Salah satu contoh doa Yesus adalah “Doa Bapa Kami”. Doa ini begitu banyak dikenal dan digunakan oleh orang Kristen untuk panduan berdoa. Tidak terbantahkan bahwa Doa adalah salah satu gambaran yang paling kelihatan dari Iman seorang Kristen.

Melalui doa Anda bisa merasakan ketenangan di tengah-tengah kegalauan dan kekhawatiran dari hidup Anda. Melalui doa Anda bisa merasakan dan berpikir secara lebih tenang karena melihat ada harapan setelah apa yang Anda minta telah disebutkan kepada Tuhan. Juga melalui doa, Anda bisa merasakan artinya kepasrahan atas suatu keadaan yang tidak bisa Anda kuasai. Ya, melalui doa, Anda bisa merasakan begitu banyak manfaat rohani serta pembentukan karakter yang baik.

Yesus bahkan secara pribadi menunjukan dalam hidupnya bagaimana Ia selalu berdoa, bagaimana Ia menggunakan waktunya untuk berdoa, bagaimana keputusan-keputusan yang penting dalam pelayanan Dia, selalu dimulai dengan berdoa.

Pertanyaan yang sederhana adalah: Bagaimana berdoa itu? Apa contoh berdoa yang Alkitabiah?

doa bapa kami - gkdi 1

Dalam denominasi saya yang dahulu, pada bagian akhir doa “Syafaat”, biasanya pemimpin doa akan berkata kira-kira seperti begini: “Dan kami akan mengakhiri doa kami ini dengan mengucapkan doa yang sempurna seperti yang Engkau ajarkan…..” atau berkata: “Dan kami akan menyempurnakan doa kami ini dengan doa yang Engkau ajarkan:…

Pertanyaannya adalah apakah Yesus berkata doa yang Dia ajarkan itu adalah yang sempurna? Sepertinya tidak! Apakah doa saya akan sempurna jika saya menutup doa saya dengan mengucapkan doa yang diajarkan Yesus itu? Juga tidak! Jadi bagaimana seharusnya seseorang berdoa?

Pertama adalah keadaan sewaktu Anda berdoa

doa bapa kami - 1

Matius 6:6 menjelaskan bahwa yang Yesus ajarkan tentang keadaan doa adalah bukan tentang perihal menutup pintu atau harus dilakukan di dalam rumah. Karena jika Anda berada di tempat umum, berarti Anda tidak boleh berdoa karena terbuka situasinya. Atau ketika Anda sedang berada di dalam restoran, Anda juga tidak bisa berdoa karena Anda akan dilihat oleh orang lain. Jadi bukan soal tempat yang dimaksud di sini, tetapi keadaan Anda. Yang Yesus ajarkan adalah tentang berkonsentrasi dengan baik. Ketika Anda berdoa, maka Anda tidak boleh membiarkan keadaan mengganggu Anda sewaktu berdoa.

Kedua adalah Motivasi Anda Berdoa

doa bapa kami - 2

Di cerita yang sama dalam Matius 6:5, Yesus membandingkan motivasi para pemuka agama Yahudi pada waktu itu, di mana motivasi mereka berdoa adalah supaya terlihat rohani. Bahkan seluruh pasal 6, Yesus fokus untuk membicarakan dan membuka motivasi dari semua kegiatan rohani yang Anda lakukan. Jika Anda berdoa, jangan dengan motivasi supaya dilihat orang. Jika berpuasa, jangan dengan motivasi supaya diketahui oleh orang bahwa Anda sedang berpuasa, dengan wajah yang dibuat seperti orang kelaparan. Juga tentang memberi sesuatu kepada orang yang miskin, biasanya tidak banyak orang yang melakukannya. Karena itu, tantangan untuk ingin dilihat sebagai orang yang baik hati dan mengasihi adalah sangat besar sekali.

Yesus mengajarkan jika Anda memberi sedekah, caranya adalah dengan diam-diam dan bukan untuk diumumkan kepada banyak orang, bahkan jika perlu dalam ilustrasi yang paling dekat adalah mengenai tangan kanan dan tangan kiri. Betapa Yesus mau untuk Anda memiliki motivasi yang benar dalam melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan rohani Anda, termasuk di dalamnya adalah Doa.

Ketiga adalah struktur dalam Berdoa

doa bapa kami - gkdi 6

Dalam Matius 6:7, Yesus menyatakan suatu pernyataan yang kelihatan kecil tapi sebenarnya adalah hal yang sangat besar. Dia berkata kalau berdoa jangan bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Coba Anda pikirkan, bahwa Anda merasa Anda sudah mengenal Tuhan, tetapi dari doa Anda, Tuhan bisa tahu bahwa Anda sebenarnya orang yang tidak mengenal Dia.

Bertele-tele adalah kebiasaan orang yang berbicara tidak teratur, alur bicaranya tidak logis dan tidak dalam urutan yang bagus. Misalnya fakta maju-mundur dalam plot cerita yang juga tidak beraturan. Sebagai contoh: jika Anda menonton film, ketika tokoh-tokoh yang muncul dalam film itu tidak jelas hubungannya satu sama lain, kronologi cerita yang tidak teratur tetapi maju-mundur, atau topik cerita yang berbeda-beda. Bisakah Anda menikmati film itu? Atau bahkan mengerti alur cerita film itu? Tentu saja tidak!

Karena itu, Doa yang Yesus ajarkan (namanya bukan Doa Bapa kami), adalah suatu bentuk atau struktur berdoa supaya Anda berdoa tidak bertele-tele dan juga menunjukkan bahwa Anda mengenal Tuhan.

STRUKTUR DALAM BERDOA (menurut perikop “Doa Bapa Kami” – Matius 6:9-13)

Bapa kami yang Di Sorga, Di Kuduskanlah Nama-Mudoa bapa kami

Awal dari sebuah doa adalah hubungan. Anda tahu siapa yang Anda percayai sebagai Tuhan Anda, dan Anda juga kenal Tuhan itu. Kata-kata Bapa menunjukan hubungan yang dekat, namun ada derajat yang berbeda di mana Yesus menambahkan kata-kata ‘di Sorga’. Sorga menunjukan keadaan yang sempurna, tetapi juga tujuan atau hadiah bagi Anda yang hidup sesuai Firman. Dengan mengucapkan Bapa yang di Sorga, Anda sedang berkata bahwa Anda tahu bahwa Tuhan itu mau dekat dengan Anda, tetapi juga Tuhan itu memiliki derajat yang berbeda dengan Anda. Anda ingin dekat tapi dengan rasa hormat. Yang kedua adalah bahwa Anda mengenal siapa Tuhan itu, dengan menyebutkan kata-kata Dikuduskan Nama-Mu.

Selain kata-kata, Pujian (Praise) tetapi juga menggambarkan apa yang Anda tahu tentang Tuhan. Saya lebih suka menyatakan bahwa Doa yang terstruktur adalah doa yang dimulai dengan Tahu siapa Tuhan, Mengenal Setiap Hal tentang Tuhan itu, baik melalui perbuatan Tuhan, Karakter Tuhan, pertolongan Tuhan, Rencana Tuhan, semuanya tentang Tuhan yang Anda kenal, melalui Firman Tuhan dan kehidupan Anda yang sesuai dengan Firman Tuhan juga.

ANDA INGIN DEKAT TAPI DENGAN RASA HORMAT.

Datanglah Kerajaan-Mu

Dalam percakapan di dalam Yesus dengan orang-orang Farisi di Lukas 17, Yesus menyatakan bahwa Kerajaan Allah ada di antara mereka. Jadi maksudnya, jika Anda berdoa dan mengucapkan tentang kedatangan Kerajaan Allah? Apakah Kerajaan Allah itu nanti di akhir zaman, atau kerajaan Allah itu sudah ada?

Dalam memberitakan Firman, ada kata-kata yang sama diucapkan oleh Yohanes Pembaptis dan juga Yesus, yaitu tentang pertobatan dan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat. Jika Yesus berkata bahwa Kerajaan Allah sudah ada di tengah-tengah mereka pada waktu itu, maka bisa disimpulkan bahwa Doa supaya Kerajaan Allah itu datang adalah berbicara tentang Jemaat Kristus. Pada bagian inilah Anda berdoa kepada Jemaat dimana Anda berada, atau untuk ministry dan grup dimana Anda terlibat.

Jadilah Kehendak-Mu di Bumi seperti di Sorga

doa bapa kami - 4

Dari manakah Anda mengetahui kehendak Tuhan? Pasti kita semua sepakat, bahwa untuk mengetahui kehendak Tuhan, kita mendapatkannya hanya melalui Firman Tuhan. Pada bagian ini, saya akan berdoa tentang bagian Alkitab yang saya pelajari hari itu (jika membaca Firman lebih dahulu), atau mendoakan bahan bacaan saya hari sebelumnya (jika saya berdoa lebih dahulu). Bagian ini merupakan bagian di mana Anda melakukan refleksi dan meditasi dari Firman Tuhan, apa yang Anda pelajari, apa pesan yang Anda terima, apa keputusan atau perubahan apa yang harusnya Anda lakukan supaya kehendak Tuhan terjadi dalam hidup Anda.

Dan Berikanlah Makanan yang secukupnya

Setelah 3 hal awal tentang Tuhan, Nama Tuhan, Jemaat Tuhan, dan Firman Tuhan, barulah Anda mendoakan apa yang Anda butuhkan. Jelas sekali bahwa dibalik kata-kata berikanlah yang secukupnya, terdapat suatu karakter kepasrahan yang luar biasa bahwa yang diminta adalah yang cukup untuk kebutuhan Anda. Terus ada orang berkata: “Kan ada prinsip sesuai iman, jika minta sedikit pasti akan dikasih sedikit, jika minta banyak juga akan diberikan banyak sesuai ukuran iman!”. Masalahnya adalah semua yang berhubungan dengan kerakusan adalah dosa, yang kedua adalah Alkitab tidak pernah kontradiksi dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan, semuanya ada dalam satu garis. Jika permintaan Anda sejak awal selalu meminta yang banyak, saya bisa pastikan bahwa Anda adalah orang yang tidak mengenal Firman Tuhan. Yesus mengajarkan untuk meminta sesuai yang Anda butuhkan.

Dan Ampunilah Kesalahan Kamidoa bapa kami - gkdi 2

Perhatikan sambungan dari permintaan kebutuhan untuk hari ini, yang mana dibutuhkan adalah kerendahan hati dan hati yang murni kepada Tuhan, hati yang rohani dan bukan duniawi. Barulah dilanjutkan dengan kata-kata permohonan untuk pengampunan. Biasanya bagian ini kita bisa membersihkan hati nurani kita dengan mengupas secara terbuka akan motivasi hati kita, ketidakmurnian hati kita, dan semua hal-hal tersembunyi yang bisa menghancurkan kerohanian Anda. Apakah juga ada pengakuan dosa? Menarik untuk kita diskusikan. Tetapi dari ayat-ayat Alkitab yang lain, kita menemukan bahwa pengakuan dosa selalu dilakukan secara bersama, atau kepada satu sama lain.

Kesalahan Orang lain

doa bapa kami - 5

Yang menarik dari bagian ini adalah ketika Yesus memasukan unsur orang lain dalam doa Anda. Siapa orang lain yang menyakiti Anda? Adakah orang lain yang terlibat dalam kehidupan Anda? Siapa orang lain yang membantu Anda? Intinya adalah pada bagian ini, Anda mendoakan secara spesifik orang lain yang akan Anda masukan dalam doa-doa Anda, entah itu keluarga, teman, saudara/i, pemerintah, bahkan orang-orang yang menyakiti Anda!

Dan Janganlah Membawa ke dalam Pencobaan tetapi Lepaskan dari yang Jahat

Inilah bagian penutup di mana Anda memohon perlindungan dari Tuhan. Perlindungan dari hal yang jahat, perlindungan dari pencobaan, bahkan melepaskan diri dari kejahatan atau hal-hal yang jahat.

Karena Engkaulah Yang Empunya…

Bagian terakhir dari doa itu adalah tambahan yang ditambahkan karena digunakan dalam ritual kebaktian Kristen di abad pertengahan. Ini bukan bagian dari struktur berdoa yang Yesus ajarkan. Anda tidak perlu menyebutnya.

Jadi ketika berdoa yang benar memiliki prinsip sebagai berikut: Anda harus perhatikan keadaan waktu Anda berdoa; apakah Anda bisa berkonsentrasi dengan baik waktu berdoa, Anda berdoa dengan motivasi yang benar; bukan untuk kelihatan rohani, tetapi karena memang Anda mau dekat dengan Tuhan, dan yang terakhir adalah Anda harus memperhatikan struktur dalam berdoa supaya doa Anda menjadi doa yang benar seperti seseorang yang berdoa karena dia mengenal Tuhan.

* Bila Anda memerlukan pelayanan konseling rohani (pribadi/pernikahan) atau komunitas pendalaman Alkitab, kami dapat membantu. Klik tautan pada kalimat sebelumnya atau hubungi kami di Whatsapp GKDI Official

Artikel terkait: Memilih Pemimpin – Pemimpin Nasional Secara Iman Kristen

Video inspirasi: