Cara Untuk Memulai Doa

Pernahkah Anda duduk atau berjalan untuk berdoa dan tidak tahu bagaimana memulainya? Anda tidak sendiri. Mari bahas tentang bagaimana untuk memulai doa, yaitu dengan melihat cara Yesus.

Setelah perjamuan terakhir Dia berkata, “Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau.’ (Yohanes 17:1) Dia memulai doa dengan kata “Bapa”, seperti yang diajarkannya di Lukas 11 “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu.” (Lukas 11:2) Tampaknya hal menjadi kebiasaannya.

Pada saat Yesus berada di taman Getsemani Dia mengulangi hal tersebut, “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39) Juga sebelumnya seperti yang dituliskan di buku Matius Dia memulai doa dengan kalimat, “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.” (Matius 11:25)

Apa yang kita pelajari dari ini?

Yesus menaruh pikiran, kebutuhan dan harapannya kepada Bapa-Nya dalam segala situasi. Entah ketika Dia sedang bersukacita, mengajar, merenung atau berkabung dalam doa, fokusnya mengingatkan Dia pada Bapa. Mengapa ini penting? Karena Bapa-Nya lah yang berbicara tentang kasih kepadaNya, “Lalu terdengarlah suara dari sorga: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.” (Markus1:11)

Entah ketika dia sedang bersukacita, mengajar, merenung atau berkabung dalam doa, fokusnya mengingatkan Dia pada Bapa.

memulai doa

Mari Memulai Doa!

Kita memiliki suara yang berbicara kepada kita dengan kasih yang sama, “Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah” (1 Yohanes 3:1) Kita dicintai oleh Bapa seperti Dia mencintai Yesus. Dengan demikian, kita dapat memanggilnya, terhubung dengan Dia, dan menemukan kekuatan dariNya kapanpun kita mau atau perlu. Tidak masalah jika kita sedang bahagia, sedih, bingung, capek atau marah! Kita memiliki Bapa yang penuh kasih dan mendengarkan – yang harus kita lakukan hanyalah membuka mulut kita.

Lain kali Anda bingung untuk membuka doa, mengapa tidak mencoba berdoa seperti Yesus? Mulailah dengan menyapa Bapa dan berlanjut dari sana.

 

Malcolm

*Gereja GKDI saat ini terdapat di 35 kota. Kami memiliki kegiatan Pendalaman Alkitab di setiap wilayah, jika Anda membutuhkan informasi ataupun berkeinginan untuk terlibat didalamnya, hubungi kami di contact Gereja GKDI Official:
WhatsApp 0821 2285 8686 atau Facebook / Instagram GKDI Official

Artikel terkait: Panduan Doa Kristen Menurut Perikop ‘Doa Bapa Kami’