Menjadi Manusia Batiniah yang Terus Dibarui

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari. – 2 Korintus 4:16

Bagi orang yang percaya, kondisi dan keterbatasan fisik tidak akan menyurutkan semangat melayani Tuhan. Inilah teladan Anita, saudari kita yang saat ini berusia 57 tahun, yang dibaptis di Jakarta empat belas tahun lalu, tepatnya 3 Desember 2006. Beliau mengenal Kristus lewat adiknya, dibantu komunitas Jemaat Jakarta

Lahir di Pangkalpinang dalam keluarga yang memberikan kebebasan penuh bagi anak-anak untuk menjalani hidup, Anita tumbuh menjadi pribadi yang keras kepala. Namun, sejak lahir baru, pola pikirnya berubah. Anita tidak lagi malu memperkenalkan Tuhan Yesus kepada orang lain, karena merasa Tuhan telah menerima dirinya, yang seorang pendosa. Beliau juga lebih terbuka terhadap masukan, rendah hati, mau dibimbing, dan melakukan apa yang baik dan benar berdasarkan Alkitab. 

Dalam pelayanan, selain menjadi penyanyi di Song Ministry, Anita juga aktif dalam Caring Team yang membantu orang tua serta mereka yang mengalami keterbatasan fisik untuk beribadah, juga membimbing para single moms.

Pada Februari 2018, Anita didiagnosa mengidap kanker payudara stadium 3B. Perasaan takut dan khawatir meliputinya, tetapi beliau terus berpegang kepada firman Tuhan yang memberikan kekuatan dan pengharapan. Segala kekhawatiran diserahkannya dalam doa. Anita percaya rancangan Tuhan adalah yang terbaik, termasuk ketika beliau harus menjalani operasi besar, enam kali kemoterapi, dan dua puluh lima kali radiasi.

Setahun sejak selesainya rangkaian pengobatan dan terapi, Anita tetap bolak-balik ke Jakarta untuk melakukan kontrol kesehatan. Awalnya setiap bulan selama tiga bulan berturut-turut, lalu tiga bulan sekali, hingga akhirnya enam bulan sekali. Dalam rentang waktu tersebut, Anita tetap aktif menjalankan kegiatannya seperti biasa di Song Ministry, Caring Team, dan membimbing grup kecil di gereja. 

Manusia lahiriah boleh merosot, tetapi manusia batiniah terus diperbarui dari hari ke hari. Setelah dinyatakan sembuh, Anita tetap harus terus mengontrol kesehatan secara berkala dan minum obat setiap hari hingga lima tahun berikutnya. Namun, beliau percaya bahwa Tuhan campur tangan dalam setiap peristiwa yang dialaminya. Beliau juga senantiasa bersyukur atas penyertaan Tuhan setiap hari. Inilah yang membuatnya terus bersemangat melayani Tuhan, dan berharap suatu hari kelak bisa memulai ministry untuk para wanita berusia indah. Amin!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait:

Video inspirasi: