About us

Teens ministry ini berisi anak-anak remaja yang bisa dikategorikan dalam dua grup. Yang pertama adalah pra-remaja, yang dikenal sebagai anak-anak SMP, yang duduk di kelas 7-9. Yang kedua adalah remaja, yaitu anak-anak SMA, yang duduk di kelas 10-12. 

Visi Teens Ministry adalah menjadi sebuah ministry yang dilakukan oleh para remaja yang bertujuan membantu mereka bertumbuh dalam iman melalui mentoring pribadi dan parenting yang sehat. 

Ministry ini adalah ministry lanjutan setelah mereka melewati masa Kerajaan Kanak Kanak (KKK) atau Kids Kingdom Ministry. Di sinilah kami fokus utama kami, yaitu untuk membangun perjalanan rohani dan iman mereka secara lebih personal serta lebih dewasa. Mereka sudah belajar tentang Tuhan di KKK (sekolah minggu) yang dikemas dalam bentuk yang fun, yang lebih didominasi dengan kegiatan bermain. 

Inilah saatnya mereka belajar melihat lebih dalam serta menemukan perjalanan rohani secara pribadi dengan Tuhan. Karena di tahap inilah berbagai pertanyaan tentang jati diri mulai muncul, tekanan dalam pergaulan mulai timbul, juga mereka mulai terekspos dengan beragam nilai-nilai di masyarakat. Bagaimana membimbing mereka melalui masa-masa krusial ini sehingga mereka bisa menjadi pribadi yang dewasa & stabil? Oleh karena itu, komunitas ini dibentuk. 

Inilah hal kedua yang kami, Teens ministry fokuskan, yaitu personal mentoring. Kami percaya bahwa hal ini mampu membantu mereka bertumbuh secara rohani. Kami juga membangun nilai-nilai dasar yang perlu mereka miliki sebagai bagian dari identitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. 

S: Spiritual (Kerohanian)

U: Unified (Kesatuan)

P: Perseverance (Ketekunan)

E: Enthusiastic (Semangat)

R: Respect (Menghargai)

Kami menyebut mereka sebagai SUPER Teens! Mereka dibentuk menjadi para remaja yang SUPER dihadapan Tuhan dan Manusia.

A Community that Understand Them

Masa remaja juga adalah masa yang penting. Di masa ini, mereka biasanya mulai mencari jati diri, identitas diri mereka yang sebenarnya, dan tujuan hidup mereka. Mereka punya rasa ingin tahu yang tinggi terhadap banyak hal dan selalu punya keinginan untuk mencoba hal-hal baru. Pada saat yang bersamaan, mereka juga sensitif, tidak stabil, serta emosional.

Selain masalah internal dengan diri mereka sendiri, mereka juga menghadapi banyak tantangan dan masalah dalam berbagai area, seperti, hubungan dengan orang tua dan teman yang kurang bagus (penolakan, bullying, peer pressure), tidak memiliki goal atau just go with the flow, pengaturan waktu yang buruk, tidak adanya prioritas yang benar, serta kurangnya rasa tanggung jawab.

Di sinilah peran Teens Ministry membantu mereka. Teens Ministry tidak hanya terdiri dari anak-anak teens, tetapi juga teens mentor. Teens mentor ini berperan sebagai pembimbing. Mereka mengarahkan anak-anak teens supaya memiliki pandangan hidup yang benar sesuai dengan firman Tuhan dan juga bagaimana menerapkannya dalam kehidupan mereka. Mereka memberikan personal mentoring agar anak remaja dapat bertumbuh secara karakter menjadi semakin mirip Kristus. Mereka akan diarahkan untuk melihat hubungan dengan Tuhan sebagai prioritas yang utama. 

Anak-anak remaja juga dibantu untuk lebih bertanggung jawab sesuai prioritas, seperti tanggung jawab sebagai anak sekolah dalam hal akademis. Seorang mentor akan memberikan arahan dan ruang untuk mengembangkan talenta dan kapasitas mereka. Terkadang, mereka lebih daripada seorang mentor. Mereka bisa menjadi kakak, teman, bahkan kadang-kadang menjadi orang tua kedua bagi anak-anak teens itu. Tempat dimana mereka bisa terbuka bercerita tentang masalah-masalah yang sedang mereka hadapi. 

Teens Ministry adalah ministry yang dibangun dengan dasar kekeluargaan. Mereka berjuang untuk mengasihi satu sama lain dan saling menjaga. Mereka juga saling berbagi sukacita bersama.Di sini kami menciptakan atmosfer yang positif dan aman, dimana setiap anak bisa membantu satu sama lain. 

Mereka belajar untuk menjadi pribadi yang tidak hanya mendapatkan (take), tetapi juga memberi kepada satu sama lain (give). Mereka belajar dari satu sama lain lewat saat teduh dan doa bersama. Mereka bisa berbagi cerita serta belajar bagaimana satu sama lain menyelesaikan masalah berdasarkan pengalaman mereka. Inilah tempat dimana mereka bisa saling peduli dan mendukung untuk terus melakukan yang lebih baik dan keluar dari zona nyaman untuk Tuhan. 

Kesamaan visi dan misi, serta nilai-nilai positif yang mereka lihat di dalam komunitas dan keluarga inilah yang membantu mereka untuk bertumbuh secara pribadi juga dalam berkomunitas. 

Activity

Teens Ministry adalah sebuah ministry yang rohani, fun, dan juga energik. Berikut adalah serangkaian kegiatan mereka! Check it out!

Youth Service

Mereka mengadakan ibadah sendiri khusus teens yang diadakan setiap minggu kedua dan keempat, yaitu Youth Service. Dalam ibadah itu, mereka berdoa dan berdiskusi bersama-sama dalam grup kecil masing masing sebelum dan setelah kebaktian. Mereka dapat berbagi apa yang mereka pelajari dan juga mendapat insight baru dari teman-teman yang lain.

Bible Talk/Persekutuan Diskusi Alkitab (PDA)

Di dalam PDA, anak-anak teens dapat belajar bersama tentang Alkitab, bermain games yang seru, dan juga bernyanyi memuji Tuhan. Selain itu, ada juga Pembimbingan Dalam Group (PDG), dimana mereka bisa dibimbing dengan lebih dalam.

Bible study (Belajar Alkitab), Saat Teduh, & Doa Bersama

Para remaja ikut terlibat dalam belajar Alkitab dan membantu orang lain untuk belajar Alkitab. Mereka juga bersaat teduh dan doa bersama. Tujuannya agar remaja ini dapat mengenal Tuhan dengan lebih dalam dan mau menjadi semakin mirip dengan Kristus.

Hang Out & Fun Time

Dalam hang out dan fun time, mereka berkumpul for fun, seperti makan, main games bersama, ngobrol, nonton, dll. Hal ini bertujuan supaya mereka bisa lebih dekat dengan satu sama lain dengan cara yang fun.

Spend time 

Spend time adalah quality time antara dua orang yang bertujuan untuk saling membangun satu sama lain. Di dalam spend time, kita berkomunikasi one-on-one untuk saling menyemangati, membangun iman, dan belajar menggali firman Tuhan dalam kaitannya dengan kehidupan pribadi.

Retreat

Retreat adalah kegiatan di mana mereka pergi bersama-sama, biasanya ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk, untuk kembali disegarkan secara rohani. Di dalam retreat, mereka akan mendengarkan Firman Tuhan, berkumpul, makan, berdoa, dan bahkan bermain games bersama.

Youth Activity Day

Di sini, anak-anak remaja mendengarkan devotional (sharing singkat tentang Firman Tuhan) yang dilanjutkan dengan bermain games bersama.

Join Us

Apakah Anda orang tua yang ingin memperkenalkan anak Anda dengan komunitas yang berlandaskan firman Tuhan? Atau apakah kamu, seorang remaja yang ingin bergabung dengan komunitas positif dan fun! Yuk, bergabung dengan kami!

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang komunitas ini, Anda bisa menghubungi kami melalui  link berikut ini atau menghubungi Whatsapp berikut: +62 821-2285-8686. Tuhan memberkati!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Yusuf: Mematahkan Persepsi Negatif Anak Muda

Video inspirasi: