Apa itu Good Enough Parenting?

Good Enough Parenting mengambil pandangan-pandangan dari Alkitab, riset-riset kredibel, dan pengalaman hidup John dan Karen Louis sebagai konselor dan orangtua, disertai kebijaksanaan delapan penatua gereja dan keluarga mereka, untuk memberikan panduan inspirasional, seksama, praktikal, dan rasional bagi orangtua. Buku ini memperkenalkan empat plus satu kebutuhan emosional inti dari anak dan menjelaskan mengapa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut sangatlah krusial untuk membesarkan anak yang sehat secara emosional dan rohani.

Orangtua juga akan belajar untuk menghindari “Exasperation Interactions” (interaksi-interaksi menjengkelkan) dan “Vortex of Conflict Escalation” (pusaran peningkatan konflik), serta cara untuk “Repair and Reconnect” (memperbaiki dan menjalin kembali) hubungan dengan anak anda yang sudah remaja dan dewasa.

Penelitian sudah membuktikan bahwa jika kebutuhan emosional inti anak tidak terpenuhi pada tahun pembentukannya, “Skima” atau jebakan hidup akan terbentuk. Kebutuhan emosional inti ini adalah:

 Connection & Acceptance (koneksi & penerimaan)
Healthy Autonomy & Performance
(kemandirian yang sehat & kinerja)
Reasonable Limits
(batas-batas yang masuk akal)
Realistic Expectations
(ekspektasi yang realistis)
Dan kebutuhan “plus satu” 
Spiritual Values & Community
(Nilai-nilai rohani & komunitas)

Walaupun tidak ada orangtua yang sempurna, Good Enough Parenting menawarkan panduan langkah-demi-langkah bagaimana orangtua dapat belajar untuk memenuhi kebutuhan emosional inti, dan menyediakan asuhan yang good-enough (cukup baik) untuk mencegah terbentuknya skima atau jebakan hidup dalam diri anak-anaknya. Good Enough Parenting, sebuah panduan parenting,  dikembangkan oleh John dan Karen Louis dan didasarkan pada terapi skima yang diteliti oleh Dr. Jeffrey Young.

John Philip Louis & Karen McDonald Louis

Menikah selama lebih dari 25 tahun, mereka mempunyai putri yang sudah menikah dan putra yang sedang menjalani kuliah. John dan Karen Louis telah melayani secara full-time di pelayanan gereja sejak tahun 1985, dan tinggal di Asia sejak tahun 1988. Keduanya memagang gelar Master di bidang konseling dari Monash University Of Melbourne, Australia, dan merupakan anggota asosiasi konseling profesional di Amerika dan Singapura. Sebagai pendiri Movie Therapy, John dan Karen menggabungkan penggunaan multimedia dalam seminar-seminar untuk gereja dan juga organisasi sekuler, dan telah mengajar konselor pernikahan dan parenting di seluruh dunia. John adalah Ahli Terapi Skima bersertifikasi dan anggota Society of Schema Therapy (ISST), telah dilatih oleh Dr. Jerffer Young, pendiri Schema Therapy,  sementara Karen adalah Ahli Terapi Solution Focused bersertifikasi.

“Dalam dunia yang penuh dengan informasi, ‘Good Enough Parenting’ menggunakan film-film untuk mengajarkan para orangtua bagaimana untuk memenuhi kebutuhan emosional inti anak, dan dalam saat bersamaan, bagaimana cara mencegah turunnya perilaku disfungsional mereka ke anak. Terapi skima yang dilakukan terhadap orang dewasa telah terbukti sukses , namun saya sangat ingin untuk melihat seseorang melakukan prefensi skima atau jebakan hidup ini ke anak-anak, dan inilah (Good Enough Parenting) jawabannya!

~ Dr Jeffrey Young, Dept of Psychiatry, Columbia University, USA

Founder, Schema Therapy

 

Buku Good Enough Parenting tersedia dalam bahasa Inggris (320k) dan bahasa Indonesia (200k) di Berean Bookstore Menara Kuningan dan Berean Bookstore Cikarang.

Berean Bookstore

Jakarta:

Menara Kuningan, Lantar F2
Jl. H. R. Rasuna Said Blok X7 Kav 5

Cikarang:

Ruko Cosmo B 1,21
Jl. Gn. Tangkuban Perahu, Elysium Residence

IG: @Bereanbookstore

Artikel terkait: Book of the Month – The Heart of A Champion