Sebuah renungan harian selama 30 hari untuk memahami atribut – atribut Tuhan.

 

PENGANTAR

Suatu hubungan yang berharga selalu dimulai dengan pengetahuan. Ketika kita bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya, kita takkan menganggap sudah benar-benar mengenal orang itu sampai kita punya kesempatan untuk mengenalnya lebih dalam. Pada waktu kita mulai mengenal orang itu lebih dalam, seperti apa yang dia suka dan tidak sukai, bagaimana sejarah hidupnya, bagaimana kepribadiannya, apa keinginan-keinginan dan impiannya, kita pun akan lebih dapat membangun hubungan yang baik dan sehat.

Hal yang sama berlaku juga pada hubungan kita dengan Tuhan. Kita akan memiliki hubungan yang dinamis dengan Tuhan apabila kita dapat memahami dan mengenal Tuhan dengan baik. Tuhan sebaliknya, sudah menyatakan diriNya melalui FirmanNya. Karena itu, untuk dapat mengenal Tuhan dengan benar, kita harus menggali Firman Tuhan dengan baik dan benar.

Pada bagian-bagian berikut, kita akan belajar untuk memahami Tuhan berdasarkan atribut (atau kepribadian dan karakter) Tuhan.

Atribut tentang Tuhan akan dibagi ke dalam empat bagian utama:

  • Keberadaan Tuhan
  • Kebaikan Tuhan
  • Tindakan Tuhan
  • Penghakiman Tuhan

Semoga pengertian kita tentang Dia semakin bertumbuh.

atribut atribut Tuhan Allah

I. KEBERADAAN TUHAN

Hari ke-1

FIRMAN ADALAH ALLAH

 

Yohanes 1:1, “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama- sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”

Alkitab terdiri dari beberapa hal, yang pertama adalah apa yang Tuhan ucapkan, kemudian apa yang Tuhan lakukan (tindakan), apa yang diatur oleh Tuhan kepada manusia, apa yang dimengerti oleh orang benar atau orang yang Tuhan pilih secara khusus, tentang Tuhan, dan cerita tentang orang-orang yang hidup menurut tujuan Tuhan. Semuanya menggambarkan siapa Tuhan itu. Dia ingin kita mengenal Nya secara intelektual, secara emosi, tetapi juga secara pribadi. Karena itu Dia menyediakan Firman-Nya untuk kita, agar dengan membaca, mempelajari, mengerti, dan melakukannya, kita akan memahami Tuhan dengan baik dan pada akhirnya memiliki kehidupan yang benar.

Alkitab menggambarkan Firman Tuhan (Scripture) sebagai yang hidup, yang menghakimi, yang menjaga hidup kita benar, dll.

Ayat-ayat Untuk Direnungkan: 1 Yohanes 1:1-2, Yohanes 1:14, Ibrani 4:12, 2 Timotius 3:16 17, Mazmur 119:9, Lukas 11:28, Mazmur 18:30, Mazmur 33:4, Matius 24:35, Mazmur 119:130, Amsal 2:6

 

Artikel terkait:  Panduan Doa Kristen Menurut Perikop ‘Doa Bapa Kami’