Attributes of God: Hari ke-4

Hari ke-4

ALLAH ITU ROH

Yohanes 4:23-24, “Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam Roh dan Kebenaran”.

Tuhan menyatakan diriNya bahwa Dia adalah Roh, berarti segala sesuatu yang bukan berhubungan dengan Materi. Tuhan tidak kelihatan, tetapi dapat dirasakan dalam kehidupan kita. Bagian ini mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita masih bergumul dengan materi, masih menganggap hubungan dengan Tuhan karena materi, kita sama sekali tidak memahami sifat dasar Tuhan yang adalah Roh. Jika kita mengenal Allah yang adalah Roh, maka hidup kita akan berisi ketaatan dan kekudusan, sama seperti sifat Roh Allah adalah kudus.

Ayat-ayat untuk Direnungkan:

Yohanes 4:23-24, “Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian. Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

1 Yohanes 1:6-8, “Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran. Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.”

1 Petrus 1:2, “… yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damai sejahtera makin melimpah atas kamu.”

Yakobus 2:26, “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.”

Filipi 3:3, “karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.”