Tinggalkan Dosa, Sambut Damai dan Syukur

Merendahkan hati dan mencari kedamaian hati bukan hal mudah bagi banyak orang. Namun, saudari kita Ruth dari Jemaat Magelang berhasil meraihnya, dan pada 10 Agustus 2020, menetapkan hati untuk mengikut Yesus.

Lahir di Kalimantan Barat, Ruth menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi Magelang. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga Kristen ternyata tidak cukup membantu Ruth untuk mengetahui kehendak Tuhan dalam hidupnya. Kendati ia aktif mengajar Sekolah Minggu, menjadi singer, dan mengikuti berbagai kegiatan pemuda dan pemudi, semuanya hanya sebatas pelayanan rohani. Ia belum mengenal Tuhan secara mendalam.

Ruth bertemu Jemaat Magelang melalui sahabatnya, Heni, seorang sister dari Singles Ministry GKDI Magelang. Sejak awal, saat mengikuti hangout bersama para singles GKDI Yogyakarta, Ruth merasa nyaman, seolah ia sudah lama mengenal mereka. Setelah saling berbagi pengalaman iman dengan para sisters, ia pun berkomitmen meluangkan waktu seminggu sekali untuk belajar firman Tuhan.

Dalam prosesnya, Ruth merasa banyak ditegur oleh firman. Ia belajar tentang tujuan hidup yang sejati, untuk bertobat, dan menjadi seorang Kristen yang benar di mata Tuhan. Ruth banyak berdoa, berpuasa, dan melibatkan para saudari yang membantu menguatkan dirinya. 

Tantangan terbesar Ruth adalah meninggalkan dosa kesombongan dan kedengkian. Selama ini ia merasa dirinya adalah pribadi yang pandai, aktif, dan bisa memimpin. Selain itu, ia juga menyimpan kepahitan terhadap ayahnya. Setelah belajar tentang pertobatan, ia akhirnya mengerti betapa pentingnya untuk keluar dari jeratan dosa. Meski tidak mudah, ia terus berjuang karena ia memandang serius pertobatannya.

Seiring waktu, Ruth mulai merasakan kedamaian, dan sadar bahwa segala sesuatu yang ia miliki saat ini berasal dari Tuhan. Ia belajar untuk bersikap lebih rendah hati. Lambat-laun, Ruth bisa mengampuni ayahnya, bahkan mampu bercerita tentang beliau dengan sukacita, tanpa menangis, bahkan bersyukur karena memiliki seorang ayah dalam hidupnya.

Iman Ruth semakin bertambah, dan sebuah ayat meyakinkan dirinya untuk mengambil keputusan menjadi murid Yesus: Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan—maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah—oleh kebangkitan Yesus Kristus. – 1 Petrus 3:21 

Baptisannya adalah hadiah terbesar dari Tuhan yang tidak Ruth sia-siakan. Ia ingin memperoleh keselamatan dan menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyelamatkan orang lain. 

Kini Ruth adalah pribadi yang sangat rendah hati, yang mengejar kebenaran, dan terus memandang ke depan. Ia adalah gambaran hati sida-sida Etiopia yang terus mencari dan mencintai Tuhan, serta menjadi terang bagi orang-orang di sekitarnya. Semoga melalui Ruth, nama Tuhan semakin dimuliakan. Tuhan Yesus memberkati!

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat di dalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: