Hari ke-27: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Ya Allah, orang-orang yang angkuh telah bangkit menyerang aku, dan gerombolan orang-orang yang sombong ingin mencabut nyawaku, dan tidak mempedulikan Engkau. Tetapi Engkau, ya Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih dan setia. Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, berilah kekuatan-Mu kepada hamba-Mu, dan selamatkanlah anak laki-laki hamba-Mu perempuan! Lakukanlah kepadaku suatu tanda kebaikan, supaya orang-orang yang membenci aku melihat dengan malu, bahwa Engkau, ya TUHAN, telah menolong dan menghiburkan aku. (Mazmur 86:14-17 – TB)

Renungan:

Ayat 14. Mungkin anda tidak sedang diserang (atau mungkin kamu sedang berada di situasi yang sangat berbahaya), ada begitu banyak orang di sekitar kita yang setiap harinya mereka tidak menghormati Tuhan. Kita secara otomatis dipisahkan dari mayoritas dunia apabila kita mengaku bahwa Yesus adalah Mesias dan Tuhan adalah sang pencipta. Mereka yang tidak menghormati Dia adalah mereka yang harus kita jangkau dan temukan.
Ayat 15. Tuhan itu berbelas kasih dan murah hati. Ini merupakan hal yang saya belajar sebanyak tujuh kali di minggu ini. Seperti yang saya tulis beberapa hari lalu, perbedaan lapisan di hati saya telah di kupas kembali minggu ini, membuka beberapa bagian dari saya yang membuat saya lebih sadar dan berusaha untuk bertransformasi menjadi seperti Kristus. Karena karakter Tuhan, saya menjadi tenang dan damai sepertiNya. Ini bukanlah beban, tetapi lebih kepada sukacita dan keistimewaan, sebuah kesempatan
Ayat 16. Ayat ini berarti sangat banyak. Ibu saya (dan juga Ayah) keduanya melayani Tuhan sebelum saya. Ada banyak hal yang dapat diceritakan tentang ini, lebih dari apa yang saya dapat saat ini. Kebaikan Tuhan begitu luar biasa, dan kekuatanNya tidak ada tandingannya. Saya percaya Tuhan menunjukkan kekuatanNya kepada kita melalui cara Dia mengasihi dan mengampuni kita. Dalam beberapa pandangan, menggunakan kekuatan lebih baik dari pada mengampuni kesalahan orang lain kepada kita. Tidak terhitung berapa banyak saya secara pribadi bersalah kepada Tuhan, tetapi Dia selalu memaafkan saya, karena Dia hebat dan luar biasa, dan Dia baik dan sempurna.
Ayat 17. Ketika berdoa tentang doa ini, kita seringkali menunggu sampai “tanda yang sempurna” ditunjukkan kepada kita. Namun, Tuhan telah menjawab doa kita dengan caraNya. Kebaikan Tuhan telah ditunjukkan kepada kita sejak dahulu, sejak kita belum dilahirkan dan dunia belum diciptakan. Tanda dari kebaikanNya ada di sekitar kita, di pepohonan, laut, udara, rumput, dan alam semesta. Hal yang perlu kita lakukan adalah melihat dari kacamata penciptaan, dan kita dapat melihat tanda-tanda yang tak terbatas dari yang Mahakuasa. CiptaanNya yang membuat kita nyaman. Kita hanya perlu punya pandangan yang benar.

Tantangan:

Ini adalah hari terakhir dari Mazmur 86 dalam 31 Days of Prayer (Berdoa 31 hari). Kembalilah ke 4 hari terakhir apabila anda baru saja bergabung. Berdoa melalui semua hal itu, fokus kepada bagian yang mengubahkan pandangan pribadimu. Ijinkan pandangan Daud menjadi milikmu. Berikan perhatian kepada cara Daud mendekati Tuhan secara intim dan emosional. Mulai saat ini, putuskan berdoa dalam cara yang bisa membuka hatimu kepada Tuhan sehingga Dia bisa mengubahmu dari dalam.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 27” oleh Daniel Berk