Hari ke-25: 31 Hari Dalam Doa

Ayat:

Tidak ada seperti Engkau di antara para Allah, ya Tuhan, dan tidak ada seperti apa yang Kaubuat. Segala bangsa yang Kaujadikan akan datang sujud menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu. Sebab Engkau besar dan melakukan keajaiban-keajaiban; Engkau sendiri saja Allah.  (Mazmur 86:8-10 – TB)

 

Renungan:

Ayat 8. Seperti pada zaman Raja Daud, saat ini terdapat juga banyak dewa-dewa. Mungkin sekolah atau kerja adalah tuhanmu; berolahraga atau menonton televisi; tidur atau makan; bahkan mungkin anda sendiri yang menjadi tuhan atas diri anda. Namun, sama seperti pada zaman Daud, tuhan-tuhan ini membuat manusia jatuh menyembahnya. Semua tuhan-tuhan ini mempunyai suatu kesamaan: tidak ada satu pun dari mereka yang menciptakan dunia, dan tidak ada dari mereka seperti Tuhan semesta alam yang kita sembah. Tuhan menciptakan benda-benda dan melakukan mujizat yang tidak dapat ditandingi. Dia menciptakan hati manusia yang begitu lembut dan pikiran manusia yang begitu kompleks. Diantara semua “tuhan” atau “dewa” di seluruh alam semesta, tidak ada satu pun yang mampu menciptakan sesuatu dari yang tidak ada selain dari pada Tuhan yang kita sembah.
Ayat 9. Meskipun banyak bangsa-bangsa dan agama-agama yang tidak menyembah Tuhan, akan ada hari dimana “semua orang akan bertekuk lutut” (Roma 14:11). Saat ini kita mempunyai hak yang istimewa untuk menyembah Tuhan dengan kemerdekaan yang kita punya di dalam Kristus. Kita tidak dipaksa menyembah Dia, tetapi kita memilih berdasarkan kebesaranNya yang begitu luar biasa dan kasihNya yang sempurna.
Ayat 10. Tuhan itu sendiri adalah Tuhan. Sementara banyak tuhan lain mengklaim diri mereka sebagai dewa, dan banyak orang menyembah banyak berhala dan dewa lain, hanya ada satu Tuhan yang benar-benar Tuhan.  Dia menyebut diriNya TUHAN, dan waktuNya diberikan untuk menciptakan alam semesta, mulai membentuk, berbicara kepada lautan, dan menentukan berapa banyak galaksi yang Ia izinkan keberadaannya. Dia adalah Tuhan dan Dia layak.

 

Tantangan:

Coba pikirkan melalui hal-hal apa saja di area hidup anda yang telah siap bersaing untuk mendapatkan tempat tertinggi di tempat Tuhan. Pertimbangkan bagaimana anda menaruh Tuhan di dalam hati anda, dan ingat semua alasan yang Dia inginkan untuk menjadi yang utama. Tuhan telah banyak melakukan kebaikan yang luar biasa sejak anda dilahirkan dan bahkan sebelumnya, sejak dunia belum dibentuk.

 

 

Diterjemahkan dari artikel “31 Days of Prayer: Day 25” oleh Daniel Berk