About Us

Pernikahan adalah suatu masa yang begitu banyak diimpikan oleh orang-orang muda. Mereka berlari untuk bisa berada di masa ini dan semangat untuk membangun sebuah kehidupan yang baru. Bahkan tak jarang yang beranggapan bahwa menikah adalah salah satu cara memperoleh kebahagiaan.

Namun, pada kenyataannya, banyak yang tak sadar bahwa sebelum memiliki pernikahan bahagia (happy marriage), pasangan tersebut harus mengerti cara membangun pernikahan yang sehat (healthy marriage). Ada banyak hal baru dimana kedua pasangan harus belajar beradaptasi satu sama lain, membangun hubungan, komunikasi, rasa percaya, serta menjadi teladan bagi anak-anak mereka. Dan dalam menjalani masa ini, kita butuh satu sama lain untuk saling membantu dan menguatkan. 

Married Ministry adalah salah satu komunitas di GKDI yang berisi pasangan-pasangan menikah yang berjuang untuk hidup di dalam Tuhan. Jika Anda sudah menikah dan ingin mencari sebuah komunitas untuk bisa bertumbuh di dalam Tuhan, mungkin Married Ministry inilah jawabannya. 

Yuk kita berkenalan lebih banyak tentang ministry ini. 

Build Relationship Like a Family

Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk sosial. Karena itu sudah pasti kita butuh satu sama lain untuk bisa saling mendukung dan bertumbuh. Dunia pernikahan adalah dunia yang kompleks, karena melibatkan begitu banyak orang di dalamnya.

Pasangan, anak, orang tua, dan bahkan keluarga pasangan adalah topik yang begitu dekat dengan pasangan menikah. Kita butuh satu sama lain dan perlu belajar dari orang lain agar kita bisa membangun sebuah keluarga yang sehat dan juga bisa mengasihi Tuhan. 

Karena adanya kebutuhan tersebut, maka Married Ministry ini dibentuk. Married Ministry ini terdiri dari orang yang berbeda-beda, seperti latar belakang, pendidikan, financial, bahkan juga suku bangsa. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang. Melalui hal ini mereka malah bisa semakin belajar dari satu sama lain dan bertumbuh, seperti besi menajamkan besi. 

Meskipun ada banyak perbedaan, orang-orang di dalam komunitas ini bisa bersatu, dekat, terbuka, dan bahkan berbicara tentang pergumulan mereka. Mereka bisa berbicara jauh lebih dalam tentang ketakutan serta kebutuhan-kebutuhan mereka, saling menguatkan satu sama lain, saling mengoreksi tentang apa yang kurang, apa yang masih harus diperbaiki sehingga masalah-masalah pernikahan yang ada bisa teratasi. Di sini, pasangan-pasangan menikah dibimbing untuk memiliki pembicaraan yang real dan tidak hanya sebatas permukaan.

Married Ministry mempunyai visi dan misi untuk membangun sebuah komunitas seperti satu keluarga. Rasa kekeluargaan dan kepercayaan adalah dua hal penting yg harus selalu dipupuk. Orang-orang di dalam ministry ini akan diajar dan belajar untuk membangun komunikasi yang sehat di dalam Tuhan. Sehingga hal ini pun bisa mereka terapkan di dalam keluarga biologis mereka. Di sini kami mengusahakan agar setiap orang bisa merasa dekat, dikasihi, dan diterima, layaknya dalam sebuah keluarga.

Ministry ini adalah ministry yang fun dan rohani. Dasar yang dipakai di sini adalah firman Tuhan. Setiap orang dibantu untuk bisa dalam akan Firman Tuhan karena firman itulah yang akan menjadi pedoman hidup mereka. Mengapa?

Karena sebenarnya Tuhan sudah meletakkan blueprint asli tentang pernikahan dan ketika pasangan menikah berubah sesuai blueprint asli tersebut, maka keajaiban mulai terjadi. Oleh karena itu, atas dasar inilah, orang-orang akan dibimbing dan diperlengkapi untuk mampu memimpin dan membangun keluarganya sesuai standar Tuhan. 

“Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. ” – Efesus 2:19-21

Activity

Kegiatan di ministry ini sangat beragam. Yuk kita lihat satu per satu. 

Bible Talk / Persekutuan Diskusi Alkitab (PDA)

Di dalam Bible Talk, pasangan menikah dapat menikmati persekutuan hangat sambil mendiskusikan Firman Tuhan dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bible Study/Belajar Alkitab 

Kami memiliki program belajar Alkitab yang tujuannya untuk lebih mengenal tujuan hidup kita, mengapa kita diciptakan, dan apa yang Ia ingin kita lakukan dalam hidup ini. Melalui belajar Alkitab, banyak hubungan yang dipulihkan, baik itu suami-istri maupun orang tua-anak. Lho, kok bisa? Karena sebenarnya setiap masalah kita, Tuhan sudah sediakan solusinya di dalam Alkitab 🙂

Spend Time

Quality time antara dua orang yang bertujuan untuk saling membangun satu sama lain. Di dalam spend time, mereka berkomunikasi one-on-one untuk saling menyemangati, membangun iman, dan belajar menggali firman Tuhan dalam kaitannya dengan kehidupan pribadi.

Good Enough Parenting

Ketika kita bicara soal pernikahan, hubungan yang ada bukan hanya antara suami dan istri, tetapi juga hubungan orang tua dengan anak. Di dalam Married Ministry, pasangan menikah akan diperlengkapi dengan pengetahuan untuk menjadi orang tua yang baik dan benar. Melalui program atau seminar “Good Enough Parenting”, setiap orang diajar untuk membangun sebuah keluarga yang sehat di dalam Tuhan. 

“Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” – Efesus 6:4 

Retreat

Retreat adalah kegiatan di mana mereka pergi bersama-sama, biasanya ke tempat yang lebih tenang dan jauh dari hiruk pikuk, untuk kembali disegarkan secara rohani. Di dalam retreat, mereka akan mendengarkan Firman Tuhan, berkumpul, makan, berdoa, dan bahkan bermain games bersama.

Fellowship

Sebuah komunitas yang akrab tidak tumbuh dalam semalam. Diperlukan waktu dan kebersamaan dari setiap anggotanya. Biasanya dalam fellowship ini, mereka akan meluangkan waktu untuk makan bersama dan melakukan kegiatan bersama. Saat ada yang berulang tahun, mereka juga berkumpul untuk sharing dan merayakan bersama mereka yang berbahagia. 

Join Married Ministry!

Jika Anda membutuhkan konseling, ingin dibantu dalam hubungan pernikahan Anda, ingin membangun keluarga Anda di dalam takut akan Tuhan, atau ingin mempelajari Firman Tuhan dengan lebih dalam lagi, bergabunglah bersama kami. 

Jika Anda masih bingung, namun Anda ingin tahu lebih banyak tentang komunitas ini, Anda bisa menghubungi kami melalui link berikut ini atau menghubungi Whatsapp berikut: +62 821-2285-8686. Kami siap membantu Anda 🙂 Tuhan Yesus memberkati!

Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:

WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Seminar Orang Tua : Bagaimana Membesarkan Anak yang Kompeten & Percaya Diri

Video inspirasi: