Doa Kristen Yang Membuat Hati Tuhan Tergerak – Bag. 3

Inilah bagian terakhir dari topik ini: Bagaimana caranya membangun kehidupan doa yang benar sehingga hati Tuhan mau tergerak. Bagian pertama dapat Anda lihat disini, dan bagian kedua dapat Anda lihat disini.

Terkadang menjadi spesifik adalah hal yang sangat penting. Pada tahun 80an kami membeli rumah dengan suatu asosiasi perumahan. Kami membeli rumah dengan ketentuan – 30% milik kami dan 70% milik asosiasi. Setelah 18 bulan kami harus pindah, namun pada saat itu harga rumah sedang hancur. Tempat kami terkena penurunan nilai sebanyak 14,000 Poundsterling. Kami tidak masalah jika kerugiannya ditanggung 30/70, namun kami tidak menyadari sesuatu hal yang spesifik di kontraknya. Keuntungan akan ditanggung 30/70 namun kerugian harus kami tanggung sepenuhnya, tanpa alasan. Kita bernegosiasi dengan asosiasi terlebut, namun membutuhkan waktu kurang lebih satu dekade sebelum rumah itu dapat kami jual tanpa kerugian yang berarti.

Menjadi tidak spesifik dapat memiliki dampak jangka panjang. Dia tidak akan memuaskan atau berarti jika kita tidak mau untuk berbicara hal-hal yang spesifik dalam permohonan kita. Yesus adalah seseorang yang spesifik. Lihatlah contoh doaNya kepada Petrus:

“tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.” (Lukas 22:23)

 

Dalam dua artikel sebelumnya kita membahas dua prinsip. Dia yang membuat Tuhan bertindak adalah, 1. Ketika Tuhan lah yang kita cari, 2. Jika kita rela untuk diubahkan. Mari kita lihat point ketiga.

spesifik

Doa akan memuaskan jika kita spesifik akan doa kita

Tuhan menjawab doa! Hal ini juga diucapkan oleh J. C. Ryle, “Doa menjawab hal-hal yang telah dianggap mustahil atau diluar jangkauan. Ia telah menang dari api, udara, tanah, dan air. Doa telah membelah laut merah. Doa menghasilkan air keluar dari batu dan roti dari surga. Matahari tidak bergerak karena ada yang berdoa. Doa telah membawa api turun dari langit mengambil persembahan Elia. Ada kesembuhan dari sakit karena Doa. Doa telah membangkitkan orang mati. Musuh-musuh Israel menjadi kalah karena doa. Doa telah membantu proses perubahan begitu banyak jiwa-jiwa.

Beberapa waktu lalu saya berdoa dengan teman saya. Salah satu doa saya adalah agar untuk orang-orang yang telah meninggalkan Tuhan . Dua jam kemudian, melalui kombinasi hal-hal yang tidak kami kira, saya berjalan ke tempat yang saya tidak rencanakan. Saya bertemu sapa dengan anak dari mantan anggota jemaat. Dia mengatakan bahwa ibunya memberi salam kepada saya dan dia mau untuk datang ke gereja. Setelah pertemuan itu dia datang ke gereja dan saudaranya pun ikut dengannya. Suatu kebetulan, atau jawaban dari doa yang spesifik? Saya lupa siapa yang mengatakan, tetapi saya suka akan perkataan, “Semakin banyak kita berdoa, semakin banyak hal-hal kebetulan yang akan terjadi”. Hal ini akan terjadi jika kita berdoa secara spesifik!

Marilah kita mencari hadiratnya yang menenangkan, marilah kita membuka hati untuk menjadi tunduk akan kehendakNya dan berdoa secara spesifik agar Ia menjawab permintaan kita.

Pertanyaan:

  1. Apa yang membuat Anda berdoa secara tidak spesifik?
  2. Apa yang akan Anda lakukan berbeda setelah ini?
  3. Apakah Anda memiliki contoh jawaban doa yang spesifik?

 

Apa lagi yang kita tunggu? marilah kita melatih saraf doa kita sehingga Tuhan bekerja!

Saudara Anda,

Malcolm

*Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Panduan Doa Kristen Menurut Perikop ‘Doa Bapa Kami’