Attributes of God: Hari ke-21

Hari ke-21

ALLAH ITU KASIH

1 Yohanes 4:8, “Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih”

Ayat ini kelihatan adalah seperti suatu pernyataan sederhana, tetapi kenyataannya ayat ini berhubungan dengan keselamatan. Matius 7:21-23 menyatakan seseorang ditolak karena tidak mengenal Tuhan, atau tidak dikenal Tuhan. Perumpamaan anak yang hilang menunjukan bahwa yang sulung yang tinggal bersama dengan ayahnya justru yang hilang karena tidak mengenal bapanya. Perumpamaan talenta tentang hamba yang diberi satu talenta dan berprasangka buruk terhadap tuannya, atau mengambil kesimpulan yang salah tentang tuannya. Secara sederhana Yohanes ingin menyatakan bahwa jika kita tidak mengasihi maka sebenarnya kita bukan berasal dari Allah.

Yohanes 14:23, menyatakan jika kita mengasihi Tuhan maka seharusnya kita melakukan semua yang Tuhan perintahkan kepada kita, termasuk menerima disiplin dari Tuhan sebagai bentuk dari kasih-Nya (lbrani 12:6).

Ayat-ayat untuk Direnungkan:

Yeremia 31:3, “Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu.”

1 Yohanes 4:16, “Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.”

Roma 5:8, “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”

Yohanes 14:23, “Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.”

Mazmur 103:17, “Tetapi kasih setia TUHAN dari selama-lamanya sampai selama-lamanya atas orang-orang yang takut akan Dia, dan keadilan-Nya bagi anak cucu”

Ibrani 12:6, “karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.”