Bekerja Memberi Buah

Dibutuhkan niat kuat dan kerja keras untuk memulai sebuah misi penginjilan. Dengan kesadaran itulah, tahun 2009, Alfon dan istrinya Novi meninggalkan kediaman mereka di Batam untuk bergabung dalam mission team jemaat di tempat asal mereka. Keduanya pulang dengan tekad menginjili keluarga, teman, dan kenalan baru di kota Pangkalpinang dan Pulau Bangka.

Tahun-tahun awal di Pangkalpinang adalah masa yang berat. Alfon harus mencari pekerjaan baru untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Di tahun pertama, Alfon menginjili sepupunya beserta istrinya. Setelah belajar firman dan dibaptis, keduanya turut membagikan iman mereka dan membantu orang lain mengenal Tuhan. Sementara Alfon memberikan hatinya untuk misi, Tuhan memberkati keluarganya. Dua putri lagi hadir untuk melengkapi kebahagiaan Alfon dan Novi. 

Sepuluh tahun kehidupan baru mereka di Bangka diwarnai dinamika, baik dalam pekerjaan maupun pelayanan ministry. Dalam beberapa bulan terakhir, usaha kerupuk ikan Alfon mengalami kendala. Pasokan bahan baku dari supplier yang tidak sesuai kesepakatan menghambat produksi dan menurunkan penghasilan mereka. Alfon dan Novi harus berjuang mencukupi biaya rumah tangga dan pendidikan ketiga putri mereka. 

Yang luar biasa, keadaan ekonomi yang sulit tidak menghalangi mereka untuk terus melayani. Alfon tetap terlibat dalam pengajaran Alkitab dan memimpin grup PDG (Pembimbingan Dalam Grup). Ia membentuk sebuah caring team ministry yang berfokus melayani orang-orang yang mengalami kesusahan dan membutuhkan lebih banyak perhatian. Misalnya, mengunjungi anggota jemaat atau keluarga mereka yang sakit. Baru-baru ini, ia memimpin tim beranggotakan sejumlah saudara dalam jemaat untuk membantu pembangunan toilet bagi seorang saudari single mom

Perjalanan Alfon selama sembilan belas tahun menjadi murid Yesus telah banyak menempa karakternya. Dari seorang yang dahulu bertabiat cuek dan pemarah, Alfon kini lebih dikenal sebagai orang yang sabar, punya pengendalian diri yang baik, suka melayani, dan peduli dengan orang lain. Ia berkembang menjadi pribadi yang konsisten menjalin hubungan dengan Tuhan dan saudara-saudari dalam jemaat.

Alfon sangat mensyukuri penyertaan Tuhan atas hidupnya hingga saat ini. Ke depannya, ia berharap dapat senantiasa bergantung kepada Tuhan, bertumbuh secara spiritual, dan sehat secara emosional. Ia juga berharap agar mereka yang tergabung dalam grup yang dipimpinnya dapat bertumbuh bersama-sama dan menjadi pemimpin-pemimpin baru. Amin.

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. – Filipi 1:22a

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Meneladani Salib Yesus dalam Masa-Masa Sulit

Video inspirasi: