Hari ke-28: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. (Matius 5:43-45 – TB)

Renungan:

Siapakah musuhmu? Terlihat sangat mudah untuk mengetahui beberapa musuh di dunia dalam bentuk organisasi, kelompok penebar kebencian, politisi. Tetapi apabila anda seperti saya – bekerja dari pukul 9 sampai 5 di sebuah perusahaan di Amerika – anda mungkin merasa sulit dalam melabelkan setiap orang yang anda temui setiap hari dengan kondisi seperti itu. Tidak ada seorang pun yang menyiksa saya saat bekerja; saya tidak terlibat dalam konfrontasi apapun. Tetapi siapa musuhnya Tuhan? Kamus Strong’s Yunani mendefinisikan musuh sebagai “pasif atau secara aktif memusuhi atau menentang yang lain” dan “menentang (Tuhan) dalam pikiran” (Strong’s G2190 – echthros). Apakah kamu tahu siapa yang diam-diam menentang kamu atau Tuhan?
Kolose 1:21 mengatakan kepada kita sebelum pertobatan yang kita lakukan, kita adalah musuh Tuhan dalam pikiran kita melalui kebiasaan jahat kita. Dalam beberapa kasus, kita semua telah musuh. Orang-orang yang kita lihat setiap hari berada di tempat yang sama saat ini. Mereka ada di kantor, sekolah, dan rumah. Mereka adalah teman kerja, teman sekelas, teman sekamar, saudara, orang tua, dan pasangan. Dan Yesus mengatakan kepada kita untuk mendoakan mereka…
…Tetapi bukan demi mereka! Tolong jangan bingung dengan apa yang saya katakan disini. Tuhan bekerja di semua kehidupan untuk mengizinkan mereka mencari dan menemukan Dia. Tetapi, Yesus memerintahkan di Matius 5 untuk menolong KAMU, “kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di Sorga.” Yesus mengatakan kepadamu untuk mengasihi musuhmu dan berdoa untuk mereka yang diam-diam atau secara jelas menentang kamu – untuk KAMU.

Tantangan:

Berdoa untuk mereka yang di dalam hidupmu tidak mengenal Tuhan. Tanya kepada mereka yang sering kamu lihat (teman sekerja, teman sekelas, anggota keluarga, teman sekamar), “bagaimana saya bisa berdoa untuk kamu minggu ini?” tanyakan ini kepada orang yang kamu merasa takut untuk berbicara tentang iman. Ketika anda mengungkapkan perhatian yang tulus kepada seseorang, kamu mungkin akan terkejut dengan reaksi mereka. Catat bagaimana Tuhan bekerja melalui hubungan ini, dan berharap Dia akan menjawab doa-doamu.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 28” oleh Alex Berk