gkdi lagu

Preteens: Periode Usia Baru, Ibadah Daring (Online) Bersama Teman-Teman Baru

Masa peralihan tidak selalu mudah bagi setiap orang. Hal ini dialami oleh anak-anak yang sedang beralih dari masa kanak-kanak menuju praremaja. Dari yang sebelumnya tergabung dalam ibadah Sekolah Minggu, seiring kebutuhan yang berbeda, mereka harus naik ke level berikutnya. Meskipun sudah bisa mengikuti ibadah umum bersama orang tua masing-masing, mereka masih perlu beradaptasi dengan periode peralihan usia ini.

Ketika ibadah dijalankan secara daring di masa pandemi COVID-19, anak-anak praremaja butuh ibadah khusus untuk kalangan mereka. Dengan kata lain, ibadah yang menarik dan sesuai kebutuhan mereka. Menjawab kebutuhan ini, GKDI Bangka (Pangkalpinang) pun memulai ibadah daring khusus praremaja pada 10 Oktober 2020. 

Format ibadah praremaja sama seperti ibadah pada umumnya, hanya saja durasinya lebih singkat dan materinya disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak seusia mereka. Strukturnya juga bisa divariasikan dengan saat teduh dan doa bersama. Tidak hanya membahas firman Tuhan, di dalam ibadah mereka juga berlatih membangun kepercayaan diri. Antara lain, dengan bertanya dan menyatakan pendapat, serta mempelajari tips-tips untuk tampil di platform digital dengan baik. Hal ini tentunya bermanfaat untuk diterapkan dalam kegiatan belajar-mengajar mereka di sekolah, yang saat ini masih dilakukan secara daring.

GKDI Bangka berkomiten melaksanakan ibadah praremaja setiap hari Sabtu, pukul lima sore. Pada pertemuan kedua, anak-anak menyatakan rasa gembira mereka karena memiliki pertemuan ibadah seperti ini. Mereka juga bersemangat jika kelak acara fellowship secara luring dapat dilaksanakan. Para mentor turut senang melihat perubahan karakter mereka, yang jika dibandingkan dengan pertemuan pertama, kini lebih percaya diri dan aktif berpartisipasi.

Tak hanya dengan komunitas lokal, anak-anak ini juga mengikuti ibadah bersama komunitas praremaja di wilayah-wilayah Sumatera lainnya, serta kota-kota di Nusantara, antara lain Bandung. Kesempatan ini begitu menambah semangat mereka. Selain bisa mempelajari topik-topik yang dibawakan para pakar di bidang remaja, mereka juga mendapatkan sahabat baru, serta belajar dari anak-anak sebaya mereka dalam sesi diskusi.

Hari ini, format ibadah daring GKDI berjalan semakin baik karena semua pihak yang terlibat terus belajar, berinovasi, dan mengikuti perkembangan teknologi. Semoga wadah ini dapat membantu anak-anak praremaja kita mengenal Tuhan, membentuk karakter, serta mendalami Alkitab, sehingga kelak mereka dapat menjadi Kristen yang sejati. Amin.

Gereja GKDI memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di 35 kota. Jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat di dalamnya, hubungi melalui WhatsApp 0821 2285 8686 berikut.

Nikmati playlist lagu rohani kami di link berikut: http://bit.ly/gkdi-music

Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:

Website: https://gkdi.org
Facebook: https://www.facebook.com/GKDIOfficial/
Instagram: https://www.instagram.com/gkdiofficial/
Blog: https://gkdi.org/blog/
Youtube: https://bit.ly/yt-gkdi
Whatsapp: https://bit.ly/gkdi-wa

Video Musik: