Written by Gambar: Pexels.com 8:05 am Devotionals, Biblical Talk, Heart & Feeling, Self Development, Spiritual Life • One Comment

Burung di Udara akan Menyampaikan Ucapanmu

Burung di Udara akan Menyampaikan Ucapanmu

Menurut Raja Salomo, seekor burung mungkin saja mencuri dengar pembicaraan Anda dan memberitahukannya ke orang lain. Apakah Anda siap untuk menghadapi hal ini?

Skenario yang pasti pernah anda alami

Bayangkanlah adegan ini: Anda mempunyai jadwal rapat dengan rekan-rekan kerja Anda dan Anda tidak semangat dengan hal ini. Nyatanya, Anda sangat tidak suka dengan rapat. Dalam beberapa tahun ini Anda memiliki diskusi yang tidak menyenangkan dengan rekan Anda dan sudah jelas bahwa kalian tidak memiliki perasaan satu dengan yang lain. Adalah penting untuk menghadiri rapat ini tapi anda merasa sangat gelisah.

Bagaimana Anda bisa mempersiapkan diskusi ini sedemikian rupa sehingga anda bisa mencapai hasil yang paling menguntungkan?

Jawabannya dapat anda temukan di Pengkhotbah 10:20 yang ditulis oleh Salomo.

pengkhotbah 10:20 “Dalam pikiranpun janganlah engkau mengutuki raja, dan dalam kamar tidur janganlah engkau mengutuki orang kaya, karena burung di udara mungkin akan menyampaikan ucapanmu, dan segala yang bersayap dapat menyampaikan apa yang kauucapkan.”

Jika saya menanyakan Anda tentang tujuan dari ayat ini, apakah yang akan Anda katakan? Apakah Tuhan mengatakan bahwa burung di udara akan menyampaikan ucapanmu ke orang lain? Apakah betul ada mahluk di udara yang terbang dan mencari cara untuk menyadap kita? Tentu saja jawabanya tidak! Jadi apa arti dari ayat ini?

Apa yang kita pikirakan tentang orang lain akan terlihat dari aksi dan tindakan kita, cepat atau lambat. Pemikiran kita akan mengkhianati kita.

Bisakah Anda menangkap apa yang saya coba katakan? Raja Salomo menggambarkan ketika kita sedang berpikiran jahat dengan seseorang (dalam hal ini adalah Raja), seekor burung akan dapat membaca pikiran anda tentang hal ini, dan memberitahukannya kepada orang yang sedang Anda pikirkan.

Anda tidak akan dapat menutupinya – walaupun Anda sudah mencoba

Kenyataannya adalah Anda tidak bisa menyembunyikan perasaan anda terhadap seseorang. Bagaimana pun anda mencobanya, perasaan negatif akan selalu muncul. Itu akan terlihat dari bahasa tubuh Anda, gaya bahasa Anda, cara Anda membatasi diri Anda dengan orang, tatapan yang menjauh, bagaimana Anda menyilangkan tangan dalam pembicaraan dengannya, nada dingin di suara, pesan singkat di email, tidak pernah tersedia baginya, dan lain-lain. Itu akan keluar dengan sendirinya.

Apa yang Anda dapat lakukan ketika anda bertemu dengan seseorang yang Anda tidak suka?

  • Berpikir positif tentang mereka sebelum rapat
  • Berdoa bagi mereka, minta Tuhan untuk memberikan mereka ketenangan
  • Berbicara kepada diri Anda tentang kebaikan yang Anda lihat di diri mereka
  • Membayangkan rapat akan berjalan dengan lancar
  • Memvisualisasikan tanggapan yang ramah dari orang ini
  • Membayangkan Anda berkomunikasi dengan tulus dengan orang ini
  • Terus mengingat hal-hal ini sesaat sebelum bertemu dengannya

Sewaktu Anda memulai pembicaraan, perasaan Anda terhadap dirinya akan lebih baik. Anda akan menampilkan bahasa non-verbal yang baik hanya karena Anda berpikir baik terhadap mereka. Burung di udara akan berkata kepada mereka, “Orang ini mau untuk berada di rapat dan dia berpikiran baik tentang Anda.”

Anggaplah orang lain lebih penting

filipi 2:3 “dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;”

Dalam karir saya, saya selalu mendapat masalah dengan kostumer saya. Saya menempelkan ayat ini di layar komputer saya. Setiap kali saya menelepon kostumer, saya selalu membaca ayat tersebut dan merenungkannya beberapa menit tentang artinya. Saya membayangkan diri saya berbicara dengan rendah hati kepada mereka.

Yesus mengajarkan hal yang sama tentang kerendahan hati. Alangkah lebih baik, jika kita merendahkan diri kita. Bila kita berpikiran buruk terhadap orang lain, kita akan memandang merka rendah. Hal ini berlaku untuk rekan kerja, anggota keluarga, pasangan, bahkan anda sendiri.

Berlatihlah untuk merenungkan ayat-ayat sebelum rapat. Lakukanlah secara terus-menerus prinsip-prinsip ini, dan Anda akan merasakan perubahan yang radikal terhadap persaan Anda kepada mereka. Ini akan sangat membantu Anda dalam diskusi-diskusi yang Anda tidak sukai.

Diterjemahkan dari artikel “A Little Bird Told Me” oleh Shawn Sommerkamp di www.mydtconnect.org

Gereja GKDI terdapat di 37 kota di Indonesia.
Jika Anda ingin mengikuti belajar Alkitab secara personal (Personal Bible Sharing), silahkan lihat lebih lanjut dalam video berikut:




Dan, temukan lebih banyak content menarik & menginspirasi melalui sosial media kami:
Website: https://link.gkdi.org/web
Facebook: https://link.gkdi.org/facebook
Instagram: https://link.gkdi.org/instagram
Blog: https://link.gkdi.org/Blog
Youtube: https://link.gkdi.org/youtube
TikTok: https://link.gkdi.org/tiktok
Twitter: https://link.gkdi.org/twitter
LinkedIn: https://link.gkdi.org/linkedin
Threads: https://link.gkdi.org/threads
Whatsapp: https://link.gkdi.org/whatsapp

(Visited 402 times, 1 visits today)

Last modified: Nov 5

Close