Hari ke-26: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Tunjukkanlah kepadaku jalan-Mu, ya TUHAN, supaya aku hidup menurut kebenaran-Mu; bulatkanlah hatiku untuk takut akan nama-Mu. Aku hendak bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allahku, dengan segenap hatiku, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya;sebab kasih setia-Mu besar atas aku, dan Engkau telah melepaskan nyawaku dari dunia orang mati yang paling bawah. (Mazmur 86:11-13 – TB)

Renungan:

Ayat 11. Doa yang sering saya doakan adalah, “Ajarkan saya bagaimana cara mengikutiMu.” Pada bagian pertama, Daud berdoa bahwa Tuhan akan mengajarkan Daud caranya Dia. Hal ini sangat sederhana di sisi lain juga doa yang rumit. Meskipun cara Tuhan sangat jelas terlihat di Firman Tuhan dalam beberapa contoh, namun ada banyak contoh ketika mengikuti Tuhan membutuhkan kerja keras dari kita untuk menggali dan menemukan cara apa sehingga Dia akan mengizinkan kita pergi. Namun saya tidak percaya bahwa Dia mengatur hal yang sangat kecil di dalam hidup kita, saya berpikir Dia peduli dalam segala aspek, dan Dia bahkan memiliki keinginan tertentu untuk hidup kita. Jika kita bertanya kepada Dia untuk mengajar kita, Dia akan melakukannya. Hasilnya adalah iman kita bertumbuh dan kita akan lebih mengandalkanNYa dan yakin bahwa Tuhan akan memegang janjiNya.
Ayat 12. Mazmur ini berisi pujian Daud kepada Tuhan. Meskipun kita dapat membedakan setiap aspek berbeda dalam doanya, kita dapat melihat bahwa dia sangat sering memuji dan memuliakan Tuhan. Dalam doa kita, kita seharusnya berfokus dalam memuliakan Tuhan. Doa kita bisa saja sederhana atau kompleks, tetapi dasar dari doa yang kita panjatkan adalah meninggikan namaNya.
Ayat 13. Minggu ini saya banyak melakukan refleksi terhadap hidup saya, dan saya diingatkan akan “Kedalaman” yang Tuhan kirimkan kepada saya. Dia mengirimkan saya dari dunia orang mati. Bukan mengingat dari mana kita berasal sebelum Tuhan menyelamatkan kita dari tempat yang berbahaya. Ketika kita mengerti kedalaman dari keadaan buruk kita dan bagaimana pengorbanan Tuhan berperan dalam keselamatan kita, kita dapat memulai untuk lebih dalam mengerti kasihNya untuk kita dan seberapa hebat hal itu.

 

Tantangan:

Tanya kepada Tuhan untuk menunjukkan area di dalam hidupmu yang perlu untuk bertumbuh, dan tanya kepada Dia untuk mengajarkan kamu untuk lebih mengikuti Dia dalam area tersebut dan dalam semua area. Pujilah Tuhan. Bentuklah praktik doa anda dengan berfokus memuji Dia. Hal itu mungkin bernyanyi atau memainkan musik, tetapi hal itu juga bisa mengartikan sikap anda sewaktu berdoa. Sikap kita ketika berdoa menggambarkan banyak tentang hati kita dan banyak hal tentang bagaimana kita merealisasikan siapa Tuhan. Ketika kita sadar takhta yang ada dihadapan kita, respon kita hanya memuliakan Dia yang duduk di takhta. Lakukan setiap doa dengan pujian dan hormat. Ingatlah siapa anda sebelum Tuhan menyelamatkan anda dari jurang yang dalam, dan ingatlah betapa menakjubkannya bahwa Dia rela mati agar kamu hidup.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 26” oleh Daniel Berk