitkan manusia dari kematian, dan Dia yang mempunyai hikmat, dan detil ketika merajut kamu di dalam kandungan Ibumu – Tuhan INI yang membuat diriNya dapat kita jangkau melalui doa-doa. 24 jam sehari; tujuh hari seminggu; 52 minggu setahun. Tidak ada bangsa lain, agama, atau manusia yang begitu hebat untuk memiliki Tuhan di dekat mereka seperti Tuhan dan Kristus ada di dekat kita setiap kali kita datang kepadaNYa! Dan lebih dari itu semua, Dia memberikan kepada kita kebenaran dan hukum yang sempurna untuk membimbing kita! Hadiah yang sungguh luar biasa!
Tetapi sama seperti Musa mengingatkan bangsa Israel dalam bagian ini, kita harus tidak boleh melupakan bagaimana Tuhan bekerja dalam hidup kita, atau membiarkan itu terlepas dari hati kita selama kita hidup!

Tantangan:

Sama seperti bangsa Israel diberitahukan untuk mengingat apa yang sudah Tuhan berikan untuk mereka, seperti mengantarkan mereka keluar dari tangan Firaun atau memberikan mereka manna dari langit, ambil waktu hari ini untuk mengingat semua yang Tuhan telah berikan kepadamu. Tuliskan daftar spesifik dari cara kamu melihat Tuhan bekerja dan melihat kasihNya. Itu bisa saja sesuatu yang “kecil” seperti lancarnya lalu lintas di hari itu ketika kamu terlambat, atau “besar” seperti Tuhan membereskan semua rintangan ketika kamu lulus dari kelas, mendapat pekerjaan, atau pindah ke tempat baru. Setelah menulis itu semua, berdoa kepada Tuhan untuk berterima kasih kepadaNya atas apa yang Dia lakukan, dan puji Dia yang mengizinkan kita dekat padaNya setiap hari. Dan akhirnya, ambil waktu dalam beberapa hal di hari anda untuk membagikan daftar ini dengan orang lain. Beritahukan kepada mereka bagaimana kamu melihat Tuhan bekerja di dalam hidupmu!

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 29” oleh Kiara Yeatman