Hari ke-14

ALLAH ITU RIGHTEOUS

Mazmur 145:17, “TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya”

Righteous (adil) berarti Tuhan selalu sesuai dengan apa yang diperintahkan-Nya, sesuai dengan apa yang dijanjikan- Nya, konsisten dengan apa yang dilakukan-Nya. Ulangan 32:4 menyatakan bahwa TUHAN adalah batu karang yang tidak berubah dalam melakukan sesuatu, Tuhan selalu benar dengan apa yang Dia lakukan, selalu setia atas apa yang Dia janjikan, dan teguh berdiri atas apa yang Dia ucapkan. Dalam terjemahan Indonesia, kata righteous seringkali diterjemahkan sebagai kata adil. Lucunya, kita manusia berpikir bahwa kita dapat menilai Tuhan atas apa yang Tuhan lakukan dalam hidup kita atau hidup orang lain.

Ayat-ayat untuk Direnungkan:

Mazmur 119:137, “Engkau adil, ya TUHAN, dan hukum-hukum-Mu benar.”

Mazmur 97:2, “Awan dan kekelaman ada sekeliling Dia, keadilan dan hukum adalah tumpuan takhta-Nya.”

Yohanes 17:25, “Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku

Mazmur 36:7, “Keadilan-Mu adalah seperti gunung-gunung Allah, hukum-Mu bagaikan samudera raya yang hebat. Manusia dan hewan Kauselamatkan, ya TUHAN.”

Yesaya 5:16, “Tetapi TUHAN semesta alam akan ternyata maha tinggi dalam keadilan-Nya, dan Allah yang maha kudus akan menyatakan kekudusan-Nya dalam kebenaran-Nya.”

Hakim-Hakim 5:11, “Di tempat-tempat penimbaan air, menurut suara orang-orang yang berdendang, di sanalah orang menyanyikan perbuatan TUHAN yang adil, perbuatan-Nya yang adil terhadap orang-orang-Nya di pedusunan di Israel. Pada waktu itu turunlah umat TUHAN ke pintu gerbang.”